Doa Setelah Khatam Al-Qur'an dan Terjemahannya Lengkap

Doa Setelah Khatam Al-Qur'an dan Terjemahannya Lengkap  - Al-Qur'an adalah kitab suci umat islam, dan merupakan kitab yang paling banyak dibaca diseluruh dunia hingga saat ini.


Sumber: tandapagar.com

Hah, mungkin anda heran dengan pernyataan diatas, bagaimana mungkin kita bisa yakin dan mengatakan bahwa Al-Qur'an adalah kitab suci yang paling banyak dibaca diseluruh dunia? Kita bisa mengambil contoh, di Universitas Al-Azhar, Mesir. Di universitas islam tertua di dunia tersebut, ribuan, ratusan, bahkan jutaan murid Al-Azhar membaca Al-Qur'an setiap harinya, mereka menghafal Al-Qur'an, karena jika mereka tidak hafal Al-Qur'an, maka mereka tidak akan bisa lulus. Itu baru di Al-Azhar, bagaiamana dengan seluruh dunia? Ada milyaran muslim di dunia termasuk Indonesia yang merupakan negara dengan jumlah muslim terbanyak di dunia. 

Well, mungkin tidak semua orang muslim membaca Al-Qur'an setiap hari, tapi setiap muslim pasti pernah membaca Al-Qur'an dalam hidupnya. Al-Qur'an, adalah kitab suci yang paling abadi, hingga akhir zaman, dan tidak akan ada satu orang manusia pun yang bisa mengganti atau merubah Al-Qur'an, karena Allah SWT sendirilah yang menjaga keaslian Al-Qur'an hingga akhir zaman. Mungkin diluar sana, banyak orang non muslim yang tidak mmempercayai hal ini, namun kenyataannya, 1400 tahun bahkan sudah lebih dari 1400 tahun saat ini namun Al-Qur'an tidak pernah berubah, ayatnya masih sama seperti pertama kali diturunkan, diwahyukan kepada nabi terakhir, nabi akhir zaman yaitu Nabi Muhammad SAW, tidak ada satu huruf pun yang berubah dan masih menggunakan bahasa arab.

Selain tidak pernah berubah sedikit pun sejak 1400 tahun yang lalu, seperti yang dilansir oleh bahaudionline.blogspot.com, berikut ini beberapa kelebihan Al-Qur'an dibandingkan degan kitab suci lainnya.

Kelebihan Al-Qur'an Dibandingkan Kitab Suci Lainnya

1. Al-Qur'an Merupakan Ihktisar Ajaran Tauhid Dari Kitab Sebelumnya
Taurat, Zabur, dan Injil. Ajaran tauhid itu disebarkan oleh para nabi dan rasul. Al-Qur'an membenarkan ajaran kitab suci yang dibawa para nabi. Di dalamnya, Al-Qur'an memuat peribadatan kepada Allah (ubudiyah), keimanan kepada Allah dan hari akhir, dan keharusan beramar ma'ruf nahi munkar.



"Kami telah turunkan kepadamu Al-Qur'an dengan membawa kebenaran (mushaddiq), membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya, dan batu ujian (muhaiminan) terhadap kitab-kitab yang lain itu" (QS. al-Maidah, 5 : 48).


Al-Qur'an adalah "muhaiminan", penguji dan pemeriksa keabsahan (sah-tidaknya; benar ­tidaknya) kitab-kitab sebelumnya. Perubahan yang dilakukan Bani Israil terhadap Taurat dan Injil dijelaskan oleh Al-Qur'an. Banyak ahli meyakini bahwa Injil yang sekarang ini sudah banyak mengalami perubahan. Di dalamnya termuat kisah-kisah yang menghina para nabi.

2. Susunan dan Struktur Kalimatnya Rapi
Karena rapi, siapa pun yang mempelajarinya akan mudah paham. Namun, untuk mempermudah pemahaman Al-Qur'an, kita harus mempelajari bahasa Arab. Mengapa? Karena bahasa yang digunakan oleh Al-Qur'an adalah Arab.



"Inilah kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi. Dan, ia dijelaskan secara terperinci yang diturunkan dari sisi Allah yang Maha bijaksana lagi Mahatahu" (QS. Huud, 1).


"Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik, yaitu Al-Qur'an yang serupa mutu ayat-ayatnya lagi berulang-ulang. Gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya. Lalu, menjadi tenang kulit dan hati mereka ketika mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah. Dengan kitab itu, Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya" (QS. Az-Zumar, 23).

3. Seluruh Kandungan Al-Qur'an Adalah Kebenaran dan Kejujuran
Al-Qur'an memuat petunjuk bagi manusia tentang cara berkeluarga, bermasyarakat, dan bernegara. Allah menjamin bahwa bangsa yang menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman dalam membangun masyarakat, Dia akan menuntun rakyat agar cenderung kepada perbuatan baik. Lalu, baiklah seluruh warga masyarakat negara itu. Bagaimana dengan warga masyarakat negara kita?



"Kami jadikan mereka sebagai pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami dan Kami wahyukan kepada mereka untuk mengerjakan kebajikan, mendirikan shalat dan menunaikan zakat"(QS. al-Anbiya, 21 : 73).

4. Terpelihara Dari Campur Tangan Manusia
Hingga kini, upaya pemalsuan Al-Qur'an terjadi. Namun, upaya itu tidak pernah berhasil. Mengapa? Karena Allah menjamin untuk tetap menjaganya. Buktinya, tindakan menerbitkan Al-Qur'an palsu bernama Furqan al-Haqq oleh kaum kafir berhasil dibongkar.



"Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur'an. Dan sesungguhnya, Kami pula yang benar-benar memeliharanya" (QS. al-Hijr, 15 : 9). 

5. Al-Qur'an Sesuai Dengan Kebenaran Ilmu Pengetahuan Modern
Al-Qur'an adalah firman Allah Yang Mahatahu sehingga mustahil kandungannya bertentangan dengan sesuatu yang diketahui-Nya. Beberapa penemuan para ahli semakin meyakinkan bahwa Al-Qur'an adalah kitab yang berpihak pada ilmu.

Doa Setelah Khatam Al-Qur'an dan Terjemahannya Lengkap

"Kami perlihatkan kepada mereka tanda-tanda kekuasaan Kami di segenap ufuk dan diri mereka sendiri sehingga jelaslah bahwa Al-Qur'an itu benar" (QS. Fushilat, 41 : 53).

Selain kelebihan tersebut, Al-Qur'an juga memiliki bahasa yang sungguh indah, makna yang dalam, dan setiap ayat merupakan kebenaran. Bahkan, seorang non muslim jika dia mendengakan Al-Qur'an, anda pasti akan merasa lebih tenang dan damai. Oleh karena bahasa yang indah dan arti yang penuh makna dan kebenaran, jutaan muslim didunia menghafal Al-Qur'an, bahkan sudah khatam berkali-kali. Nah bagi anda yang saat ini juga sedang menghafal Al-Qur'an atau membacanya, dan berniat khatam juga, jangan lupa juga setelah khatam untuk membaca doa khatam al-quran. Lho setelah khatam Al-Qur'an ada doanya juga? Lho, iya dong! Dalam ajaran agama islam, kita diharuskan untuk mengingat Allah SWT dengan cara memulai dan mengakhiri sesuatu dengan doa. Salah satunya adalah doa setelah khatam al-qur'an lengkap dengan bahasa arab, latin, dan artinya dibawah ini!

Doa Setelah Khatam Al-Qur'an dan Terjemahannya Lengkap 


اَللهُمَّ رَبَّنَا يَارَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّآ إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. وَتُبْ عَلَيْنَا يَامَولَنَآ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ. وَاهْدِنِيْ وَاهْدِنَا وَوَفِّقْنَا إِلَى الْحَقِّ وَإِلَى طَرِيْقٍ مُسْتَقِيْمِ بِبَرَكَةِ خَتْمِ الْقُرْءآنِ الْعَظِيْمِ. وَبِحُرْمَةِ حَبِيْبِكَ وَرَسُوْلِكَ الْكَرِيْمِ. وَاعْفُ عَنَّا يَاكَرِيْمُ وَاعْفُ عَنَّا يَارَحِيْمُ. وَاغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا بِفَضْلِكَ وَكَرَمِكَ يَآأَكْرَمَ اْلأَكْرَمِيْنَ وَيَآأَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ. اَللهُمَّ زَيِّنَّا بِزِيْنَةِ خَتْمِ الْقُرْءَانِ. وَأَكْرِمْنَا بِكَرَامَةِ خَتْمِ الْقُرْءَانِ. وَشَرِّفْنَا بِشَرَافَةِ الْخَتْمِ الْقُرْءَانِ. وَأَلْبِسْنَا بِخِلْعَةِ خَتْمِ الْقُرْءَانِ. وَأَدْخِلْنَاالْجَنَّةَ مَعَ الْقُرْءَانِ. وَعَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَآءِالدُّنْيَا وَعَذَابِ الْأَخِرَةِ بِحُرْمَةِ خَتْمِ الْقُرْءَانِ. وَارْحَمْ جَمِيْعَ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ بِحُرْمَةِ خَتْمِ الْقُرْءَانِ. اَللهُمَّ اجْعَلِ الْقُرْءَانَ لَنَا فِى الدُّنْيَا قَرِيْنًا. وَفِي الْقَبْرِ مُوْنِسًا. وَفِى الْقِيَمَةِ شَفِيْعًا. وَعَلَى الصِّرطِ نُوْرًا. وَإِلَى الْجَنَّةِ رَفِيْقًا. وَمِنَ النَّارِ سِتْرًاوَحِجَابًا. وَإِلَى الْخَيْرتِ كُلِّهَادَلِيْلاًوَإِمَامًا. بِفَضْلِكَ وَجُوْدِكَ وَكَرَمِكَ يَآاَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. اَللهُمَّ ارْزُقْنَا بِكُلِّ حَرْفٍ مِنَ الْقُرْءَانِ حَلاَوَةً. وَبِكُلِّ كَلِمَةٍ كَرَامَةً. وَبِكُلِّ ءَايَةٍ سَعَادَةً. وَبِكُلِّ سُوْرَةٍ سَلاَمَةً. وَبِكُلِّ جُزْءٍ جَزَآءً. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَءَالِهِ أَجْمَعِيْنَ الطَّيِّبِيْنَ الطَّاهِرِيْنَ. اَللهُمَّ انْصُرْ سُلْطنَنَا سُلْطنَ الْمُسْلِمِيْنَ. وَانْصُرْوُزَرَآءَهُ وَوُكَلآءَهُ وَعَسَاكِرَهُ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. وَاكْتُبِ السَّلاَمَةَ وَالْعَافِيَةَ عَلَيْنَا وَعَلَى الْحُجَّاجِ وَالْغُزَاةِ وَالْمُسَافِرِيْنَ وَالْمُقِيْمِيْنَ فِيْ بَرِّكَ وَبَحْرِكَ مِنْ أُمَّةٍ مُحَمَّدٍ أَجْمَعِيْنَ. اَللهُمَّ بَلِّغْ ثَوَابَ مَاقَرَأْنَاهُ وَنُوْرَ مَاتَلَوْنَاهُ لِرُوْحِ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وِلِأَرْوَاحِ أَوْلدِهِ وَأَزْوَاجِهِ وَأَصْحبِهِ رِضْوَانُ اللهِ تَعَالَى عَلَيْهِمْ أَجْمَعِيْنَ. وَلِأَرْوَاحِ ءَابَآئِنَا وَأُمَّهتِنَا وَأَبْنَآئِنَا وَبَنَاتِنَا وَإِخْوَنِنَا وَأَخَوتِنَا وَأَصْدِقَآئِنَا وَأُسْتَاذِنَا وَأَقْرِبَآئِنَا وَمَشَايِخِنَا وَلِمَنْ لَهُ حَقٌّ عَلَيْنَا وِلِأَرْوَاحِ جَمِيْعِ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ. وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ. اَلْأَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ. بِرَحْمَتِكَ يَآأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. جَزَى اللهُ عَنَّا مُحَمَّدً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَاهُوَ أَهْلُهُ. سُبْحنَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ. وَسَلمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالِمِيْنَ. آمِيْنَ. 

Itu dia, doa setelah khatam Al-Qur'an lengkap. Membaca Al-Qur'an apalagi berhasil menuntaskannya sampai akhir adalah sebuah kebahagiaan tersendiri, apalagi, jika kita juga memahami arti dan kebenaran yang ada didalamnya. Dengan membaca doa setelah khatam Al-Qur'an ini berarti anda sudah menyempurnakan bacaan anda hingga akhir.
Terima kasih sudah membaca Doa Setelah Khatam Al-Qur'an dan Terjemahannya Lengkap . Semoga kita semua termasuk golongan umat Nabi Muhammad SAW yang mendapatkan keistimewaan dan kesempatan bukan hanya sekedar membaca tapi juga mengamalkan isi dari Al-Qur'an itu sendiri! Amin!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Doa Setelah Khatam Al-Qur'an dan Terjemahannya Lengkap | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Doa Setelah Khatam Al-Qur'an dan Terjemahannya Lengkap

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :