Cara Mencuci Kuas Make Up Yang Baik dan Benar

Cara Mencuci Kuas Make Up Yang Baik dan Benar - Hayo siapa disini perempuan yang suka make up? Pasti semuanya mengangkat tangan! Ya, semua perempuan pasti suka make up, bahkan sejak kecil para perempuan sudah mengenal berbagai produk dan alat make up karena sering memperhatikan ibunya bermake-up di depan cermin.


Sumber: womendailymagazine.com

Setelah beranjak dewasa, kita kembali bertemu dengan make up dan bak bertemu dengan sahabat lama, dapat dipastikan hampir semua perempuan akan langsung akrab dengan yang namanya produk make up seperti eyeshadow, lipstick, blush on, bedak, dan produk make up lainnya. Bahkan, jika saat masih kecil kita hanya tau fungsinya, sekarang saat sudah dewasa kita bisa menggunakannya dengan baik dan benar tanpa membuat wajah jadi mirip ondel-ondel.

Well, kebanyakan perempuan memang mengenal make up sejak kecil dan mulai menggunakan make up saat duduk di bangku SMA. Bedak adalah salah satu produk yang pertama kali digunakan, dan setelah bekerja biasanya para perempuan mulai menggunakan foundation, lipstik, eyeshadow, mascara dan peralatan lainnya untuk menyempurnakan penampilan mereka. Biasanya para pengguna make up pemula menggunakan beberapa produk seperti foundation dengan bantuan jari-jari agar hasilnya merata. Padahal, cara ini tidak dianjurkan lho! Ini karena jari dan tangan kita tidak selalu dalam keadaan steril dan bersih. Mungkin saja ada bakteri yang menempel di tangan dan akhirnya hingga di muka saat kita meratakan foundation atau memakai eyeshadow. Akibatnya, bakteri yang tumbuh di kulit akan menimbulkan berbagai masalah seperti jerawat, kulit kemerahan, dan komedo.

Untuk menghindarinya, cuci tangan dengan sabun tidak cukup. Ada baiknya daripada menggunakan tangan, anda bisa mulai menggunakan kuas make up. Kuas make up adalah alat yang dapat membantu anda mengaplikasikan make up dengan lebih merata dan lebih baik. Bagi yang sudah professional dalam urusan make up, biasanya mereka memiliki lebih banyak kuas make up yang disesuaikan dengan banyaknya produk make up yang digunakan. Tapi, untuk anda yang masih pemula, anda tidak perlu memborong semua jenis kuas make up yang ada di toko kosmetik. Cukup miliki beberapa jenis kuas yang memang memiliki fungsi yang penting. Lalu kuas make up mana sajakah yang harus anda miliki? Seperti yang dilansir oleh sociolla.com, berikut ini 5 kuas make up pilihan untuk pemula!

5 Kuas Make Up Pilihan Untuk Pemula


1. Foundation Brush


Sumber: getthegloss.com

Terbiasa mengaplikasikan foundation dengan jari tangan? Tak ada yang melarang. Tapi, coba deh, gunakan foundation brush dengan helai sintetik yang dapat bekerja dengan baik untuk meratakanliquid foundation di atas permukaan kulit! Tipe kuas makeup seperti ini bisa mempersingkat waktu anda dan hasil akhirnya pun lebih flawless jika dibandingkan dengan jari tangan!

2. Powder Brush


Sumber: makeupbychelsea.net

Salah satu kunci agar riasan terlihat natural adalah menggunakan powder brush sebagai langkah akhir untuk menyempurnakan complexion wajah dengan bedak.  Kenapa perlu pakai powder brushsementara banyak bedak yang sudah menyediakan puff di dalam kemasannya? Powder brush yang memiliki helai sintetik halus mampu mengambil dan mendistribusi bedak tabur maupun bedak padat sekalipun untuk memberi hasil akhir yang lebih merata tanpa membuat wajah terlihat “tebal”.

3. Blush Brush


Sumber: journalist.sg

Nah, untuk memberi warna di pipi, penting untuk punya kuas yang dapat mendistribusi dan membaurkan warna dengan baik. Anda bisa memilih kuas yang bentuknya miring dan agak meruncing untuk memudahkan anda meletakkan warna pada bagian pipi yang diinginkan. Angled brush seperti ini juga bisa digunakan untuk mengaplikasikan contour powder yang mempertegas tulang pipi. Satu kuas punya lebih dari satu fungsi, siapa yang tidak mau?

4. Eyeshadow Brush


Sumber: broshtrick.com

Untuk rias mata, setidaknya anda perlu memiliki satu shading brush yang berfungsi untuk mengaplikasikan eyeshadow dengan baik di seluruh kelopak mata. Bentuk kuas mata yang satu ini memberi anda presisi lebih sehingga mudah untuk mengatur intensitas dan peletakkan warna di kelopak mata.

5. Blending Brush


Sumber: hyacinthgirl.com

Satu lagi yang penting untuk mendapatkan riasan mata yang cantik: blending brush!  Kuas yang satu ini sudah jadi barang wajib untuk anda yang ingin bermain dengan eyeshadow. Because it’s all about blending, Ladies. Kalau anda punya kuas yang dapat membaurkan warna eyeshadow dengan baik, pasti rias mata akan terlihat lebih cantik!
Namun meski menggunakan kuas make up, bukan berarti anda tidak akan terhindar dengan masalah kulit seperti jerawat. Tapi tenang, hal ini hanya terjadi jika anda tidak rajin membersihkan kuas make up anda! 

Lho, memangnya kuas make up harus dibersihkan ya?

Yup darling, kuas make up harus banget dibersihkan. Bahkan untuk beberapa kuas make up seperti foundation brush, concealer brush, eyeliner brush atau blending brush harus dibersihkan dan dicuci setiap hari. Ini karena, foundation apalagi yang liquid biasanya memiliki tekstur yang lebih cair. Dan seperti yang kita tau, bakteri akan berkembang dengan cepat dalam keadaan basah. Ditambah lagi sisa foundation yang menempel dikuas akan mempercepat munculnya bakteri yang berbahaya bagi kulit wajah kita.

Untuk beberapa kuas lainnya, anda bisa mencucinya seminggu sekali. Tapi, bagaimana mencucinya? Dicuci dengan sabun cuci piring maksudnya? 

Untuk anda yang tidak tau cara membersihkan kuas make up, seperti yang dilansir oleh blog.tokopedia.com, berikut ini cara membersihkan kuas make up yang baik dan benar!


Cara Mencuci Kuas Make Up Yang Baik dan Benar



1. DIY Brush Cleaner


Sumber: tokopedia.com
Cara Mencuci Kuas Make Up Yang Baik dan Benar Bagi anda yang belum punya anggaran khusus untuk membeli cairan pembersih kuas make up, kita bisa lho membuat sendiri sabun khususnya. Yang anda perlu hanya sabun cuci piring dan minyak zaitun, campurkan dan gunakan untuk mencuci kuas. Sabun cuci piring berguna untuk membunuh bakteri yang ada pada kuas. Sementara fungsi minyak zaitun disini adalah untuk mengembalikan kehalusan bulu kuas yang dicuci dengan sabun. Dengan begini, bulu kuas tetap terjaga dalam keadaan baik. Bahan untuk membuat sabun pembersih kuas ternyata sangat murahkan? Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli pembersih kuas make up yang ada di pasaran.

2. Cuci Kuas


Sumber: google.com

Basahkan kuas dengan air hangat lalu berikan DIY brush cleaner atau shampoo bayi pada kuas. Mulailah bersihkan kuas di atas telapak tangan sampai berbusa dan sapukan bolak-balik hingga seluruh sisa make up pada kuas luruh. Lakukan ini berulang kali hingga anda yakin kuas sudah benar-benar bersih. Jangan rendam kuas di air sabun ya, ini karena merendam tidak bisa melepas bakteri dan membuatnya terus terperangkap pada kuas make up.

3. Bilas Dengan Air Mengalir


Sumber: google.com

Setelah kamu cuci dengan sabun, bilas kuas di bawah air mengalir. Ini dimaksudkan agar kuman dan bakteri yang tersisa pada kuas bisa ikut luruh bersama air. Bersihkan hingga seluruh bisa hilang dan sisa minyak zaitun tidak bersisa. Peras lembut bulu kuas agar tidak terlalu basah ketika dikeringkan nanti.

4. Keringkan


Sumber: google.com

Hindari mengeringkan kuas dengan hair dryer karena dapat membuat lem pada kuas kering dan bulu kuas rontok. Sebaiknya keringkan secara alami dengan cara diangin-anginkan dan digantung terbalik agar sisa air menetes keluar. Bisa juga anda letakkan di atas kain kering dan biarkan hingga kering.
Itu dia Cara Membersihkan Kuas Make Up Yang Baik dan Benar. Bagi anda yang selama ini memiliki masalah dengan kulit setelah sering bermake up, ada baiknya anda mulai mengecek seberapa sering anda membersihkan kuas make up anda karena bisa saja kuas make up yang anda gunakan setiap hari menjadi penyebab kulit wajah anda bermasalah.
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Mencuci Kuas Make Up Yang Baik dan Benar. Semoga bermanfaat!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Mencuci Kuas Make Up Yang Baik dan Benar | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Mencuci Kuas Make Up Yang Baik dan Benar

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :