Cara Mencuci Tangan Yang Benar Menurut WHO

Cara Mencuci Tangan Yang Benar Menurut WHO - Mencuci tangan merupakan kebiasaan yang sudah kita kenal sejak kecil. Ingatkah anda disaat masih duduk di taman kanak-kanak, kita selalu membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum makan?


Sumber: health.kompas.com

Sayangnya, kebiasaan baik mencuci tangan -terutama sebelum makan dan sesudah makan ini menghilang setelah kita masuk ke sekolah dasar. Bahkan, di rumah pun kebiasaan ini jarang digunakan. Memang sih, kebanyakan orang Indonesia makan menggunakan sendok dan gapu, namun bukan berarti kita terbebas dari kuman yang ada ditangan kan?

Mencuci tangan sendiri merupakan kebiasaan yang seharusnya sering kita lakukan dengan tujuan untuk membersihkan kotoran yang melekat pada kulit tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun. Mengingat dalam sehari kita bisa menyentuh banyak benda dan adalah hal sangat mungkin kuman atau bakteri melekat di tangan. Kebiasaan ini dilakukan ketika sebelum makan, sesudah makan, ketika selesai bermain dari luar, membuang sampah, setelah dari kamar kecil dan kegiatan lainnya.

Banyak orang diluar sana menyepelekan pentingnya mencuci tangan, dan hanya mencuci tangan ala kadarnya dengan menggunakan air tanpa sabun cuci tangan. Padahal, air saja tidak cukup untuk membersihkan tangan dari kotoran atau kuman yang mungkin menempel. Selain membersihkan tangan dari kuman, mencuci tangan juga merupakan salah satu faktor untuk menjaga kita dari berbagai penyakit. Seperti yang dilansir oleh kompasiana.com, berikut ini beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan mencuci tangan!

Penyakit-Penyakit Yang Dapat Di Cegah Dengan Mencuci Tangan


1. Penyakit Diare


Sumber: klipingan.com

Penyakit diare sering dikaitkan dengan kondisi air, meskipun penanganan kotoran manusia juga harus diperhatikan karena kuman diare berasal dari kotoran manusia. Dengan mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun maka dapat membersihkan kuman yang ada di tangan, terutama sebelum dan setelah makan.

2. Saluran Pernafasan


Sumber: alodokter.com

Setelah bersin, batuk, membuang ingus tanpa kita sadari memegang makanan dan kita lupa mencuci tangan sebelumnya, maka secara tidak langsung kita akan memindahkan bakteri dan virus pada orang lain yang tanpa sadar mereka tertular. Maka setelah bersin, batuk, dan membuang ingus kita harus mencuci tangan.
Cara Mencuci Tangan Yang Benar Menurut WHO
3. Infeksi Cacing


Sumber: medicastore.com

Faktor kebersihan merupakan salah satu faktor terjadinya penyebaran infeksi cacing ini. Salah satunya ialah kebiasaan mencuci tangan. Anak-anak cenderung lebih banyak mengidap infeksi ini karena mereka cenderung meletakkan dan memasukkan apapun dalam mulut mereka, termasuk makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Meski beberapa penyakit diatas hanya penyakit sepele, namun jika dibiarkan bukan tidak mungkin akan jadi penyakit serius yang berbahaya untuk anda. Tidak ingin itu terjadi bukan? Kalau begitu, mulai sekarang sebaiknya anda membiasakan diri untuk mencuci tangan yang bena sesuai dengan petunjuk WHO. Dan seperti yang dilansir oleh kompasiana.com, berikut in Cara Mencuci Tangan Yang Benar Menurut WHO!

Cara Mencuci Tangan Yang Benar Menurut WHO


1.  Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut



2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian



3. Jangan lupa gosok sela-sela jari hingga bersih


4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan


5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian


6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan


7. Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu. 


Tutup kran dengan mengalasi tangan dengan tisu atau handuk.

Cara mencuci tangan yang benar menurut WHO diatas tidak membutuhkan waktu lama, anda hanya perlu 20 detik untuk melindungi diri anda dari berbagai penyakit yang berbahaya. Jadi tunggu apa lagi? Yuk budayakan kebiasaan mencuci tangan mulai dekarang!
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Mencuci Tangan Yang Benar Menurut WHO. Ayo hidup sehat!



=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Mencuci Tangan Yang Benar Menurut WHO | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Mencuci Tangan Yang Benar Menurut WHO

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :