6 Cara Mengatasi Bau Badan

6 Cara Mengatasi Bau Badan - Pernahkah anda berteman dengan seseorang, dan menghabiskan waktu bersamanya. Awalnya semua terasa menyenangkan, sampai hari menjelang siang dan dia mulai berkeringat. 



Lalu samar-samar anda mulai mencium bau yang tidak enak. Awalnya anda berfikir bahwa itu adalah bau yang sekedar lewat karena terbawa udara disekitar anda. Namun selang satu jam kemudian, kenapa baunya tidak hilang ya? Bukan malah hilang, yang ada baunya semakin menyengat dan membuat anda mengap-mengap karena sulit bernafas dan disisi lain tidak ingin mencium bau yang tidak enak dan membuat anda ingin muntah.

Setelah ditelusuri, ups, ternyata teman di sebelah andalah yang selama ini menjadi penyebab hidung anda menderita karena dia menderita bau badan. Sayangnya, sepertinya dia tidak menyadari masalahnya, padahal anda disampingnya sudah kehabisan nafas. 

Kebanyakan orang sering sekali mengalami hal ini. Entah menderita karena teman atau rekannya memiliki masalah bau badan dan lebih sialnya lagi mereka tidak menyadarinya dan anda, tentu saja merasa sungkan untuk memberitahunya dan takut teman anda tersinggung dan malu. Atau yang lebih parah, andalah yang memiliki masalah bau badan dan anda tidak mengetahuinya sampai seseorang menegur anda.

Well, bau badan memang jarang disadari oleh si penderita. Namun sebenarnya, hal ini adalah masalah yang cukup mengganggu, terlebih jika bau badan yang diderita sudah sangat kronis sehingga orang-orang menjauh karena tidak tahan dengan bau yang muncul. Sayangnya meski bau badan sebenarnya masalah serius, banyak orang yang mengabaikan masalah bau badan ini dan menganggap bau yang muncul akan hilang dengan sendirinya. Padahal, pada kenyataannya bau badan tidak akan hilang begitu saja. Dan jika tidak ditangani dengan baik, maka aroma yang keluar akan semakin menyengat.

Penyebab bau badan sendiri bermacam-macam. Bisa jadi karena pada dasarnya si penderita adalah orang yang jorok dan jarang membersihkan diri. Atau karena suatu makanan yang dikonsumsi secara berlebihan dan pola hidup yang tidak sehat. Selain tiga penyebab diatas, sebenarnya masih ada beberapa penyebab bau badan yang jarang diketahui oleh orang. Dan seperti yang dilansir oleh helath.liputan6.com, berikut ini 6 penyebab bau badan yang tidak terduga!

6 Penyebab Bau Badan Yang Tidak Terduga


1. Stress


Sumber: fathinwa.blogspot.com

Percaya atau tidak, ada berbagai jenis keringat, dan senyawa kimia yang berbicara. Dan keringat yang bau biasanya karena stres.


Ini karena keringat dihasilkan kelenjar keringat yang disebut kelenjar apokrin. Kelenjar apokrin ini menghasilkan keringat yang kurang berair, dan bakteri dari lemak dan protein yang bercampur. Menurut Mayo Clinic, inilah yang membuat bau. Sementara menurut YouBeauty, keringat dari latihan atau terlalu panas di luar sebagian besar terdiri dari air dan elektrolit.

2. Kaki Yang Juga Berbau


Sumber: sidomi.com

Sama saja yang terjadi dengan bakteri pada keringat di kaki anda. Karena kaki anda tersimpan di tempat gelap, hangat, dan lembab, bisa memelihara bakteri, terutama jika anda memakai kaus kaki.


Sekitar 10 sampai 15 persen orang memiliki keringat berlebih dikakinya karena genetik. Kelembaban di kaki yang menjadikan bakteri jenis tertentu seperti Micrococcus sedentarius, yang menimbulkan bau belerang.

3. Menyukai Brokoli


Sumber: com-cart.win

Anda mungkin sering mendengar makan bawang puting dan bawah merah menyebabkan bau lebih dari sekadar bau mulut. Menurut WebMD, memang makanan berbau akan memecah senyawa bau yang bereda di dalam aliran darah dan keluar melalui napas, keringat, dan urine.

Tapi, bawang puting dan bawang merah bukan satu-satunya biang keladi. Bahkan, brokoli, kubis Brussel, dan sayuran lain yang termasuk keluarga cruciferous mengandung senyawa bau seperti sulfur dan menyebabkan bau yang berlebihan.

4. Memiliki Gangguan Genetika Langka Yang Disebut Trimethylaminuria


Sumber: nbcwashington.com

Mutasi pada gen tertentu menciptakan kondisi yang disebut trimethylaminuria, yang menyebabkan tubub tak bisa memecah senyawa kimia yang disebut trimetilamina.

Trimetilamina merupakan hal yang membuat ikan berbau, dan ketika itu menumpuk di dalam tubuh akan dilepas dalam napas, urine, dan keringat, sehingga membuat seseorang dengan trimethylaminuria berbau amis.



Menurut NIH, bau yang sangat mengganggu kehidupan sehari-hari sering menyebabkan depresi dan isolasi sosial.

5. Minum Alkohol


Sumber: spirit.web.id

Anda akan berkeringat ketika mengonsumsi minumal alkohol. Alkohol akan melalui darah anda dan seluruh tubuh, beberapa keluar melalui pori-pori, dan melalui napas. Tak peduli jenis alkohol yang anda minum, sekali tubuh memecahnya aromanya bisa sama.

6. Penderita Diabetes


Sumber: manfaatnyasehat.blogspot.com

Bila diabetes tak diobati, mungkin anda akan mengalami yang disebut ketoasidosis diabetikum. 

Tanpa cukup insulin, tubuh mulai memecah lemak untuk bahan bakar, yang menyebabkan terbentuknya keton dalam tubuh. Menurut MayoClinic, penumpukan tersebut bisa menghasilkan bau badan dan mungkin tanda anda perlu ke dokter.

Itu dia beberapa  penyebab dari bau badan yang sebenarnya jarang kita sadari. Banyak orang berfikir bau badan itu sulit diatasi, padahal sebenarnya jika kita mau, kita bisa lho menyelamatkan hidung orang-orang dan resiko dijauhi dengan sedikit merubah kebiasaan kita. Misalkan, jika selama ini anda suka minum-minuman beralkohol, ada baiknya anda mulai berhenti. Karena selain merusak orga tubuh dan tidak sehat, alkohol juga membuat tubuh anda bau.

Selain mengubah kebiasaan buruk yang mengundang bau badan, seperti yang dilansir oleh bintang.com, berikut ini 6 Cara Menghilangkan Bau Badan yang bisa -atau wajib anda coba!

6 Cara Mengatasi Bau Badan


1. Pastikan Badan Kamu Selalu Bersih


Sumber: famili.fimela.com

Jangan pernah lupa untuk memastikan badan anda sudah bersih. Mandi setidaknya sekali sehari dapat mengurangi jumlah bakteri yang ada pada kulit. Keringat sendiri sebenarnya tidak bau, tapi ketika bakteri mikroskopis yang hidup secara alami pada kulit bercampur dengan keringat dan berkembang biak dengan cepat, itulah yang menyebabkan bau. Jadi, membersihkan badan secara menyeluruh, terutama di daerah rawan berkeringat dapat membantu mengurangi bau badan. 

2. Gunakan Sabun Anti Bakteri


Sumber: merdeka.com

Gunakan sabun antibakteri. Pilihlah sabun mandi antibakteri. Mandi dengan sabun batangan yang mengandung antibakteri akan mengurangi jumlah bakteri, yang pada akhirnya akan mengurangi bau badan. Carilah kata-kata ‘antibakteri’ pada kemasan sabun. 

3. Gunakan Handuk Dengan Benar


Sumber: cirebontrust.com

Gunakan handuk dengan benar. Setelah anda mandi, pastikan anda mengeringkan badan yang basah dengan handuk yang bersih. Jika kulit anda kering, maka akan lebih sulit untuk bakteri yang menyebabkan bau badan tersebut berkembang biak di atasnya. 

4. Oleskan Deodoran


Sumber: alodokter.com
6 Cara Mengatasi Bau Badan
Manfaatkan apa yang sudah diciptakan oleh manusia, yakni deodoran atau Antiperspirant. Setelah anda mandi, ada baiknya menggunakan deodorant atau antisepirat yang pas untuk ketiak anda. Deodoran memang tidak akan mencegah anda berkeringat, tapi deodoran bisa menutupi bau dari bakteri yang ada pada kulit. Antiperspirant mengandung aluminium klorida, bahan kimia yang dapat membantu mengurangi keringat, dan sering juga mengandung deodorant. 

5. Gunakan Pakaian Bersih


Sumber: pewangilaundry.com

Gunakan pakaian yang masih bersih. Anda yang sering berkeringat harus rajin mengganti pakaian. Pakaian yang masih bersih dapat membantu mengurangi bau badan. Jangan lupa juga untuk mengganti kaus kaki, terutama jika anda cenderung memiliki bau kaki. 

6. Hindari Makanan Penyebab Bau Badan


Sumber: rinddiany.blogspot.com

Kalau ingin tubuh anda selalu wangi, maka hindarilah makanan yang bisa mempengaruhi bau badan anda. Makanan yang cenderung membuat anda berkeringat lebih banyak, seperti paprika atau makanan pedas lainnya bisa jadi berkontribusi terhadap bau badan. Dan aroma seperti bawang juga dapat membuat tubuh jadi lebih bau. Minuman yang mengandung kafein atau alkohol juga dapat menyebabkan anda berkeringat. 
Nah 6 Cara Menghilangkan Bau Badan yang sudah dibahas dapat anda coba untuk mengatasi bau badan anda. Untuk menghilangkan bau badan, sangat penting untuk selalu menjaga tubuh selalu dalam keadaan bersih. Dan jika anda sudah berhasil mengatasi bau badan anda, jangan lupa untuk selalu mempertahankan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan bergizi, dan olahraga teratur. Oh satu lagi, ada baiknya untuk selalu membawa parfum kemana pun anda pergi. Meski badan sudah tidak bau lagi, tidak ada salahnya kan untuk menjaga agar badan tetap wangi?
Terima kasih sudah membaca artikel 6 Cara Mengatasi Bau Badan. Semoga bermanfaat!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

6 Cara Mengatasi Bau Badan | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di 6 Cara Mengatasi Bau Badan

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :