Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Harus Root

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Dengan Mudah - Smartphone android memang menjadi salah satu benda yang paling populer saat ini. Bahkan kami berani bertaruh, akan sulit menemukan orang yang bertahan untuk tidak menyentuh smartphonenya selama satu hari penuh.


Sumber: caraiki.com

Smartphone atau telepon pintar memang sudah berubah fungsi dari alat komunikasi menjadi salah satu kebutuhan penting. Hal ini bukan tanpa alasan, jika dulu handphone hanya bisa digunakan untuk telepon dan mengirim pesan, saat ini selain memiliki sarana biasa untuk telpon dan sms, ada banyak aplikasi lain yang memiliki banyak fungsi yang menarik. Aplikasi-aplikasi android tersebut dapat di download dengan mudah di Google Play atau Play Store. 

Sayangnya, tidak semua aplikasi dapat dipasang di android dengan mudah. Pertama, meski pun banyak aplikasi android yang gratis, ada beberapa aplikasi android lainnya yang berbayar. Bagi beberapa orang yang memang memiliki uang lebih, dan sangat tertarik dengan aplikasi berbayar tersebut, tentu tidak akan keberatan jika harus membayar lebih demi mendapatkan aplikasi yang diinginkannya.

Alasan kedua, tidak semua aplikasi dapat anda download dan pasang di android anda. Beberapa aplikasi memiliki ukuran yang besar dan smartphone anda tentu tidak akan mampu menampung semua aplikasi tersebut karena bagaiamana pun setiap smartphone tentu memiliki batasan RAM.

Sementara itu, setiap android pasti memiliki aplikasi bawaannya masing-masing. Yaitu, aplikasi yang sudah terinstal di android anda saat anda membelinya. Sayangnya, aplikasi ini sama sekali tidak berguna, dan yang semakin menyebalkan, aplikasi-aplikasi tersebut kebanyakan memakan memori RAM yang cukup besar, yang seharusnya bisa anda gunakan untuk aplikasi favorit anda. 

Untuk mengatasi hal ini, banyak orang yang ingin sekali menghapus aplikasi bawaan yang terdapat pada smartphonenya, namun akhirnya malah kebingungan karena anda tidak bisa menghapusnya sama seperti ketika anda mendownload aplikasi baru dari Play Store.

Sebenarnya, ada dua opsi untuk menghilangkan aplikasi bawaan android. Yang pertama anda bisa hanya 'menyembunyikan' aplikasi tersebut dengan cara menonaktifkannya. Cara yang kedua, untuk menghapus aplikasi bawaan android hingga benar-benar hilang, anda bisa melakukannya dengan bantuan beberapa aplikasi dan melakukan perintah root pada handphone anda. Dan untuk lebih jelasnya, berikut ini cara menghapus aplikasi bawaan android dengan mudah yang bisa anda coba!

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Dengan Mudah

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

Cara pertama yang bisa anda coba adalah dengan menonaktifkan aplikasi bawaan tersebut. Sebenarnya hal ini tidak benar-benar akan menghapus aplikasi tersebut, hanya menyembunyikannya saja. Untuk mencoba cara ini, berikut ini langkah-langkahnya:

1.  Buka menu yang ada di android, cari pengaturan atau setting.


2. Pilih setting atau pengaturan, cari aplikasi yang terdapat pada pengaturan atau setting.


3. Dalam aplikasi, anda akan menemukan beberapa opsi seperti 'Kelola Aplikasi', 'Layanan Yang Sedang Berjalan', 'Penggunaan Penyimpanan', 'Penggunaan Penyimpanan', 'Lokasi Penyimpanan Yang Disukai'. Untuk menonaktifkan aplikasi bawaan, pilih opsi 'Kelola Aplikasi'.


4. Pada pilihan Kelola Aplikasi, anda akan menemukan beberapa tab. Pilih 'Semua' dan disana anda akan menemukan banyak aplikasi yang tersedia, baik itu aplikasi bawaan android atau aplikasi yang anda download. Pilih aplikasi bawaan yang ingin anda nonaktifkan. Dalam gambar dibawah, aplikasi bawaan yang akan kami hapus adalah aplikasi 'Gudang Musik'.


5. Pilih aplikasi bawaan yang ingin dinonaktifkan, dan anda akan menemukan dua tombol. Yang satu tombol 'Paksa Berhenti', dan satu lagi 'Nonaktifkan'. Pilih tombol 'Nonaktifkan'.


6. Saat anda memilih tombol 'Nonaktif', anda akan menerima peringatan sebelum menonaktifkan aplikasi. Pilih 'Ok'.


7. Setelah memilih 'Ok', maka tombol 'Nonaktif' akan berubah menjadi 'Aktif'. Dan setelah itu aplikasi bawaan tersebut sudah tidak aktif.



Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Dengan Root

Bagi anda yang memiliki smartphone yang sudah di root, untuk menghapus aplikasi bawaan android sangatlah mudah. Ada banyak aplikasi yang bisa membantu anda menghapus aplikasi bawaan tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi System App Remover. Mengapa kami menyarankan anda menggunakan aplikasi System App Remover ini? Karena, aplikasi satu ini sangat mudah digunakan, bahkan jika anda adalah orang awam yang tidak terlalu mengerti. Kedua, ukuran file System App Remover ini sangat kecil yaitu hanya sebesar 1,41 MB, jadi tidak akan memakan banyak memori. Dan berikut ini langkah-langkah cara menghapus aplikasi bawaan android dengan root!

1.  Download aplikasi System App Remover yang ada di Google Play.


2. Setelah berhasil di download dan dipasang, anda akan menemukan aplikasi ini dengan nama Cabut Pemasangan atau System App Remover. Klik aplikasi System App Remover.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Harus Root
3. Saat pertama kali dijalankan, sebaiknya anda menunggu sebentar karena aplikasi ini secara otomatis akan menghitung jumlah aplikasi yang ada di smartphone anda. Tunggu beberapa saat hingga penghitungan selesai.


4. Setelah System App Remover selesai menghitung aplikasi yang ada di smartphone anda, anda bisa memilih aplikasi yang ingin anda hapus dengan cara meng-klik aplikasinya. Setelah anda memilih aplikasi yang ingin anda hapus, klik tombol merah 'Cabut Pemasangan'.


5. Setelah meng-klik tombol 'Cabut Pemasangan', anda akan mendapatkan peringatan mengenai akibat yang mungkin akan muncul jika menghapus aplikasi tersebut. Pilih 'Ok' untuk melanjutkan.


6. Tahap selanjutnya, anda harus menunggu beberapa menit agar aplikasi bawaan yang anda pilih terhapus sempurna. 


7. Setelah proses penghapusan selesai, maka aplikasi bawaan yang anda miliki di handphone android anda sudah berhasil dihapus.


Simpel dan tidak ribet kan Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Harus Rooth diatas? Apalagi jika android anda sudah di root, anda tinggal mendownload aplikasi bantuan untuk menghapus aplikasi bawaan di handphone anda, dan dalam beberapa detik RAM di smartphone anda akan bertambah dan anda bisa menjadi lebih leluasa dalam mendownload aplikasi yang anda sukai.
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Harus Root. Selamat mencoba!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Harus Root | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Harus Root

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :