10 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

10 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami- Mata adalah salah satu organ tubuh terpen ting. Karena mata adalah satu-satunya panca indra yang kita miliki. Tanpa mata, kita tidak akan bisa melihat dunia dan warna-warninya.


Sumber: hitspapper.com

Untuk itu, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan mata. Dan sebenarnya, menjaga kesehatan mata itu sangatlah mudah karena ada banyak cara yang bisa anda gunakan agar mata anda selalu sehat, salah satunya adalah dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak vitamin A seperti wortel.

Yup, wortel memang sejak dulu menjadi salah satu buah yang dianjurkan jika anda ingin memiliki mata yang indah. Kandungan vitamin A di dalam wortel mampu melindungi mata anda dari kerusakan dan menjaganya tetap bening dan sehat. Namun, apa hanya wortel yang bisa menjaga mata kita agar tetap sehat? Seperti yang dilansir oleh merdeka.com, berikut ini 10 Makanan Untuk Mata Sehat!

10 Makanan Untuk Mata Yang Sehat


1. Wortel


Sumber: saransehat.com

Wortel sangat kaya akan beta-karoten, antioksidan yang membantu mengurangi risiko katarak dan degenerasi otot pada mata.

2. Kacang-Kacangan


Sumber: blog.tokosuplemenfitness.com

Kenari dan almond sangat baik untuk mata. Mereka kaya akan vitamin E yang dapat mencegah katarak.

3. Ikan


Sumber: memobee.com

Mereka yang gemar makan ikan memiliki penglihatan yang sehat. Ikan memiliki kandungan lemak atau minyak penting seperti asam lemak omega-3 yang membuat otot-otot mata selalu dalam kondisi baik.

4. Alpukat


Sumber: blogindahnyasehat.blogspot.com

Lutein merupakan antioksidan yang sangat penting untuk mata. Dan coba tebak, alpukat mengandung jumlah lutein tertinggi, bila dibandingkan dengan semua buah-buahan lainnya.

5. Dark Chocolate


Sumber: food.ndtv.com

Dark chocolate sangat kaya akan ekstrak kakao yang baik untuk kornea mata. Namun, hindari konsumsi produk cokelat yang mengandung terlalu banyak gula atau pemanis.

6. Sayuran Berdaun Hijau


Sumber: isigood.com

Sayuran hijau mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, vitamin C, vitamin K, dan zat besi. Semua nutrisi itu sangat penting bagi kesehatan mata anda.

7. Bawang Merah


Sumber: catatan.fajar.co.id

Bawang merah kaya akan belerang, jenis mineral yang membantu menghasilkan zat kimia yang disebut glutathione yang bertugas untuk melindungi lensa mata. 

8. Bit Merah


Sumber: jussehat.com

Seperti wortel, bit merah juga kaya akan karoten yang dapat mencegah katarak. Buah bit juga kaya akan zat besi yang meningkatkan kesehatan mata.

9. Wine


Sumber: grapeandwinetours.com

Wine kaya akan flavonoid yang membuat kornea tetap sehat. Mengonsumsi wine dalam jumlah terbatas dapat menyehatkan hati dan penglihatan anda.

10. Telur


Sumber: ciricara.com

Telur, terutama kuning telur, mengandung 2 nutrisi penting untuk mata, yakni sulfur dan sistein. Mereka hadir dalam telur dan membuat lensa mata tetap jernih.

Selain lewat makanan, kita juga dapat merawat mata dengan menghindari berbagai hal yang bisa merusak mata. Seperti misalnya tidak terlalu sering menatap layar gadget seperti smartphone. Atau bagi anda yang memang bekerja di bidang komputer, usahakan untuk selalu memiliki jarak aman antara mata dan layar komputer anda, dengan begitu anda dapat meminimalisir resiko yang ditimbulkan. Selain 2 cara diatas, berikut ini 10 Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat yang dilansir oleh kompasiana.com dibawah ini!

10 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami


1. Gunakan Pelindung


Sumber: cara-alami-mengobatipenyakit.com

Saat kita keluar atau berpergian pastilah banyak debu atau asap – asap kendaraan yang bisa mengakibatkan mata terganggu atau bisa mengakibatkan iritasi. Oleh sebab itu sebaiknya kita menggunakan helm atau kacamata untuk melindungi mata kita dari debu atau asap agar tidak menganggu mata. Apalagi di jaman sekarang produk kacamata sudah canggih, banyak beredar kacamata yang melindungi mata kita dari pancaran sinar UV. Pancaran sinar UV berbahaya untuk mata dalam jangka panjang, apalagi lapisan ozon yang semakin menipis mengakibatkan pancaran sinar UV semakin besar. Untuk itu biasakanlah menggunakan kacamata saat berpergian di siang hari.

2. Tidur Yang Cukup


Sumber: rawnev.blogspot.com

Di jaman sekarang orang sudah mulai mengabaikan tidurnya. Mereka lebih menomersatukan pekerjaannya daripada istirahat. Padahal tidur sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mata. Program tidur 7-8 jam sehari sudah mulai terabaikan. Tidur yang kurang dari 7 jam akan mengakibatkan daya kerja mata menurun. Mata mudah lelah, tidak bening lagi dan biasanya berair. Oleh sebab itu sesibuk apapun kita usahakan istirahatkan mata agar mata kita tetap dalam kondisi normal. 

3. Minum Air Putih Yang Cukup


Sumber: ledisia.com

Minumlah air putih yang cukup setiap harinya. Minumlah minimal 8 gelas per hari, karena itu bagus untuk kesehatan mata dan menjaga mata tetap bening. Sangat terlihat jika orang yang kekurangan cairan atau kurang minum air putih matanya tidak bening lagi dan biasanya mulai berwarna merah. 

4. Mengkonsumsi Sayuran dan Buah


Sumber: id.techinasia.com

Sering seringlah mengkonsumsi sayuran hijau dan buah. Selai sebagai sumber vitamin, sayuran dan buah juga sangat baik untuk mata. Karena di dalam sayuran dan buah terdapat vitamin A dan zat besi yang kita tahu baik untuk kesehatan mata. Jadi biasakan makan sayuran dan buah secara rutin agar kita tetap sehat terutama mata kita pun pasti sehat. 

5. Menggunakan Krim Mata


Sumber: skin.co.id

Menggunakan krim mata sebelum tidur berguna untuk mengurangi seriko kerutan pada mata. Karena krim mata menjaga kelembapan kulit mata anda. Gunakanlah krim mata pada bagian bawah mata anda karena disitulah biasanya kulit mengalami kerutan.

6. Kompres Mata Dengan Strawberry dan Mentimun


Sumber: caramengobatisakitmata.blogspot.com

Langkah ini sangat mujarab untuk menjaga mata kita tetap sehat. Strowberi yang sudah di dinginkan di kulkas kemudian di iris dan di letakkan di kelopak mata sekitar 15 menit. Itu bisa membantu mengatasi mata yang lelah. Kemudian untuk mentimun, iris bundar mentimun lalu letakkan di kelopak mata selama kurang lebih 15 menit untuk mengembalikan kesegaran pada mata10 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

7. Mengkompres Mata Dengan Handuk Dingin


Sumber: carakupunya.blogspot.com

Langkah ini sangat berguna untuk mengobati mata yang merah serta gatal. Daripada kita menggosok mata saat gatal, itu justru akan membuat kornea mata luka. Oleh karena itu, mengompres dengan air dingin bisa mengurangi rasa gatal secara perlahan.

8. Basuh Dengan Air Dingin


Sumber: informasi973.rssing.com

Basuhlah mata setiap harinya di air yang dingin. Ini sangat membantu untuk melembapkan dan merilekskan mata setelah seharian melakukan aktivitas. Tapi lebih baik setelah kita melakukan aktivitas di siang hari, janganlah kita langsung membasuhnya dengan air dingin karena kondisi suhu mata harus di perhatikan. Jika langsung di basuh dengan air dingin bisa mengakibatkan mata perih.

9. Kompres Dengan Logam Dingin


Sumber: benefit.co.id

Untuk mata yang bengkak ini bisa menjadi langkah pertama sebelum anda konsultasi ke dokter. Dinginkan logam (uang logam atau sendok) di freezer selama beberapa menit kemudian tempelkan pada mata yang bengkak. Lakukan berkala agar syaraf dan otot mata tidak kaku. 

10. Melihat Lingkungan Hijau


Sumber: buzzerbeezz.com

Setelah kita melakukan suatu pekerjaan atau terlalu lama bekerja di depan computer pastilah mata kita mengalami kelelahan. Luangkan sedikit waktu anda untuk mengistirahatkan mata. Cobalah pergi keluar ruangan dan melihat dedaunan atau pergi ke taman. Warna hijau pada daun dan udara bebas akan memberikan kenyamanan dan membuat rileks mata anda.
Itu dia 10 Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat. Ternyata mudah bukan merawat mata agar tetap sehat? Tidak perlu mahal, tidak perlu menggunakan bahan yang aneh-aneh, cukup dengan menggunakan berbagai peralatan yang mudah ditemukan dirumah seperti handuk, sendok, ata dengan menatap berbagai tumbuhan hijau di halaman pun dapat membuat mata kita lebih sehat. 
Terima kasih sudah membaca artikel 10 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami. Selamat mencoba!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

10 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di 10 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :