Buah-buahan Yang Baik dan Bagus Untuk Ibu Hamil

Buah-buahan Yang Baik dan Bagus Untuk Ibu Hamil - Kehamilan merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh semua keluarga, terlebih bagi mereka yang sudah cukup lama menikah namun belum juga dikaruniai keturunan atau mereka para pasangan baru yang akan mulai membentuk keluarga kecil mereka.


Sumber: health.detik.com

Kehamilan pertama pastinya merupakan saat yang paling membahagiakan, namun dibalik kebahagiaan yang tersimpan, ada sedikit kekhawatiran tentang proses kehamilan itu sendiri. Sembilan bulan mengandung, adalah hal yang sangat wajar jika kita memiliki banyak kekhawatiran bahkan sedikit rasa takut.

Khawatir tidak bisa menjaga kandungan, khawatir dengan kondisi fisik yang naik turun, dan khawatir tentang semua masalah yang mungkin akan muncul selama sembilan bulan ke depan. But moms wait! Perasaan khawatir memang adalah hal yang wajar terutama jika ini adalah kehamilan anda yang pertama, dan perasaan khawatir yang muncul akan membantu anda agar menjadi lebih berhati-hati. Tapi, anda juga harus bisa mengendalikan perasaan worried tersebut agar tidak berubah jadi ketakutan yang justru akan berbahaya bagi anda dan bayi mungil anda.

Meski mungkin anda akan menemukan sedikit masalah disana, sini, namun anda pasti bisa mengatasinya. Bahkan bukan tidak mungkin anda bisa menghindari semua masalah yang akan muncul. Ini karena dalam proses kehamilan, ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghindari semua masalah yang akan hadir. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Meski itu penting dan semua wanita tau itu, justru semakin banyak perempuan yang menyepelekan pentingnya makanan yang kita konsumsi. Alih-alih makan sehat, justru banyak diantara para calon ibu yang mengkonsumsi makan sembarangan, tanpa tau dampak buruk yang mungkin akan muncul dikemudian hari.

Nah anda tentu tidak ingin terjadi masalah disaat anda sedang mengandung bukan? Jika iya, sebaiknya mulai sekarang anda harus memperhatikan apa yang masuk ke mulut anda. Dan seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini 20 Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Menjaga Kesehatan Janin!

20 Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Menjaga Kesehatan Janin

1. Keju


Sumber: aceh.tribunnews.com

Makanan yang satu ini sangat nikmat untuk dikonsumsi pada saat anda ingin menghabiskan waktu luang anda. Namun, makanan ini harus anda hindari saat hamil. Keju lunak dibuat dari susu yang tidak dipasteurisasi dan dapat menjadi pelabuhan bakteri listeria, yang dapat berbahaya atau bahkan mengancam jiwamu dan bayimu. Bagi kamu yang suka sekali mengkonsumsi keju, ada baiknya anda mengurangi kebiasaanmu ini mulai dari sekarang.

2. Daging Setengah Matang


Sumber: vemale.com

Sekarang adalah waktu yang tepat bagi anda untuk memesan semua steak dan burger yang sepenuhnya matang. Jangan biarkan diri anda mengkonsumsi daging yang setengah matang, atau bahkan masih separuh mentah. Daging mentah atau setengah matang dapat menjadi pelabuhan bagi toxoplasma dan bakteri lainnya. Ketika makan di luar, pastikan daging yang anda masak mengepul panas dan dimasak dengan matang. Jika anda masak didalam rumah, suhu yang harus anda gunakan setidaknya harus mencapai 145 F. Lalu untuk daging hamburger, suhunya harus berkisar antara 160 F dan untuk dada ayam suhunya harus berkisar antara 165 F.

3. Hati-Hati Mengkonsumsi Jus Segar


Sumber: healthydietbase.com

Jus segar yang diperas di restoran, care, bar, atau di daerah pedesaan mungkin tidak dipasteurisasi untuk melindunginya dari bakteri yang berbahaya, termasuk salmonella dan E-coli. Beberapa pasar juga menjual jus dari buah mentah yang tidak dipasteurisasi. Jika diperlukan, anda harus mencari label peringatan yang diperlukan dan menghindarinya jika makanan tersebut terlihat berbahaya. Wanita hamil harus memilih jus yang dipasteurisasi. Jus dalam kotak dan botol di rak supermarket adalah pilihan yang aman untuk dikonsumsi.

4. Ucapkan Selamat Tinggal Pada Sushi


Sumber: taste.com.au 

Maaf buat anda yang merupakan penggemar sushi, tapi sudah waktunya untuk absen selama 9 bulan dari makanan yang satu ini. Meskipun makanan laut adalah sumber protein, makanan laut mentah bisa menjadi sumber parasit dan bakteri berbahaya. FDA merekomendasikan wanita hamil hanya makan ikan dan makanan laut lainnya yang telah dimasak secara menyeluruh. Jika memaksakan diri mengkonsumsi susu maka akan sangat berbahaya bagi tubuh.

5. Mengkonsumsi Telur Mentah


Sumber: health.sarangberita.com

Ketika anda memanggang kue, Kamu mungkin tergoda untuk mencicipi sedikit adonan mentah menggunakan lidah anda. Tetapi jika adonan tersebut mengandung telur mentah, bahkan memiliki rasa yang mencurigakan, hal ini bisa menimbulkan masalah kesehatan yang signifikan. Untuk amannya, sebaiknya anda menolak mencicipi adonan kue yang masih belum matang. Pastikan untuk membeli kue di Toko kue yang aman.

6. Hindari Produk Olahan Berbahan Telur


Sumber: donaiskandarr.blogspot.com

Telur mentah juga digunakan dalam banyak produk buatan sendiri maupun saus, contohnya antara lain adalah saus untuk salad, saus hollandaise, dan mayones. Sebaiknya anda menghindari produk olahan berbahan telur karena berpotensi untuk merusak kualitas dari janin yang ada dalam kandungan.

7. Tiramisu


Sumber: stardeg.com

Banyak makanan penutup buatan sendiri, termasuk mousse, meringue, dan tiramisu yang juga mengandung telur mentah. Sebaiknya anda berpikir dua kali apabila ingin membuat produk tiramisu yang anda inginkan. Tetapi, beberapa supermarket banyak yang mengklaim menjual telur yang dipasteurisasi, yang baik saat dimakan mentah. Pastikan mengecek label pada telur tersebut untuk mengetahui aman tidaknya anda mengonsumsinya.

8. Daging Unggas Olahan


Sumber: jabarprov.go.id

Makanan cepat saji berbahan unggas menjadi pilihan yang tepat pada saat anda dikejar waktu. Tapi unggas mentah yang dicampur dengan isian bumbu-bumbu yang mentah dapat menjadi tempat yang bagus bagi bakteri untuk berkembang biak. Biasanya dengan dimasak, anda merasa bahwa masakan tersebut sudah aman. Tetapi kondisi kehamilan akan membuat tubuh anda lebih sulit untuk melawan infeksi. Sebuah alternatif yang aman adalah membeli daging unggas non-olahan yang segar. Pastikan untuk memasak langsung dari kondisinya yang masih beku. Jangan biarkan mereka mencair. 
9. Ikan Yang Mengandung Merkuri


Sumber: health.liputan6.com

Ikan baik untuk ibu hamil dan bayinya, tetapi membuat pilihan cerdas terhadap ikan yang anda makan adalah hal yang sangat penting. Ikan pedang, ikan raja mackerel, dan ikan hiu mengandung kadar merkuri tinggi. Logam ini bisa berbahaya bagi bayi anda. Anda dapat dengan aman makan sampai 12 ons makanan laut seminggu, jadi pilihlah ikan yang rendah merkuri seperti ikan salmon, lele, tuna dan cod kalengan. Jika suka tuna, batasilah konsumsi hanya 6 ons saja per minggu. Jika perlu, periksakan diri anda ke dokter sebelum mengkonsumsi minyak ikan atau suplemen lainnya saat hamil.

10. Daging Berpengawet


Sumber: rhizomananopropolis.com

Tidak seperti banyak kuman lainnya, listeria dapat tumbuh pada suhu dalam lemari es Kamu. Oleh karena itu, anda harus menghindari mengkonsumsi daging yang tahan lama yang sering digunakan pada hot dog. Saat anda sedang hamil. Anda dapat membuat makanan ini aman dengan memanaskan mereka sampai mereka mengepul panas dan bisa segera dimakan.

11. Daging Cincang


Sumber: kiosdagingkambing.wordpress.com

Daging cincang sering menjadi pelabuhan yang istimewa bagi bakteri listeria karena berhubungan langsung dengan alat cincang yang digunakan berulang-ulang. Karena wanita hamil sangat rentan terhadap bakteri listeria, alangkah baiknya jika anda menghindari konsumsi daging cincang tersebut. Sebaiknya anda juga tidak mengkonsumsi makanan daging yang diolah dan dimasukan kedalam kaleng.

12. Buah dan Sayuran Yang Hanya Dicuci


Sumber: merdeka.com

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran! Hanya saja pastikan untuk membilas mereka secara menyeluruh dengan air mengalir. Sebuah parasit yang disebut toxoplasma dapat hidup pada buah-buahan dan sayuran yang tidak dicuci. Hal ini menyebabkan penyakit yang disebut toksoplasmosis, yang bisa sangat berbahaya untuk bayimu. Jangan gunakan sabun untuk mencuci. Tetapi, gosoklah permukaan dengan sikat sayuran yang kecil. Potong bagian buah atau sayuran yang terlihat memar karena ini mungkin menjadi pelabuhan yang signifikan bagi bakteri.

13. Kecambah Mentah


Sumber: situkanginfo.blogspot.com

Apapun alasannya, jangan pernah makan kecambah mentah, termasuk alfalfa, semanggi, dan lobak. Bakteri dapat masuk ke dalam biji sebelum kecambah mulai tumbuh, dan kuman ini hampir tidak mungkin untuk dihilangkan. Saat anda memaakan sandwich periksalah bagian dalamnya untuk memastikan mereka tidak mengandung kecambah mentah. Jika anda memasak di rumah, rebuslah kecambah secara menyeluruh untuk menghancurkan bakteri yang ada didalamnya.

14. Camilan Berbahan Seafood


Sumber: skanaa.com

Bersantai sambil menikmati camilan seafood tentunya amat menyenangkan, apalagi jika ditemani dengan sambal. Seperti halnya daging, makanan laut yang didinginkan juga rentan terhadap listeria. Bahan makanan tersebut antara lain adalah salmon asap, ikan trout, ikan cod, tuna, dan makarel. Sebisa mungkin hindarilah makanan laut karena jenis makanan ini juga rentan dengan serangan mercury.

15. Kerang Mentah


Sumber: indonesia2day.com

Kerang mentah adalah salah satu penyebab utama penyakit dari makanan laut. Penyebabnya adalah karena parasit dan bakteri yang umumnya sering ditemukan pada bahan makanan yang satu ini. Jadi anda sebisa mungkin harus menghindari konsumsi kerang mentah tersebut. Selama anda memasak kerang ini secara menyeluruh, makanan ini mungkin aman untuk dikonsumsi selama kehamilan.

16. Ikan Hasil Pancingan


Sumber: pulausemau.blogspot.com

Kecuali anda tahu dimana letak aliran air di wilayah teluk, dan danau yang tercemar, sebaiknya anda menghindari makan ikan. Pasalnya ada banyak danau dan sungai yang terkontaminasi dengan bahan kimia industri. Beberapa jenis ikan seperti bluefish, bass, salmon, pike, trout, dan walleye mungkin akan terpengaruh bahan kimia tersebut.

17. Makanan Kaleng


Sumber: kesehatankita.net

Anda mungkin tidak mau menghina teman anda dengan menghindari makanan ala kadarnya yang mereka hidangkan. Tapi ada alasan untuk khawatir apabila makanan yang anda konsumsi dibiarkan tidak dimasukan dalam lemari pendingin dalam waktu yang lama. Ikuti aturan 2 jam ini: Jangan makan hidangan seadanya yang telah berada pada suhu kamar selama lebih dari 2 jam.

18. Susu Yang Terkontaminasi


Sumber: vemale.com

Apakah anda pernah bermimpi mengunjungi sebuah peternakan dan mencicipi susu segar dari sapi? Sebaiknya anda jangan terburu-buru. Susu yang dikumpulkan dan belum pernah melalui proses pasteurisasi akan berpotensi terjangkit bakteri listeria. Hal ini bisa berbahaya bagi Kamu dan bayi. Belilah susu, keju, atau produk susu dari peternakan setempat hanya jika sudah diberi label "dipasteurisasi."

19. Makanan dan Minuman Berbahan Kafein


Sumber: pakaide.blogspot.co.id

Berdasarkan hasil penelitian para ahli menunjukkan bahwa ada jumlah moderat tertentu untuk kafein yang aman digunakan selama kehamilan. Tapi peneliti masih belum yakin apakah jumlah yang lebih tinggi dari kafein dapat meningkatkan kemungkinan keguguran. Hasil peneilitian yang dirilis dalam March of Dimes merekomendasikan wanita yang sedang hamil harus membatasi kafein 200 miligram per hari. Artinya hanya satu cangkir 12 ons kopi. Tapi ingat, kafein juga ditemukan dalam jumlah yang besar pada soda, teh, cokelat, dan banyak minuman berenergi lainnya.

20. Alkohol


Sumber: garagara.id

Anda sudah tahu bahwa minum minuman berat selama kehamilan dapat menyebabkan cacat lahir yang serius. Apa yang tidak anda ketahui adalah sejumlah kecil alkohol bisa berbahaya. Tidak ada jumlah alkohol signifikan yang ditemukan aman untuk dikonsumsi selama kehamilan, jadi yang terbaik adalah dengan menghindari segala bentuk alkohol. Hal ini juga termasuk anggur, bir, sake dan lain-lain yang berisi alkohol dan telur mentah.
Untuk anda yang sedang mengandung, sebaiknya anda menghindari 20 jenis makanan diatas. Sebaliknya, agar bayi anda mendapatkan banyak nutrisi sebaiknya anda memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Dua jenis makanan tersebut sangat baik untuk anda maupun bayi anda. Lalu, buah-buah apa saja sih yang wajib anda konsumsi selama kehamilan? Seperti yang dilansir vemale.com, berikut ini 5 buah yang wajib dikonsumsi saat hamil!
Buah-buahan Yang Baik dan Bagus Untuk Ibu Hamil

Buah-buahan Yang Baik dan Bagus Untuk Ibu Hamil

1. Alpukat


Sumber: solusisehatku.com

Alpukat memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Asam folat sangat dibutuhkan saat kehamilan karena sangat baik untuk perkembangan otak janin. 

2. Pisang


Sumber: bisikan.com

Mengonsumsi pisang dapat mengurangi resiko anemia saat anda sedang hamil. Karena dagingnya sangat lembut, pisang bermanfaat untuk lapisan dinding lambung sehingga menjadi anti-inflamasi. 

3. Jeruk


Sumber: health.liputan6.com

Selain kaya akan vitamin C yang baik untuk menstimulasi sistem kekebalan tubuh, jeruk sangat baik dikonsumsi Ibu hamil karena kandungan oksidannya, dan dapat mencegah cacat lahir pada bayi. 

4. Mangga


Sumber: jhonnytips.blogspot.com

Mangga memiliki kandungan vitamin A dan C, juga serat yang tinggi, sehingga baik untuk memperlancar pencernaan. Ibu hamil biasanya sering mengalami sulit buang air besar. 

5. Tomat


Sumber: programfitnes.com

Biasanya saat anda hamil, tak nafu makan. Selain tomat dapat menjaga stamina tubuh, tomat memiliki mineral-garam yang sangat tinggi, sehingga meningkatkan nafsu makan dan merangsang air liur, dan memungkinkan makanan untuk dicerna dengan baik. 
Itu dia Buah-buahan Yang Baik dan Bagus Untuk Ibu Hamil dan kebetulan 5 buah diatas juga termasuk buah-buahan yang sering dijadikan buah favorit karena rasanya yang enak. Bagi anda yang juga penggemar 5 buah diatas, saat kehamilan ada baiknya anda mengkonsumsi buah-buah tersebut lebih sering. Dan untuk anda yang tidak suka, tidak ada salahnya untuk mulai menyingkirkan ketidaksukaan anda, dan cobalah untuk mulai mengkonsumsi 5 buah diatas agar bayi anda dan anda mendapatkan nutrisi yang cukup selama masa kehamilan.
Terima kasih telah membaca artikel Buah-buahan Yang Baik dan Bagus Untuk Ibu Hamil. Semoga bermanfaat!



=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Buah-buahan Yang Baik dan Bagus Untuk Ibu Hamil | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Buah-buahan Yang Baik dan Bagus Untuk Ibu Hamil

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :