Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut

Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut - Bau mulut! Ugh, siapa orang di dunia ini yang mau memiliki masalah pada mulutnya? Terutama bau mulut? Rasa-rasanya tidak ada seorang pun yang mau bukan?

Sumber: tetapbugar.com

Bau mulut memang sungguh sangat menyebalkan. Bahkan jika difikir lagi, bau mulut itu lebih menyebalkan daripadan sakit gigi. Meski pun sakit gigi benar-benar menyakitkan, setidaknya kita masih bisa mengatasinya dengan berbagai obat sakit gigi yang dijual di toko obat-obatan. Atau paling tidak, jika kita benar-benar merasa sakit gigi yang diderita sudah cukup parah, kita bisa pergi ke dokter gigi dan meminta untuk mencabut gigi kita.

Tapi sayangnya, kita tidak bisa melakukan prosedur yang sama untuk masalah bau mulut. Kan tidak mungkin kita datang ke dokter dan meminta mereka mencabut mulut kita! Selain itu, untuk meredakannya, yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan obat kumur-kumur untuk menghilangkan bau mulut kita. Masalahnya, efek dari obat kumur ini tidak bertahan lama. Dan mungkin satu-satunya yang bisa membantu adalah dengan mengunyah permen mint. Tapi kita juga tidak bisa terus-terusan mengunyah permen seharian. Selain itu, konsumsi permen yang berlebihan juga tidak baik bagi gigi kita.

Well, yang lebih parahnya lagi, banyak orang yang sebenarnya menderita bau mulut namun tidak menyadarinya sama sekali. Atau mungkin mereka tau bahwa sebenarnya mereka memiliki masalah bau mulut namun tidak tau bagaimana cara menghilangkannya. Namun, bukan berarti bau mulut itu tidak bisa dihilangkan. Nah jika anda memiliki masalah dengan bau mulut, dan ingin sekali menghilangkannya, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengetahu penyebab utama bau mulut anda. Sebenarnya, bau mulut bisa disebabkan oleh banyak hal, bahkan beberapa penyebab tidak dapat kita duga sama sekali. Seperti yang dilansir oleh merdeka.com, berikut ini 10 Penyebab Bau Mulut Yang Jarang Diketahui!

10 Penyebab Bau Mulut Yang Jarang Diketahui


1. Melewatkan Sarapan


Sumber: futuready.com

Sarapan tidak hanya baik untuk perut anda, tetapi juga untuk mulut anda. Sarapan pagi dapat membantu anda meningkatkan produksi air liur dalam mulut dan membersihkan lidah dari bakteri penyebab bau mulut.

2. Masalah Hati


Sumber: sharingdisana.com

Masalah hati, seperti sindrom lemak hati atau penyakit kuning, juga bisa membuat bau mulut tidak sedap. Hati bertanggung jawab untuk metabolisme lemak dan ketika hati tidak mampu melakukan tugas itu, jumlah bakteri dalam mulut akan meningkat.

3. Sariawan


Sumber: sariawan.org

Sariawan sering menyebabkan bau mulut tidak sedap karena pembentukan nanah dan infeksi.

4. Pendarahan Gusi


Sumber: manfaatnyasehat.com

Gusi berdarah membuat darah kadang-kadang menumpuk di dalam mulut sehingga akhirnya berbau tidak sedap.

5. Infeksi Tenggorokan


Sumber: perawatankulitmu.com

Bila Anda menderita infeksi tenggorokan, bakteri kadang-kadang memecah sel-sel dari saluran bronkial dan menghasilkan lendir yang berbau tidak sedap.

6. Gagal Ginjal


Sumber: 1obatherbalgagalginjal

Gagal ginjal merupakan salah satu alasan medis yang memicu bau mulut. Akibatnya, bau mulut selalu tercium tidak sedap.

7. Diet


Sumber: spoonuniversity.com

Makanan yang kaya protein bisa memicu bau mulut. Hal ini dikarenakan asam amino bertindak sebagai tempat berkembang biaknya bakteri mulut.

8. Minum Alkohol


Sumber: wisatakuliner.com

Minum terlalu banyak alkohol dapat mengeringkan kelenjar ludah. Air liur biasanya bertindak sebagai media untuk menghapus bau yang dipicu oleh bakteri di dalam mulut. 

9. Apnea Tidur


Sumber: jual-alkes.com

Orang yang menderita apnea tidur tidak bisa bernapas melalui hidung. Akibatnya, mereka harus bernapas melalui mulut. Itu sebabnya, udara mengeringkan air liur dan memicu bau mulut.

10. Obat


Sumber: tipssehatonline.com

Beberapa obat dapat mengeringkan mulut. Obat anti-depresan dan penghilang rasa sakit dapat mengeringkan mulut. Dengan tidak adanya air liur, bau mulut akan meningkat.

Nah sekarang setelah kita tau penyebab bau mulut yang kita alami, kita bisa memutuskan bagaimana cara menghilangkannya. Untuk beberapa penyebab yang serius seperti gagal ginjal, anda harus berkonsultasi dengan dokter anda untuk mengatasinya. Namun jika bau mulut yang anda hadapi ternyata bukan dari hal serius seperti penyakit, anda bisa lho mencoba beberapa tips mudah untuk mengatasi bau mulut. Seperti yang dilansir oleh health.kompas.com, berikut ini 3 cara menghilangkan bau mulut yang bisa anda coba!

3 Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut


1. Bersihkan Lidah


Sumber: juragangames.com

Ini akan membantu menghilangkan bakteri yang menciptakan senyawa VSC yang mudah menguap sehingga dapat menghilangkan bau. Anda dapat menyikat lidah dengan penyikat khusus lidah. Lakukan dari arah belakang menuju ke depan. Hindari menyikat lidah dengan sikat gigi. Ini hanya akan memindahkan bakteri ke bagian lain di dalam mulut saat anda menyikatnya.
"Sementara itu, penyikat mulut yang berbentuk lebar dapat menjangkau seluruh area lidah dan membawa bakteri keluar dari mulut ketika anda menariknya ke arah luar," ujar Denis Kinane, BDS, PhD, dari University of Pennsylvania School of Dental Medicine. 

2. Sikat Gigi Dua Kali Sehari


Sumber: m.tempo.com

Ini tentu tak asing lagi. Dengan menyikat gigi, anda akan mengeluarkan sisa-sisa makanan dan mikroorganisme yang dapat menyebabkan munculnya senyawa VSC. Selain sikat gigi, gunakan dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi anda. Setelah menggunakan dental floss, cobalah menciumnya. Jika berbau tak sedap, bisa jadi ada bakteri yang sedang berkembang di sela-sela gigi. Ini berarti anda harus rutin membersihkan sela gigi dengan dental floss.
Perlu diingat, bahwa adanya infeksi gigi dan mulut akan menjadi penyebab bau mulut. Jadi, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi untuk memeriksakan kondisi kesehatan mulut anda. 

3. Jangan Biarkan Mulut Kering


Sumber: health.liputan6.com

Tanpa air liur yang cukup untuk membersihkannya, bakteri akan mulai memakan sel-sel mati tersebut dan berkembang biak. "Inilah yang selanjutnya akan menciptakan molekul penyebab bau mulut," ujar dr Kinane.
Jika merasakan mulut kering, anda bisa menggunakan obat kumur untuk membersihkan mulut. Tak ada obat kumur? Anda cukup menggunakan air untuk berkumur. "Dengan berkumur, air akan membersihkan mulut dan menghilangkan bakteri penyebab bau," kata dr Kinane. 
Itu dia 3 cara menghilangkan bau mulut yang bisa anda coba. Oh ya, selain 3 cara tersebut, jika bau mulut itu berasal dari kebiasaan anda sehari-hari, mungkin ada baiknya anda mengubah pola hidup anda jadi lebih sehat. Seperti misalnya, jika anda selama ini peminum alkohol, anda bisa mulai menghentikannya. Atau mungkin juga karena selama ini anda kurang mengkonsumsi sayur dan buah. Mungkin kedengarannya sepele, tapi kenyataannya, kurang mengkonsumsi buah dan sayuran serta terbiasa makan makanan yang tidak sehat juga bisa menjadi penyebab bau mulut!
Terima kasih sudah membaca artikel 3 Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut. Yuk hidup lebih sehat!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :