Cara Agar Bulu Kucing Tidak Rontok dan Penyebabnya

Cara Agar Bulu Kucing Tidak Rontok dan Penyebabnya - Kucing! Oh my got, kucing! Siapa yang tidak suka dengan hewan lucu satu ini? Rasanya semua orang pasti suka banget dengan hewan satu ini, apalagi kalau kucingnya masih kecil dan memiliki wajah super imut! Duh, pasti semua orang akan jatuh hati dengan wajah memelasnya.


Sumber: 

Well, memang sih tidak semua orang suka kucing. Beberapa orang bahkan harus menjauh dari hewan satu ini untuk kesehatannya sendiri seperti orang dengan penyakit asma atau memiliki masalah pernafasan, alergi dan perempuan hamil pun dianjurkan untuk menjauh dari kucing. Ada lagi orang-orang yang memang tidak suka kucing atau hewan karena berbagai alasan.

Sebenarnya, bukan tanpa alasan sih hewan ini seringkali jadi primadona untuk dijadikan hewan peliharaan. Wajahnya imut, tingkah lakunya yang lucu dan sifatnya yang jinak membuat kita tidak harus khawatir akan keselamatan diri saat bermain dengan hewan ini. Oh ya selain beberapa alasan diatas yang membuat kita jatuh hati pada kucing, ternyata ada satu alasan yang membuat kita menyukai kucing. Apa itu? Yup yup yup, benar sekali! Bulu kucing yang lembut adalah salah satu alasan kita suka pada kucing.

Tapi, kalian merasa sedih gak sih, jika mendapati bahwa kucing anda mulai mengalami kebotakan alias bulunya rontok. Duh! Sedih dan kasian. Yang lebih sedih adalah saat kita menyadari gejala tersebut saat masalah bulu rontok itu sudah cukup parah dan anda tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Nah, sebelum hal mengerikan itu terjadi, yuk mulai sekarang kita mulai mencegah agar bulu kucing kesayangan kita tidak rontok. Lalu bagaimana cara menceghnya? Nih, seperti yang dilansir oleh sukakucing.com, berikut ini tips merawat bulu kucing agar tidak rontok!

Tips Merawat Bulu Kucing Agar Tidak Rontok


1. Mempersiapkan Perlengkapan Gromming


Sumber: tokopedia.com

Sisir, gunting dan sikat adalah alat-alat yang wajib dimiliki oleh mereka yang memelihara kucing berbulu lebat seperti persia atau anggora. Fungsinya adalah untuk menjaga agar bulu kucing tidak kusut. Anda bisa menyisir bulu kucing anda, untuk membantu agar bulu kucing tidak rontok. Lalu saat menemukan bulu kucing yang rontok, anda bisa menggunakan gunting untuk menghilangkannya.

2. Proses Gromming


Sumber: argospetinsurance.co.uk

Setelah persiapan peralatan gromming, saatnya kita melakukan perawatan pada bulu kucing kita. Dimulai dari menyisir serta menyikat dengan perlahan pada bagian kepala, leher,  tubuh hingga ekor. Prakteknya seperti, tepuk serta belai dengan lembut bulu kucing serta menyisir dan menyikatnya.

Setelah itu, sisirlah dulu bulu area perut dan kaki hingga bulu-bulu tidak ada yang kusut. Lanjut pada bagian kepala atas, bawah kepala, punggung hingga pangkal ekor. Bila diperlukan, gunakan bedak dalam jangka waktu seminggu sekali. Hal ini bertujuan untuk mengangkat lemak dan kotoran pada bulu kucing. Perawatan rutin seperti ini dapat meminimalisir terjadinya hairball atau kucing muntah karena bulu yang ikut termakan akibat kucing menjilat bulunya sendiri.

3. Memberi Vitamin Minyak Ikan

Sumber: herman-salim.blogspot.com

Anda bisa mendapatkan vitamin minyak ikan ini dari petshop terdekat. Vitamin ini memiliki manfaat merawat bulu kucing agar tetap sehat dan berkilau. Cara penggunaannya pun tidak begitu sulit, anda bisa mencampurkan vitamin pada makanannya. Cara ini cukup ampuh, agar kucing mau memakn vitaminnya.



Nah itu dia beberapa cara untuk mencegah rontok pada bulu kucing. Dan jangan lupa untuk memberikan nutrisi yang cukup untuk kucing anda. Tapi, jangan lupa juga untuk selalu mengecek kondisi kesehatan kucing anda. Bila anda mendapati bulu kucing anda tidak bercahaya, rapuh dan rontok, mudah patah dan tidak lebat anda harus mencoba berkonsultasi pada dokter hewan dikota anda, karena siapa tahu itu adalah gejala untuk penyakit tertentu. Atau alternatifnya, anda bisa mencoba memberikan vitamin untuk bulu kucing. Seperti yang dilansir oleh sukakucing.com ini, salah satu vitamin terbaik untuk bulu kucing adalah vitamin dengan merk Vibrac Megaderm. Lalu apa saja sih manfaat dan kandungan dari vitamin ini? Ini dia penjelasannya!


Manfaat dan Kandungan Vitamin Kucing Vibrac Megaderm


Bagi anda yang sudah lama memelihara kucing dan mengalami berbagai masalah dengan peliharaan anda, anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan vitamin Vibrac Megaderm. Karena vitamin ini adalah salah satu vitamin terbaik untuk mengatasi masalah bulu kucing yang rontok. Tapi untuk anda yang masih pemula dalam memelihara kucing dan mengalami masalah pada bulu rontok, anda bisa mencoba vitamin Vibrac Megaderm ini. 
Cara Agar Bulu Kucing Tidak Rontok dan Penyebabnya
Sumber: zoomagazine.eu

Vibrac Megaderm ini memiliki kandungan optimal dari omega 6 dan 3 dengan rasio 05:01 yang dilengkapi dengan kombinasi asam lemak, vitamin A, B, dan E dan zinc sehingga mampu memberikan manfaat terbaik terhadap kulit, bulu dan organ dalam kucing anda. Selain itu Vibrac Megaderm juga dapat merangsang pertumbuhan bulu, memperkuat bulu akar, menjaga kelembapan kulit, dan menjadikan bulu tidak mudah rontok. Warna bulu kucing juga akan lebih bercahaya dan sehat.

Ditambah lagi, dengan komposisi yang komlit, vitamin ini juga mampu menjaga kekebalan tubuh kucing, dan mengurangi peradangan kulit. Untuk masalah rasa, anda juga tidak perlu khawatir karena vitamin ini memiliki rasa yang akan disukai kucing dan bentuknya pun minyak, sehingga akan mudah diserap tubuh.

Aturan pakai:
Dosis 0,3-1 ml untuk perkilo berat badan atau idealnya 0,5 ml per kilogram berat badan atau sesuai dengan saran dokter hewan. Pemberian dapat menggunakan spet langsung ke mulut kucing dengan aturan pakai sebagai berikut:

Kucing 0-10 kg: 1 x 4 ml sachet sekali sehari.
Kucing 10 sampai 20 kg: 1 x 8 ml sachet sekali sehari.

Lebih dari 20 kg: 2 x 8 ml sachet sekali sehari

Untuk harga, vitamin Vibrac Megaderm ini dapat dibeli dengan harga Rp. 295.000/Pack. Setiap pack berisi 28 sachets. 
Itu dia Cara Agar Bulu Kucing Tidak Rontok dan Penyebabnya. Anda bisa mencoba memakai vitamin ini jika anda mendapati tanda-tanda bulu kucing anda rontok atau rapuh, sehingga anda bisa mencegah terjadinya kerontokan yang parah. Jangan lupa juga, untuk memberikan makanan yang kaya akan gizi agar kucing anda selalu sehat!
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Agar Bulu Kucing Tidak Rontok dan Penyebabnya. Semoga bermanfaat!



=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Agar Bulu Kucing Tidak Rontok dan Penyebabnya | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Agar Bulu Kucing Tidak Rontok dan Penyebabnya

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :