Cara Membersihkan Sepatu Suede dan Merawat Sepatu Suede

Cara Membersihkan Sepatu Suede dan Merawat Sepatu Suede - Suede atau bahan suede mungkin menjadi hal yang asing bagi banyak orang. Namun hal ini tidak berlaku bagi mereka yang hobi membeli tas, sepatu atau dompet. Mereka yang hobi mengkoleksi sepatu, tas, atau dompet pasti mengenal dengan baik bahan satu ini.


Sumber: kawaiibeautyjapan.com

Dunia fashion memang semakin berkembang, sehingga makin banyak inovasi yang bermunculan salah satunya adalah di bahan produksi sepatu atau tas itu sendiri. Jika biasanya anda mengenal sepatu yang terbuat dari kulit, sepatu dengan bahan suede adalah jenis sepatu untuk pria maupun wanita yang terbuat dari kulit hewan, biasanya sapi atau domba. 

Lalu apa yang membedakan sepatu suede dan sepatu berbahan kulit biasa? Yang membuat bahan suede berbeda adalah penyamakkan kulitnya di bagian dalam sehingga jika dilihat sekilas anda akan melihat sepatu ini seperti sepatu bludru. Selain sepatu, bahan suede juga biasa digunakan untuk bahan pembuatan tas, jadi jangan heran jika anda menemukan tas yang terbuat dari bahan satu ini.

Banyak orang yang juga menyukai atau memakai sepatu berbahan suede karena dibandingkan bahan kulit, sepatu berbahan suede ini terlihat lebih stylish dan elegan. Untuk pilihan warna, sepatu berbahan suede juga lebih menarik dibandingkan sepatu berbahan kulit biasa yang hanya memiliki tiga warna, yaitu putih, hitam dan coklat. Sedangkan sepatu berbahan suede memiliki lebih banyak variasi warna sehingga terlihat lebih menarik.

Meski pun begitu, tidak jarang ada orang yang mengurungkan niatnya untuk membeli sepatu dengan bahan suede ini. Alasan utamanya adalah, karena sepatu dengan bahan suede ini lebih sulit dalam hal perawatan. Jika anda salah satu orang yang berfikir demikian, mungkin ada baiknya anda mencoba mengenal lebih baik sepatu satu ini. Dan seperti yang dilansir oleh cleanipedia.com, berikut ini cara merawat sepatu berbahan suede yang harus anda ketahui!

Cara Merawat Sepatu Berbahan Suede


1. Gunakan Produk Pelindung Suede


Sumber: indonesian.alibaba.com

Produk ini tersedia di hampir semua toko sepatu dan berfungsi sebagai tabir pelindung dari kotoran dan noda. Untuk mendapatkan hasil terbaik, oleskan atau semprotkan produk ini langsung pada barang-barang berbahan suede yang baru dibeli dan setiap kali setelah barang-barang tersebut dibersihkan. Walau membantu mengurangi kotoran yang menempel pada bahan suede, produk ini tidak mencegah penumpukan kotoran pada permukaan suede.

2. Jaga Agar Selalu Kering


Sumber: blog.qlapa.com

Jaga agar selalu kering. Cek ramalan cuaca sebelum meninggalkan rumah. Bahan suede sebaiknya tidak dikenakan pada saat hujan, jadi pilih sepatu atau pakaian yang lebih tahan air pada saat cuaca buruk.
Merawat sepatu suede sebenarnya bukan hal yang sulit, yang anda harus lakukan adalah merawatnya dengan telaten dan sebisa mungkin menghindari noda dan goresan karena sepatu jenis ini jika terkena sedikit noda, akan lumayan sulit untuk dibersihkan. Namun terkadang, meski kita sudah sangat telaten dan berhati-hati dalam menggunakan sepatu bahan satu ini, tapi ada saja celah dimana noda bisa menempel. Jika itu terjadi, jangan panik, karena anda masih bisa menyelamatkan sepatu kesayangan anda. Caranya? Yuk baca tips Cara Membersihkan Sepatu Bahan Suede yang dilansir oleh cleanipedia.com berikut ini!


Cara Membersihkan Sepatu Bahan Suede


1. Hati-Hati Dengan Air


Sumber: igpile.com

Menghilangkan bercak noda pada sepatu berbahan suede tidak bisa hanya dengan cara membersihkan bagian bercak itu saja, terutama jika menggunakan air. Jika tidak berhati-hati, air malah bisa meninggalkan noda tersendiri yang lebih parah karena perubahan warna yang ditimbulkannya pada sepatu suede. Hal ini bukan berarti Anda tidak dapat memakai air sama sekali untuk membersihkan bahan suede. Anda hanya perlu mengetahui cara membersihkan sepatu suede dengan cairan pembersih yang tepat.

2. Gunakan Sikat Sepatu Suede


Sumber: aliexpress.com

Singkirkan kotoran pada permukaan sepatu menggunakan sikat sepatu suede. Langkah ini akan meningkatkan efektivitas kerja produk pembersih suede nantinya. Sikat sepatu searah dengan serat sepatu. 
Cara Membersihkan Sepatu Suede dan Merawat Sepatu Suede
3. Sikat Dengan Gerakan Maju Mundur


Sumber: kawaiibeautyjapan.com

Pada bagian sepatu yang agak kasar, sikatlah dengan gerakan maju-mundur untuk menghilangkan serat-serat yang lepas. 

4. Bersihkan Seluruh Permukaan

Sumber: brilio.net

Noda membandel perlu ditangani dengan bantuan air, namun jangan hanya membersihkan bagian yang bernoda saja. Bersihkan seluruh permukaan sepatu supaya kalau terjadi perubahan warna tidak akan terlalu terlihat karena terjadi secara merata. 

5. Gunakan Sikat Sepatu Suede Yang Agak Basah

Sumber: extraordinarysanepsychosupergoddess.blogspot.com

Gunakan sikat sepatu suede yang agak basah untuk menyikat seluruh permukaan sepatu. Agar bentuk sepatu tidak berubah, masukkan pengganjal sepatu atau gumpalan kertas ke dalam sepatu lalu biarkan sepatu hingga kering secara alami. Jangan gunakan koran bekas karena tintanya dapat luntur mengenai sepatu anda. 

6. Gunakan Sedikit Cuka

Sumber: sehat.hasilakhir.com

Untuk menghilangkan bercak noda yang mengandung garam, misalnya dari makanan atau minuman—manfaatkan sedikit cuka. Bau cuka mungkin akan bertahan selama jangka waktu tertentu, tetapi lama kelamaan akan hilang.


Mudah bukan Cara Membersihkan Sepatu Bahan Suede ini? Tapi meski begitu, anda tetap harus berhati-hati dalam menjaga sepatu berbahan sude ini. Karena seperti yang sudah dijelaskan, sepatu dengan bahan suede sangat rentan dengan goresan dan noda yang susah hilang. Terima kasih telah membaca artikel Cara Membersihkan Sepatu Suede dan Merawat Sepatu Suede. Semoga bermanfaat!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Membersihkan Sepatu Suede dan Merawat Sepatu Suede | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Membersihkan Sepatu Suede dan Merawat Sepatu Suede

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :