Cara Mengusir Cicak Dari Rumah dan Kamar Dengan Mudah

Cara Mengusir Cicak Dari Rumah dan Kamar Dengan Mudah - Cicak! Siapa yang tidak mengenal hewan ini? Rasanya semua orang tahu, bahkan anak-anak kecil yang baru bisa bicara pun sudah mengenal hewan ini.


Sumber: musingsofamaiden.blogspot.com

Cicak, mungkin adalah hewan yang sangat mudah ditemui, karena kita bisa dengan mudah melihatnya di dinding rumah. Terganggu? Suka dengan hewan satu ini? Well, untuk dua pertanyaan ini, nyatanya meski sudah sering melihat cicak, tidak semua orang menyukai hewan ini.

Alasannya mungkin karena jijik dengan hewan ini, takut, apalagi jika tiba-tiba seekor cicak jatuh persis di hidung anda. Meski bukan hewan yang berbahaya, ternyata cicak juga bisa sangat menakutkan bukan?

Alasan lainnya, selain jijik dengan hewan satu ini, adalah kebanyakan orang terkadang merasa terganggu dengan suara hewan ini ditengah malam. Jika siang atau suasana ramai, kita nyaris tidak pernah mendengar suara dari hewan ini. Namun ketika malam, suasana sepi dan anda ingin beristirahat, anda malah mendengar hewan ini bersuara dengan cukup nyaring.

Menjijikan, menakutkan, berisik, lalu apakah ada alasan lain mengapa kita membenci hewan ini? Selain dianggap mengganggu, bagi sebagian orang yang mempercayai mitos, hewan ini dianggap membawa sial, nasib buruk, bahkan konon menandakan adanya mahkluk halus disekitar kita. Namun, tahukah anda, selain beberapa hal buruk mengenai cicak, ternyata ada beberapa hal tentang cicak yang mungkin belum anda tahu. Seperti yang dilansir oleh datdut.com, berikut ini 5 Fakta Unik Mengenai Cicak!

5 Fakta Unik Mengenai Cicak

1. Memutus Ekornya Sendiri Ketika Terancam


Sumber: inspirasipikiranku.blogspot.com

Cicak memiliki kemampuan mengelabui pemangsanya dengan cara memutuskan ekor. Ekor cicak yang lepas itu masih bisa bergerak-gerak keras sehingga perhatian binatang pemangsa akan teralihkan. Ini disebut dengan automimi atau mimikri.
2. Sebagai Obat Alternatif


Sumber: kaskus.co.id

Beberapa tip obat tradisional menyarankan cicak sebagai obat. Ada yang menggunakannya sebagai obat gatal semisal gudik atau kudis. Cicak dikonsumsi setelah dibakar hingga matang. Meskipun sebenarnya cicak termasuk hewan yang tidak halal dikonsumsi umat muslim, tetapi resep ini banyak terbukti, lho. Dalam kondisi darurat, tentu hukumnya bisa menjadi berubah.
3.  Warna Kotoran Cicak


Sumber: archive.kaskus.co.id

Pernah berpikir kenapa kotoran cicak berwarna hitam-putih? Ini bermula dari saluran pembuangan yang dimiliki cicak hanya satu. Saluran kotoran, urine, dan reproduksi, semuanya melalui satu saluran yang disebut kloaka. Warna putih diperoleh dari sisa urin atau kencing berupa garam amoniak. Warna hitam adalah tinja hasil pembuangan kotoran oleh sistem pencernaan.
Kenapa urinnya jadi padat? Ini dikarenakan reptil tergolong binatang yang sangat efisien memanfaatkan air. Reptil  jarang sekali melakukan ekskresi (pembuangan sisa) berupa air. Air urin didaur ulang oleh tubuh bisa sampai 4 atau 5 kali. Sehingga urin cicak hanya berupa sisa garam dalam tubuh. Jadilah, ia padat dan keluar bersama tinja.
4. Mitos Tentang Cicak


Sumber: jelajahsehat.com

Sebagian orang ada yang menghubungkan cicak dengan mitos. Ada yang mengatakan bahwa kejatuhan cicak merupakan tanda akan terkena sial atau musibah. Entah benar atau tidak, tetapi memang kejutuhan cicak itu menjengkelkan, lebih-lebih kejatuhan kotoran cicak. Haha..
Mengenai mitos, Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda, “Tidak ada ‘adwa (penyakit menular), tidak thiyaroh (merasa sial), tidak ada haamah (burung hantu),” (H.R. Muslim).  Ini artinya, kita tak perlu bahkan tak boleh punya keyakinan bahwa kejatuhan cicak akan mendatangkan sial nantinya.

5. Hewan Yang Sunah Untuk Dibunuh


Sumber: groupcahayaiman.wordpress.com

Ada hadis Nabi yang menganjurkan kita untuk membunuh cicak. Nabi Muhammad Saw. menggolongkan cicak sebagai binatang kecil yang jahat.  Dari Sa’ad bahwa Nabi Muhammad Saw. memerintahkan untuk membunuh cicak dan beliau menyebutnya fuwaisiq (binatang kecil yang jahat) (H.R. Muslim).

Membunuh cicak juga diiming-imingi pahala, lho. Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Siapa yang membunuh cicak dengan sekali pukul maka baginya sekian pahala. Siapa yang membunuhnya pada pukulan kedua, baginya pahala yang lebih rendah dari pertama. Siapa yang membunuh pada pukulan ketiga, baginya pahala lebih rendah dari (orang yang membunuh) pada pukulan kedua,” (H.R. Muslim)

Kita mungkin akan menyangka, “kejahatan” cicak itu karena kotorannya yang menjengkelkan itu. Tetapi ada fakta unik dalam Fath al-Bari, 6/395,  yang menyebut bahwa diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Ahmad, Aisyah r.a. berkata, “Sungguh, ketika Nabi Ibrahim dimasukkan ke api, maka semua jenis hewan di bumi berusaha memadamkan api kecuali cicak. Cicak itu justru meniup api agar membesar. Hal itulah yang membuat Nabi Muhammad Saw. memerintahkan agar membunuh cicak.”

Oke sekarang, kita tahu ternyata walau terkadang menjengkelkan, tidak semua hal tentang cicak yang juga jelek. Buktinya cicak bisa dijadikan obat alternatif untuk gatal dan kudis. Namun jika, anda masih tetap tidak suka dengan hewan kecil satu ini, dan tetap ingin hewan ini menjauh dari dinding rumah anda, seperti yang dilansir oleh tiportips.com berikut ini 5 cara mengusir cicak dengan mudah!

Cara Mengusir Cicak Dari Rumah dan Kamar Dengan Mudah

Cara Mengusir Cicak Dari Rumah dan Kamar Dengan Mudah

1. Gunakan Tembakau


Sumber: kadinjateng.com

Tembakau efektif digunakan untuk mengusir tokek. Berhubung cicak berkerabat dekat dengan tokek tentunya cara ini pun akan ampuh jika ditujukan kepada cicak. Caranya adalah dengan meletakkan tembakau di tempat-tempat biasanya cicak bersembunyi misalnya di belakang lemari dan di atas plafon atau juga di tempat-tempat yang biasanya di lalui cicak. Kalau biasanya cicak berada di dekat lampu, anda bisa membungkus tembakaunya di dalam kantong lalu di bolong-bolongi hingga tidak menghalangi aroma tembakau untuk tercium, lalu gantung di dekat lampu. Aroma yang tajam dan pekat dari tembakau membuat cicak tidak nyaman sehingga memutuskan untuk pergi.

2. Gunakan Kapur Barus


Sumber: khabaruna.blogspot.com

Biasanya kapur barus kita gunakan untuk melindungi pakaian kita dari kutu-kutu yang dapat merusak baju. Nah ternyata si kapur barus ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir cicak. Caranya dengan meletakkan kapur barus di tempat-tempat cicak bersembunyi semisal di belakang lemari dan di atas plafon. Aroma dari kapur barus akan membuat cicak tidak betah dan memutuskan untuk pergi.

3. Buat Rumah Anda Bersih


Sumber: inti-kesehatan.blogspot.com

Agar cicak tidak betah di rumah anda, anda bisa mencoba cara yang satu ini, yaitu membersihkan rumah anda sehingga serangga-serangga kecil yang merupakan makanan utama cicak tidak berkeliaran di rumah anda. Dengan berkurangnya sumber makanan cicak, dengan sendirinya cicak akan meninggalkan rumah sobat.

4. Menurunkan Temperatur Ruangan


Sumber: nuga.co

Cara yang berikut ini pun dapat mengusir cicak dari rumah anda. Dengan menurunkan suhu di rumah sobat sekalian akan membuat cicak tidak nyaman. Hal ini dikarenakan cicak yang merupakan hewan reptil yang sangat menyukai udara panas, selain itu kemampuan cicak untuk beradaptasi terhadap suhu juga kurang baik sehingga bila udara di rumah sobat menjadi dingin cicak pun memutuskan untuk pergi.

5. Gunakan Bulu Burung Merak


Sumber: abytama.blogspot.com

Mungkin sobat akan merasa bingung, kenapa mengusir cicak malah menggunakan bulu burung merak, sungguh tidak masuk akal. Tetapi cara ini sudah diwariskan turun temurun dan cukup ampuh. Dan apabila anda melihat corak dari bulu burung merak ini maka semuanya akan menjadi masuk akal. Untuk menggunakan cara ini anda bisa melakukannya dengan menggantung bulu burung merak di tempat yang biasanya di datangi atau di lalui oleh cicak. Corak dari bulu burung merak yang merupakan corak mata cemerlang akan membuat cicak mengira bulu itu sebagai predator. Apalagi bila terkena cahaya, maka bulunya akan mengkilap dan hal ini akan membuat cicak menjadi takut sehingga enggan untuk kembali.
Mudah sekali bukan 5 cara mengusir cicak dengan mudah diatas? Saya yakin, jika anda tidak suka dengan hewan kecil ini, anda dapat melakukan beberapa tips diatas untuk mengusir seluruh cicak dirumah anda. Jadi ayo, tunggu apalagi? Jangan menunggu hingga cicak tersebut jatuh didepan hidung anda, dan membuat anda terkena serangan jantung karena saking kagetnya!
Terima kasih sudah memebaca artikel Cara Mengusir Cicak Dengan Mudah. Semoga bermanfaat!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Mengusir Cicak Dari Rumah dan Kamar Dengan Mudah | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Mengusir Cicak Dari Rumah dan Kamar Dengan Mudah

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :