Cara Membersihkan Perhiasan Perak Yang Kusam Agar Mengkilap

Cara Membersihkan Perhiasan Perak Yang Kusam Agar Mengkilap - Perhiasan selalu jadi bagian terpenting bagi wanita. Baik perhiasan itu hanya berupa aksesoris imut warna-warni, hingga berupa perhiasan emas dan perak.


Sumber: id.aliexpress.com

Khusus untuk perhiasan emas dan perak, biasanya hanya digunakan saat acara-acara tertentu saja, misalnya, di acara pesta perusahaan, pesta pernikahan dan acara formal lainnya yang menuntut kita untuk tampil menawan dan sedikit glamor. Untuk sehari-hari, biasanya para wanita lebih suka menggunakan aksesoris yang simpel seperti jam tangan. Atau kalau pun menggunakan perhiasan emas atau perak, mereka akan lebih memilih anting mungil agar tidak terlalu mencolok. Maklum, karena tingkat kejahatan di dunia, termasuk Indonesia semakin meningkat di setiap tahunnya. 

Namun meski jarang digunakan, tidak ada salahnya untuk tetap merawat perhiasan kita agar selalu berkilau dan awet. Perak contohnya, meski sekilas tidak ada yang berubah, jika kita tidak merawatnya, perhiasan yang terbuat dari perak akan menjadi kusam karena debu dan kotoran yang menempel di permukaannya. 

Jika anda adalah salah satu orang yang paling malas membersihkan perhiasan perak anda, tenang! Ada cara lho untuk mengembalikan kilau perhiasan perak anda menjadi seperti baru lagi. Yang lebih menyenangkannya lagi, anda tidak membutuhkan bahan atau cara yang aneh-aneh untuk membuat perhiasan perak anda kembali mengkilap, tapi cukup dengan menggunakan bahan-bahan simpel dan murah yang bisa anda temukan dirumah. Apa saja sih? Seperti yang dilansir oleh oriori.com, berikut ini 6 produk simpel untuk membersihkan perhiasan perak!

6 Poduk Simpel Untuk Membersihkan Perhiasan Perak


1. Pasta Gigi


Sumber: hasbihtc.com

Tidak hanya untuk membersihkan dan membuat gigi anda putih bersinar, pasta gigi juga bisa mengembalikan kilau pada perhiasan perak anda yang memudar, lho. Caranya adalah ambil sedikit pasta gigi, oleskan pada perhiasan perak dengan tangan anda, dan gosok perhiasan perak anda dengan lembut.

2. Baking Soda


Sumber: 101waystosurvive.com

Baking soda memang produk rumah tangga yang memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah untuk membersihkan perhiasan perak. Cara membersihkan perhiasan perak dengan baking soda adalah dengan mencampurkan sedikit air hingga baking soda tersebut mengental, lalu gosokkan baking soda tersebut pada perhiasan perak dengan menggunakan sponge bersih. Setelah itu bilas perhiasan perak anda dengan air hangat dan lap dengan kain basah.

3. Jus Jeruk dan Garam


Sumber: puteriputeri.com

Selain pasta gigi dan baking soda, jus jeruk dan garam juga bisa anda gunakan untuk membersihkan perhiasan perak. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan jus jeruk atau lemon dengan dua sendok makan garam, lalu oleskan campuran jus jeruk dan garam tersebut pada perhiasan perak, kemudian gosok perhiasan dengan kain kering.
Cara Membersihkan Perhiasan Perak Yang Kusam Agar Mengkilap
4. Krim Tartar


Sumber: pixbam.com

Krim tartar merupakan garam potassium yang biasa digunakan untuk membuat kue. Krim tartar ini memiliki kandungan garam dan asam yang sangat bagus untuk membersihkan dan mengembalikan kilau perhiasan perak anda.

5. Deterjen Pakaian


Sumber: cemerlangadiperkasa.com

Satu lagi produk rumah tangga yang bisa anda gunakan untuk membersihkan perhiasan perak adalah deterjen pakaian. Larutkan sedikit deterjen pada air hangat, lalu rendam perhiasan perak anda yang telah memudar selama kurang lebih 30 menit, dan keringkan dengan kain katun.

6. Saus Tomat


Sumber: vemale.com

Hampir setiap orang memiliki saus tomat di rumahnya. Tidak hanya berfungsi untuk menambah rasa pada makanan, saus tomat juga bisa anda gunakan untuk membersihkan perhiasan perak. Anda cukup menggosokkan saus tomat pada perhiasan perak untuk mengembalikan kilaunya. Jika perhiasan perak anda memiliki noda berat, anda bisa merendamnya dalam saus tomat tersebut. 

Namun bukan hanya produk/bahan untuk mencucinya saja yang penting. Sama seperti emas, untuk membersihkan perhiasan perak, ada cara tersendiri. Anda tidak bisa asal mencuci apalagi menyikat perhiasan perak anda dengan sikat kaku dan kasar. Bisa-bisa bukannya terlihat mengkilap dan bersih, perhiasan perak anda akan penuh dengan goresan.
Lalu bagaimana cara membersihkan perhiasan perak agar mengkilap? Bingung? Intip Cara Membersihkan Perhiasan Perak Agar Mengkilap yang dilansir oleh zlatasilver.com dibawah ini yuk!

Cara Membersihkan Perhiasan Perak Yang Kusam Agar Mengkilap


1.  Siapkan air hangat di mangkok. Tambahkan beberapa tetes cairan pencuci piring. Lalu rendam cincin selama 15 menit.

2.  Angkat cincin, gosok lembut dengan sikat gigi bulu lembut bulu, untuk menghilangkan kotoran di sudut dan celah-celahnya. Bilas dengan air hangat, untuk menghilangkan residu sabun.

3.  Jika cincin telah bersih, keringkan dengan kain lembut. Dan gosok sebentar agar perhiasan bersinar, perlu diperhatikan bahwa: cara menggosok dengan lap harus lurus (dari belakang ke depan atau atas ke bawah), jangan melingkar. Gunakan lap lembut (autosol) yang dapat ditemukan di supermarket atau bengkel sepeda motor, bisa juga dengan kain bekas kaos berbahan cotton lembut. Perbedaannya, perak cukup dibersihkan menggunakan air hangat, tanpa cairan pencuci.

4.  Jika ingin menghilangkan noda di perak dengan kain pembersih, kita dapat menggosok dengan gerakan dari belakang ke depan atau atas ke bawah (tidak melingkar).

5.  Jika menggunakan cairan pembersih (cleanser) khusus perak, rendam perak di dalam cairan, dan basuh sebentar. Kemudian keringkan dengan kain. Sekedar info, cleanser tersebut tidak membahayakan perhiasan emas dan platinum, tetapi tidak akan membersihkan keduanya dengan baik.

6. Tetapi khusus perhiasan perak dengan ukiran atau desain yang rumit, kita dapat menggunakan pasta perak atau polish untuk membersihkannya. Ambil sedikit pasta dengan kain atau sikat berbulu lembut, gosok perlahan, dari atas ke bawah, lalu bilas dan keringkan.

7.  Sedangkan penyimpanannya, kita dapat meletakkan perhiasan di kotak atau kantong perhiasan berbahan velvel atau suede. Sebaiknya penyimpanan dalam kantong dipisahkan antara satu perhiasan dengan lainnya, terlebih jika berbeda jenis.

8.  Kita juga bisa menyimpan kotak atau kantong perhiasan di dalam safe deposit box atau filing kabinet berbahan fireproof metal. Simpan di tempat kering dan tertutup.
Pada dasarnya, Cara Membersihkan Perhiasan Perak Yang Kusam Agar Mengkilap ini sama dengan cara membersihkan emas. Yang berbeda adalah untuk membersihkan perak, anda tidak harus menggunakan cairan pembersih. Cukup gunakan air hangat dan lap microfiber, atau anda juga bisa mencoba menggunakan beberapa produk rumahan seperti soda kue atau pasta gigi.
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Membersihkan Perhiasan Perak Yang Kusam Agar Mengkilap. Selamat mencoba! 


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Membersihkan Perhiasan Perak Yang Kusam Agar Mengkilap | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Membersihkan Perhiasan Perak Yang Kusam Agar Mengkilap

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :