Cara Agar Bangun Pagi Dan Manfaat Bangun Pagi Setiap Hari

Cara Agar Bangun Pagi Dan Manfaat Bangun Pagi Setiap Hari - Bangun pagi! Bagi banyak orang, hal ini kedengarannya sangat mudah, bahkan bagi beberapa orang yang memang sudah terbiasa, secara otomatis mereka akan bangun di jam yang sama setiap harinya.


Sumber: kaskus.co.id

Tapi ada juga lho sebagian orang yang menganggap bangun pagi adalah tantangan yang cukup sulit untuk ditaklukan. Bahkan meski sudah segala cara dilakukan, dari mulai memasang alarm, hingga minta dibangunkan oleh orang serumah, tetap saja pada akhirnya kita akan kembali tidur lagi dan lagi hingga bangun di waktu yang lebih siang dari yang ditentukan.

Sebenarnya, bangun siang hari tidak selalu salah. Jika itu dilakukan dihari libur, dan anda tidak memiliki planning atau janji untuk bertemu seseorang dipagi hari. Tapi, jika dihari-hari sibuk seperti weekday, dimana anda harus bekerja, pergi kuliah atau sekolah, bangun siang tentu akan menimbulkan masalah yang cukup serius. Mulai dari tidak sempat sarapan, terjebak kemacetan, dihukum guru karena terlambat masuk sekolah, atau bahkan dimarahi atasan karena telat menghadiri meeting penting.

Nah tentu anda tidak ingin hal-hal mengerikan ini terjadi pada anda bukan? Untuk itu, sangat penting untuk mulai bangun lebih pagi daripada biasanya. Lalu bagaimana caranya? Well, seperti yang dilansir oleh female.kompas.com, berikut ini 6 cara agar anda terbiasa bangun pagi!

6 Cara Agar Terbiasa Bangun Pagi


1. Tidur Lebih Awal


Sumber: wowfaktanew.blogspot.com

Tidur lebih awal. Memang ada orang yang lebih mudah tidur larut malam dan bangun sedikit siang, ketimbang tidur cepat dan bangun lebih awal. Tetapi ketika anda harus menjadi "manusia pagi", mau tak mau anda harus membiasakan untuk tidur lebih cepat. Yang perlu anda pikirkan adalah, masih ada besok untuk melakukan aktivitas. Tetapi jika anda butuh bantuan untuk cepat tidur, coba baca buku yang membosankan. Pasti anda akan cepat mengantuk. Nah, jika anda bangun lebih awal, otomatis anda akan mampu bangun lebih pagi keesokan harinya.

2. Bersantai Sebelum Tidur


Sumber: kaskus.co.id

Lupakan sajalah melanjutkan nonton Downtown Abbey, atau membuka-buka situs berita atau meng-updatestatus melalui gadget. Cahaya monitor yang berpendar akan memicu otak anda untuk berpikir bahwa hari masih sore daripada yang sebenarnya. Pastikan lampu atau cahaya di kamar anda tidak terlalu terang mendekati waktu tidur. Hindari melakukan aktivitas yang terlalu menstimulasi otak untuk tetap bekerja. Akan lebih baik jika anda menggunakan waktu untuk rileks, seperti mandi air hangat atau mendengarkan musik yang lembut. 
Cara Agar Bangun Pagi Dan Manfaat Bangun Pagi Setiap Hari
3. Bangun Sedikit Lebih Awal Setiap Pagi


Sumber: doktercantik.com

Kalau terbiasa bangun pukul 07.00, dan anda pindah ke kantor yang mengharuskan anda bekerja pukul 08.00, tentu akan sulit jika anda tiba-tiba harus membiasakan bangun pukul 05.30. Coba putar weker Anda 10 menit lebih awal setiap hari. Besoknya, 20 menit lebih awal. Demikian seterusnya sehingga tubuh anda tidak kaget lagi jika harus bangun pukul 05.30.

4. Menerapkan Jadwal Tidur Yang Sama Di Akhir Pekan


Sumber: loop.co.id

Ini perlu anda lakukan untuk menghindari kekacauan jam tubuh akibat tidur sampai siang saat hari libur. Membiasakan diri tidur pada jam yang sama setiap hari bisa membuat momentum tetap terjaga. Lagipula, dengan bangun pagi setiap hari termasuk saat weekend, anda tentu dapat melakukan lebih banyak hal bukan?

5. Konsumsi Sarapan Yang Bergizi


Sumber:  pbs.org

Penuhi energi anda pada pagi hari dengan sarapan yang kaya protein. Dengan demikian anda tidak mudah lelah dan tidak cepat lapar sepanjang hari. Sebagian orang mungkin terbiasa sarapan hanya dengan minum kopi hitam, karena awalnya terlalu terburu-buru untuk makan makanan yang benar. Namun, kopi tidak menawarkan nutrisi, apalagi untuk bertahan hingga siang hari. 

6. Lakukan Olahraga Ringan


Sumber: popular-world.com

Joging atau jalan kaki selama 15 menit cukup untuk membuat tubuh anda sedikit bertenaga. Untuk anda yang sering merasa lemas dan butuh mendongkrak energi dengan cepat, coba lakukan pose yoga Downward Facing Dog sesudah bangun tidur. Pose ini akan membantu oksigen mengalirkan darah ke otak. Hasilnya, tubuh akan jadi lebih bugar, nafas lebih dalam, dan anda dapat berfikir dengan lebih jernih! 
Bagi anda yang terbiasa bangun siang, ada baiknya anda mencoba cara-cara diatas agar anda bisa bangun lebih pagi. Bangun pagi selain sangat baik untuk kesehatan tubuh, juga memiliki banyak manfaat lainnya. Penasaran manfaat apa saja? Seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini 6 Manfaat Baik Bangun Pagi Setiap Hari! Anda yang lebih suka bangun siang, harus baca ini!

6 Manfaat Baik Bangun Pagi Setiap Hari


1. Perubahan Pola Fikir


Sumber: proxsisgroup.com

Ketika kita membiasakan tidur tepat waktu dan bangun pagi, kita memulai kedisiplinan ala jaman orang tua kita. Orang dahulu lebih tangguh dan sukses karena membiasakan diri bangun pagi untuk mengawali hari. Mereka adalah tipe orang yang akan selalu siap menghadapi tantangan. 

2. Lebih Religius


Sumber: lppimakassar.com

Pergantian petang menjadi hari yang cerah akan menjadi hal yang disyukuri oleh semua orang. Orang-orang yang menikmati momen munculnya matahari pagi biasanya akan memiliki spirit yang menyejukkan. Anda bisa berdoa dan melakukan kegiatan religius lainnya dipagi hari. 

3. Hidup Lebih Sehat


Sumber: lppimakassar.com

Orang yang begadang dan bangun siang, memiliki kecenderungan pankreas yang kurang sehat. Tubuh kita memiliki jam di mana mereka memperbaharui diri, oleh karena itu, tidur tepat waktu dan bangun pagi akan membuat kita lebih sehat dan minim stress. 

4. Tipe Pasangan Idaman


Sumber: smartmama.com

Ups, ini yang paling menyenangkan nih. Orang yang senang bangun pagi itu pada umumnya disukai karena dianggap memiliki tanggung jawab dalam menjalani hidupnya. Orang yang bangun pagi terkesan rajin sehingga sering menjadi salah satu nilai plus untuk jadi pasangan idaman. 

5. Lebih Punya Banyak Waktu


Sumber: cermati.com

Dibanding orang yang tidur larut dan bangun siang, mereka yang bangun pagi lebih punya banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang bermakna. Karena orang pada umumnya tidak selalu beraktivitas di dini hari. Biasanya orang seperti ini punya gaya hidup teratur dan bahagia.
Itu dia Cara Agar Bangun Pagi Dan Manfaat Bangun Pagi Setiap Hari. Ternyata selain dari segi kesehatan bangun pagi juga baik untuk kesehatan mental dan hidup anda. Dengan bangun lebih pagi, anda juga jadi lebih siap menghadapi banyak hal, karena tentu saja dengan bangun pagi otomatis waktu yang anda gunakan untuk bersiap menghadapi hari juga jadi jauh lebih banyak.
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Agar Bangun Pagi Dan Manfaat Baik Bangun Pagi Setiap Hari. Yuk mulai sekarang mulai kebiasaan bangun pagi, untuk hidup lebih sehat!



=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Agar Bangun Pagi Dan Manfaat Bangun Pagi Setiap Hari | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Agar Bangun Pagi Dan Manfaat Bangun Pagi Setiap Hari

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :