Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Putih

Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Putih - Anda pasti sepakat bahwa tidak ada hal yang lebih menyebalkan dari baju yang tadinya berwarna putih kini berubah menguning! Yup, warna putih adalah salah satu warna yang jadi favorit banyak orang.  


Sumber: sidomi.com

Selain itu, warna putih juga adalah salah satu warna netral yang cocok dipadupadankan dengan warna apa saja. Bahkan tanpa sentuhan warna apa pun, warna putih tetap terlihat bagus. Mungkin itu sebabnya warna putih menjadi salah satu warna yang paling banyak digunakan pada pakaian dan dijadikan favorit oleh semua orang.

Saat menggunakan baju warna putih, kita dapat dengan mudah memilih padanan yang cocok, selain itu kita bahkan tidak memerlukan warna lain untuk membuat penampilan kita menarik, karena hanya dengan menggunakan satu warna yaitu putih, penampilan kita akan tetap terlihat menarik dan enak dipandang.

Sayangnya, dibalik keistimewaan tersebut, warna putih juga termasuk warna yang rentan. Dibandingkan dengan warna hitam atau bahkan dengan warna cerah lainnya, warna putih adalah salah satu warna yang sangat mudah terkena noda. Yang lebih menyebalkan lagi adalah, berbeda dengan warna hitam yang juga warna netral, noda di baju warna putih akan sangat terlihat jelas. Ditambah lagi, jika kita tidak bisa membersihkannya dengan benar, bukan hanya noda yang tidak akan hilang tapi juga warna putih yang akan rusak dan berubah jadi menguning.T

Oh nooo! Tentu anda tidak ingin hal menyebalkan ini terjadi pada baju putih favorit anda bukan? Jika iya, hal pertama untuk menghindari masalah ini adalah dengan mengenali penyebab baju putih menjadi kuning. Dan seperti yang dilansir oleh rinso.co.id, berikut ini penyebab pakaian putih berubah menjadi kuning!

Penyebab Pakaian Putih Menjadi Kuning


1. Terlalu Banyak Menggunakan Pemutih


Sumber: cleanipedia.com

Pemutih pakaian memang efektif memutihkan baju. Akan tetapi, penggunaan pemutih secara berkala dapat menyebabkan pakaian putih menjadi kusam dan menguning. Pemutih merupakan disinfektan yang keras. Kandungan bahan kimia dalam pemutih bisa membuat baju putih jadi menguning. 

2. Penggunaan Deterjen Yang Terlalu Banyak


Sumber: rinso.co.id

Penggunaan air sadah  pada saat mencuci baju akan membuat Ibu menggunakan terlalu banyak deterjen sehingga dapat membuat baju putih menguning. Pasalnya, air sadah merupakan air yang mengandung ion Ca2+ dan Mg2+ yang terbentuk dari karbonat atau sulfat. Air sadah mengakibatkan Ibu tak dapat menghasilkan busa deterjen yang banyak saat mencuci. Deterjen yang berlebih dapat mengendap dan meninggalkan residu di serat pakaian, sehingga dapat merusak warna pakaian, dan membuat pakaian putih berubah menguning. 

3. Tidak Membilas Dengan Bersih


Sumber: ummi-online.com

Terburu-buru saat mencuci baju juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab baju putih berubah menguning. Residu deterjen yang tertinggal akan membentuk lapisan tipis pada pakaian. Lapisan ini akan berubah menguning seiring bertambahnya waktu. 

4. Tempat Menyimpan Pakaian Tidak Tepat


Sumber: properti.kompas.com

Menyimpan pakaian putih pada kotak plastik, kardus, wadah kayu, dan kantung plastik bisa membuat pakaian tersebut menjadi kuning. Kandungan asam dari bahan tempat penyimpanan tersebut rentan memuai dan meresap ke dalam pakaian. Akibatnya, pakaian putih akan berubah menguning. 

Bisa dibilang, salah satu penyebab utama baju putih berubah warna adalah anda melakukan kesalahan dalam mencuci baju seperti terlalu banyak menggunakan pemutih atau terlalu banyak menuang detrjen. Untuk baju dengan warna lain, menuangkan banyak sabun cuci memang tidak menjadi masalah, namun untuk baju warna putih anda harus ekstra hati-hati dalam mencucinya. Seperti yang dilansir oleh rinso.co.id, berikut ini cara mencuci baju putih yang benar!

Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Putih


1. Pisahkan Baju Putih Dari Warna Lain Saat Mencuci


Sumber: fitinline.com

Pisahkan baju putih dari pakaian berwarna. Pakaian yang sudah lama anda miliki pun tetap dapat melunturkan warnanya atau membuat kain putih menjadi keabuan-abuan dan kusam. Selain itu, pisahkan pakaian yang sangat kotor dari pakaian yang tidak terlalu kotor. 

2. Cuci Baju Putih Setiap Kali Habis Dipakai


Sumber: kawaiibeautyjapan.com
Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Putih Idealnya, anda perlu mencuci baju putih setiap kali dipakai untuk mencegah keringat atau noda lemak lainnya menempel pada baju dan membuatnya menguning. Bisa juga dengan menambahkan setengah cangkir bubuk soda kue ke dalam laci deterjen untuk mencegah noda-noda bermunculan. 

3. Pastikan Kondisi Mesin Cuci Selalu Bersih


Sumber: indonesian.alibaba.com

Pastikan juga mesin cuci selalu dalam kondisi bersih. Bersihkan tabungnya secara teratur dan biarkan pintu mesin cuci terbuka ketika sedang tidak digunakan untuk mencegah munculnya bau-bau tertentu. Ganti filternya dan bersihkan kerak-kerak yang ada. Jika diperlukan, lakukan satu siklus pencucian tanpa muatan. 

4. Hindari Pemakaian Pemutih Yang Berlebihan


Sumber: tabloid-nakita.com

Pemutih klorin memang dapat membantu mencerahkan baju putih, tetapi penggunaannya yang terlalu banyak justru akan memengaruhi intensitas warna putih pada baju tersebut. Tidak disarankan menggunakan terlalu banyak pemutih ketika si kecil berada di sekitar Ibu karena zat-zat kimia yang keras dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Sebaiknya, cobalah memasukkan setengah cangkir perasan jeruk lemon ke dalam mesin cuci untuk benar-benar membuat pakaian tersebut menjadi benar-benar cerah. 

5. Biarkan Mengering Di Bawah Sinar Matahari


Sumber: evogood.com

Langsung keluarkan cucian dari mesin cuci setelah proses pencucian selesai dan biarkan mengering di bawah sinar matahari. Sinar ultraviolet akan secara alami mencerahkan pakaian putih dan juga memberikan aroma yang segar. 

6. Jika Terdapat Noda, Usahakan Cuci Saat Itu Juga


Sumber: cleanipedia.com

Usahakan menangani noda saat itu juga karena noda lama dapat mengering dan menjadi permanen pada pakaian putih. Walau terdengar aneh, pada umumnya pencucian dengan air dingin menggunakan mesin cuci lebih efektif untuk mengangkat noda dari baju putih karena air panas justru dapat membuatnya lebih meresap ke serat kain. Pastikan Ibu menggunakan deterjen yang sesuai dengan bahan dan jumlah noda pada baju. Deterjen berenzim seperti Rinso Matic sangat efektif dalam melunturkan noda. 

7. Untuk Noda Yang Sulit Hilang, Gunakan Campuran Pemutih Oksigen


Sumber: id.wikihow.com

Untuk noda-noda yang lebih berat, gunakan campuran pemutih oksigen atau sedikit deterjen langsung pada bagian yang bernoda, lalu kucek dan biarkan selama 10–30 menit. Gunakan produk penghilang noda sesuai dengan jenisnya. Banyak produk tersedia khusus menghilangkan noda minyak, darah, makanan, atau minuman, jadi sebaiknya cek terlebih dulu perawatan yang terbaik dan sesuai. Membiarkan baju yang terkena noda mengering juga dapat membuat noda-noda semakin sulit dihilangkan. Kalau baju Ibu belum bersih setelah pencucian pertama, ulangi prosesnya saat baju masih basah. 

8. Jangan Lupa Cek Label


Sumber: belajartekstil.wordpress.com

Tentu saja jangan lupa mengecek label pada pakaian untuk mengetahui instruksi khusus. Tidak ada yang lebih membuat kesal daripada membeli baju putih baru yang cerah untuk seragam sekolah dan mendapatinya dalam keadaan kusam beberapa minggu kemudian. 
Itu dia Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Putih. Warna putih memang rentan sekali rusak atau kotor, namun jika kita bisa menanganinya dengan baik, bukan tidak mungkin baju anda akan awet hingga beberapa tahun ke depan.
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Putih. Selamat mencoba!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Putih | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Putih

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :