Cara Mudah Merawat Mobil Bekas/Tua

Cara Mudah Merawat Mobil Bekas/Tua - Mobil pribadi saat ini sudah menjadi kendaraan umum dimana, banyak orang memilikinya, bahkan ada banyak orang yang memiliki lebih dari satu mobil pribadi di garasi rumahnya.


Sumber: theguardian.com

Sebenarnya hal ini bukan tanpa alasan, mengingat kualitas kendaraan umum di Indonesia belum masuk kategori nyaman seperti di negara-negara maju lainnya. Maka banyak orang, akhirnya lebih memilih menggunakan mobil pribadi sebagai sarana transportasi untuk bepergian entah sekolah, kuliah, bekerja, atau pergi liburan.

Selain lebih leluasa, dengan menggunakan mobil pribadi, pengguna tidak perlu berdesakan dengan penumpang lainnya dan kepanasan, mengingat fasilitas yang diberikan mobil pribadi seperti AC dan jok duduk yang sangat nyaman ditambah dengan sabuk pengaman yang tentu menjamin keselamatan penumpangnya. Dengan memiliki mobil pribadi pula, anda tidak perlu takut ketinggalan bus atau tidak menemukan angkutan umum yang bisa anda tumpangi. Kenapa harus menunggu kendaraan umum jika anda bisa pergi kemana pun dan kapanpun dengan menggunakan kendaraan yang lebih aman dan nyaman?

Masalahnya, harga kendaraan seperti mobil pribadi dengan fasilitas yang memadai dan jauh lebih nyaman dari transportasi umum ini tidaklah murah. Bahkan saat ini, karena semakin banyak peminat, banyak produsen mobil yang berlomba-lomba mengeluarkan produknya dan tentu saja dengan harga yang cukup fantastis. Bagi mereka yang memiliki budget lebih, mereka dapat membeli mobil keluaran terbaru. Sayangnya tidak semua orang seberuntung itu. Terkadang meski memiliki budget cukup untuk membeli mobil baru, ada baiknya untuk menggunakannya untuk keperluan lain yang jauh lebih penting.

Nah bagi anda yang ingin memiliki mobil pribadi namun tidak memiliki budget memadai untuk membeli mobil baru, solusi terbaik yang bisa jadi pilihan adalah dengan membeli mobil bekas pakai, namun dengan kualitas yang cukup baik plus harga yang lebih bersahabat untuk anda dan keluarga. Saat ini ada banyak shorum atau tempat penjualan mobil yang menjual mobil bekas dengan kualitas yang masih cukup baik, namun meski begitu tidak ada salahnya untuk tetap teliti dalam membeli mobil bekas. Dan untuk membantu anda mendapatkan mobil impian anda, seperti yang dilansir oleh cermati.com, berikut ini 7 tips memilih mobil bekas yang harus anda baca!

7 Tips Memilih Mobil Bekas/Tua


1. Tempat Pembelian


Sumber: glibsonproperty.com

Cara dan trik pertama untuk memilih mobil bekas yang bagus dan berkualitas adalah dengan memperhatikan tempat pembelian mobil tersebut. Memang kini ada banyak tempat yang membuka penjualan mobil bekas dengan segala penawarannya. Namun untuk mendapatkan dan membeli mobil bekas anda juga bisa membelinya langsung dari orang yang memang sedang ingin menjualnya secara langsung. 

Membeli ke showroom memang akan membuat anda mendapatkan banyak pilihan, namun anda harus tahu bahwa membeli lewat showroom pastinya membuat biaya pembelian lebih besar dibanding jika anda membelinya langsung dari orang pertama. Membeli mobil bekas melalui perantara juga akan membuat pembelian anda menjadi lebih mahal. Membeli mobil dari tangan pertama akan membuat anda lebih mengerti kondisi perawatan dari mobil, apalagi jika orang yang menjualnya adalah orang yang anda kenal. Maka dari itu memperhatikan tempat anda membeli mobil merupakan hal penting yang perlu anda cermati. 

2. Eksterior Mobil


Sumber: idolaotomotif.com

Setelah anda menemukan penjual dan tempat mobilnya, maka saatnya melakukan langkah selanjutnya yaitu pengecekan. Bagian mobil yang biasanya anda perhatikan adalah eksterior mobil. Lakukan saja pengecekan pada bagian yang paling pertama terlihat ini. Pada bagian eksterior mobil ini beberapa bagian mobil yang harus dicek adalah  bagian bodinya. 

Perhatikan apakah ada goresan atau rusak pada bodi mobil ini, bagaimana kondisi cat-nya, apakah masih mulus atau sudah kasar. Perhatikan pula bagian kaca, apakah ada bagian yang retak atau pecah. Perhatikan pula bagian lampu, apakah ada yang pecah dan bisa menyala dengan baik, atau malah cahaya lampu tersebut  sudah tidak terang lagi atau bahkan malah sudah tidak menyala lagi Lihat juga keadaan keempat bannya, apakah masih oke atau sudah aus. Coba juga masuk ke kolong mobil untuk melihat apakah ada yang karatan atau keropos. 

3. Performa Mesin Mobil


Sumber: hargamitsubishijaakrta.com

Inilah bagian penting dari proses pengecekan yang harus paling dicermati dan tidak boleh terlewatkan. Hidupkan mesin mobil dan perhatikan bunyi mesin yang menyala. Mesin yang terdengar baik adalah mesin yang terdengar halus dan tidak kasar. Mobil yang masih bagus juga memiliki ciri mudah di-starter. Setelah menyalakan mesin cobalah untuk melakukan tes drive. 

Cobalah untuk mengoper gigi, pastikan bahwa oper gigi ini berjalan dengan lancar. Rasakan benar kondisi mobil saat berjalan. Bila terasa berat, cenderung berbelok kearah kiri atau kanan, sebaiknya anda berpikir dua kali untuk membelinya. Dalam tes drive ini cobalah untuk melewati jalan yang kurang rata untuk mengetes baik tidaknya kondisi kaki-kaki mobil. Untuk keseluruhan proses tes drive ini sebaiknya anda melakukannya bersama si penjual agar si penjual juga mengetahui kondisi mobilnya. 

4. Aksesoris dan Interior


Sumber: otozines.com

Setelah selesai dengan bagian eksterior dan mesin, saatnya untuk mengamati bagian aksesoris dan interior mobil. Beberapa komponen aksesoris dan interior mobil yang perlu anda cermati antara lain bagian dashboard, setel AC, karpet, serta perhatikan kualitas jok dan langit-langitnya. Pastikan untuk coba menduduki jok, tarik ke belakang, dan cek kualitas pelapisnya.

Bagian kaca juga tak boleh luput dari perhatian dengan mencoba menaik-turunkan kaca mobil. Cek pula tombol wiper serta kondisi buka-tutup pintu mobil. Terakhir, cobalah juga untuk mengecek lampu sein, hazard, lampu depan, dan lampu rem. Radio atau fasilitas audio lainnya juga penting untuk Anda coba dengan cara menyalakan dan memutarnya. 

5. Kelengkapan Surat-Surat


Sumber: cermati.com

Surat-surat kendaraan adalah hal krusial yang juga wajib anda perhatikan saat membeli mobil. Pastikan anda mendapatkan BPKB dan STNK yang asli. Perhatikan keaslian BPKB dan STNK mobil tersebut, karena saat ini banyak sekali beredar surat-surat berharga palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi. Anda wajib memastikan bahwa  mobil yang akan Anda beli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya. Dengan adanya BPKB dan STNK yang asli dan lengkap maka anda akan dimudahkan untuk urusan balik nama dan administrasi lainnya. 

6. Cek Fisik


Sumber: jatimpro.com

Untuk lebih meyakinkan lagi, tidak ada salahnya untuk melakukan cek fisik di kantor samsat. Dengan cek fisik ini anda akan bisa memastikan data dan informasi yang tertera di dokumen BPKB dan STNK sesuai dengan yang sebenarnya di mobil. Proses cek fisik ini tentunya bisa anda lakukan setelah mendapatkan izin dari pemilik atau penjual mobil. Jangan ragu untuk meminta cek fisik pada pemilik. Jika anda memang sudah yakin akan membeli mobilnya, pemilik biasanya akan bersedia jika mobilnya dilakukan cek fisik. 

7. Asuransi


Sumber: dreams.co.id

Terakhir, cara dan trik untuk memilih mobil bekas yang bagus dan berkualitas adalah dengan memperhatikan asuransi yang ada pada mobil tersebut. Jika mobil bekas yang akan anda beli mempunyai asuransi tentu ini akan sangat lebih baik. Bagaimana dengan nama pemiliknya? Jangan khawatir asuransi bisa dipindahtangankan melalui proses balik nama pada perusahaan asuransi yang menjamin kendaraan yang hendak dibeli. Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen jual-beli yang komplet agar proses balik nama asuransi ini bisa berjalan lancar. 

Setelah membaca beberapa tips cara memilih mobil bekas/tua diatas, setidaknya anda memiliki gambaran apa yang akan anda lakukan ketika menemukan mobil yang menarik minat anda. Oke, memilih mobil sudah, semuanya lancar dan mobil tersebut sudah resmi menjadi milik anda. Lalu langkah selanjutnya adalah dengan mulai merawat mobil anda agar tetap memiliki performa yang baik. Membeli mobil bekas, meski memiliki kondisi yang baik tapi tentu tidak sama dengan kualitas mobil baru dari pabrik. Agar menjaga agar performa mobil anda agar tetap bagus anda harus benar-benar serius dalam merawatnya. Seperti yang dilansir oleh blog.lazada.co.id, berikut ini 10 Cara Mudah Merawat Mobil Bekas/Tua anda agar tetap awet!

10 Cara Mudah Merawat Mobil Bekas/Tua


1. Bersihkan Mobil Secara Teratur


Sumber: mobilbaru.net 

Yang dimaksud dengan membersihkan di sini bukan sekedar mengelap bagian luarnya saja, tapi juga membersihkan hingga ke semua bagian yang bisa anda jangkau, apalagi jika anda membeli mobil bekas. Selain demi kenyamanan anda, membersihkan mobil bisa membuat anda menemukan masalah-masalah lain yang mungkin ada pada kendaraan anda. 

2. Perbaiki Dasbord dan Setir


Sumber: yahyakurniawan.net

Perbaiki bagian dalam mobil terutama bagian yang akan sering anda jumpai seperti dashboard dan setir. Menambahkan cover juga dapat menutupi kekurangan pada dashboard dan setir, membuat menyetir menjadi lebih nyaman. Jika tidak ingin menambahkan cover, mengecat ulang atau melakukan modifikasi lain juga dapat anda lakukan. 

3. Gunakan Cover Untuk Jok


Sumber: mobilupdate.com

Cover tebal untuk jok akan dapat menambah kenyamanan dan menghindari berbagai kotoran yang dapat menodai jok secara langsung.  Cover juga menjaga agar jahitan pada jok tidak mudah dilepas. 

4. Lebih Sering Mengganti Oli


Sumber: iptekno.com

Untuk mobil yang berusia lebih dari 10 tahun, ganti oli setiap 2500 km. Dengan begitu, tingkat emisi akan dapat ditekan dan meringankan beban kinerjanya. Untuk proteksi optimal, sebaiknya gunakan oli dengan kekentalan SAE 10- 40 W atau 15-40 W.

5. Perhatikan Kondisi Kabel


Sumber: autobild.co.id

Karena kabel yang sudah getas lebih berpotensi untuk menyebabkan konsleting dan membuat mesin tidak bisa dinyalakan, perhatikan kondisi kabel dan ganti kabel yang sudah getas dengan kabel yang baru. Lebih buruk lagi, kerusakan juga dapat menyebabkan timbulnya percikan di permukaan kabel yang dapat menimbulkan kebakaran.

6. Perhatikan Kondisi Ring


Sumber: harianlampung.co.id

Sebaiknya ganti ring seher yang sudah lemah dan berkarat dengan yang baru. Mengganti ring akan membuat aliran bensin menjadi lebih lancar dan membuat suara mesin menjadi tidak kasar.

7. Perhatikan Karet Penyangga


Sumber: aliexpress.com

Karet penyangga yang ada pada pintu dapat mudah robek seiring berjalannya waktu. Selain membuat mobil anda menjadi jelek, karet yang robek akan menimbulkan bunyi berdesing saat berkendara dan dapat berujung pada masalah-masalah seperti bocornya air hujan ke dalam mobil.

8. Perhatikan Velg dan Roda


Sumber: acc.co.id

Penggantian roda dan velg yang sudah rusak serta berkarat dapat meningkatkan performa kendaraan anda. Walaupun biayanya memang tidak murah, mengganti velg dan roda juga adalah salah satu alternatif untuk mengkostumisasi mobil anda sehingga memiliki penampilan yang sesuai dengan selera anda.

9. Cat Mobil


Sumber: otomotifkompas.com

Jika interior mobil perlu diperbaiki demi kenyamanan penumpang, eksterior mobil perlu diperhatikan untuk menjaga penampilan mobil. Cara paling sederhana adalah dengan menggunakan compound untuk membuat mobil terlihat mengkilat, atau mengecat ulang jika cat mobil sudah terlihat kusam atau banyak goresan. Lebih jauh, anda dapat memodifikasi body mobil jika anda bersedia mengeluarkan lebih banyak uang.

10. Pakaikan Cover Saat Memarkir Mobil


Sumber: zoocover.com

Untuk menjaga cat dan eksterior kendaraan agar tetap apik, pakaikan cover pada mobil anda, terutama jika sedang di parkir di luar garasi. Hal ini bisa membuat cat lebih lama pudar dan menghindarkan mobil dari getah pohon, kotoran burung atau kotoran lain yang sulit dibersihkan. 
Sebenarnya, merawat mobil tua atau bekas bukanlah hal yang sulit. Hal yang anda butuhkan adalah memberikan perhatian lebih pada mobil anda dan mengecek kondisi mobil secara rutin. Selain 10 Cara Mudah Merawat Mobil Bekas/Tua diatas, anda juga dapat berkonsultasi dengan montir atau bengkel secara rutin untuk memantau kondisi mobil anda. Sehingga jika terjadi kerusakan, anda sudah mengetahuinya lebih dulu sebelum kerusakannya semakin parah!
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Mudah Merawat Mobil Bekas/Tua. Semoga bermanfaat!Cara Mudah Merawat Mobil Bekas/Tua


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Mudah Merawat Mobil Bekas/Tua | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Mudah Merawat Mobil Bekas/Tua

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :