Cara Menghilangkan Kutu Busuk Di Kasur

Cara Menghilangkan Kutu Busuk Di Kasur - Kutu busuk! Ada yang tahu hewan apa ini? Tidak? Ya, kutu busuk memang bukan hewan yang lucu dan menggemaskan macam kucing atau hewan imut lainnya yang mungkin disukai oleh manusia.


Sumber: isamas54

Dari namanya, kita bahkan mungkin sudah bisa menebak bahwa hewan ini adalah jenis serangga yang keberadaannya bisa sangat menjengkelkan. Kutu busuk memang hewan yang menjengkelkan dan membuat anda merasa sangat tidak nyaman. Kenapa? Karena serangga satu ini meski tidak menimbulkan penyakit atau virus, namun rasa gatal akibat gigitannya membuat kita merasa kesal. 

Yang lebih parah adalah, sama seperti nyamuk, hewan ini juga menghisap darah manusia sebagai sumber makanannya. Pada umumnya, kutu busuk biasa menghisap darah manusia saat malam. Malam hari adalah waktunya manusia beristirahat dan tertidur dengan tenang, sehingga mereka lebih leluasa dalam memperoleh nutrisinya.

Tidak hanya berdiam di satu tempat, kutu busuk juga bisa menyebar ke berbagai tempat dirumah anda. Ukurannya yang kecil membuatnya mudah menempel pada kulit manusia tanpa disadari, dan membuatnya menyebar ke berbagai tempat dirumah seperti sofa, jok mobil, hingga kasur tempat tidur anda.

Sedihnya, karena ukurannya yang kecil, hewan pengganggu ini kadang sulit untuk dideteksi saat populasinya masih sedikit. Padahal, kutu busuk dapat berkembang biak dengan cepat karena dalam sehari hewan ini bisa bertelur hingga lima kali. Nah sebelum populasi kutu busuk dirumah anda semakin banyak, tidak ada salahnya kan anda mulai mendeteksi kemungkinan keberadaan kutu busuk di rumah anda. Bagaimana caranya? Seperti yang dilansir oleh amazine.com, berikut ini 4 tips mendeteksi keberadaan kutu busuk dirumah anda!

4 Tips Mendeteksi Keberadaan Kutu Busuk Di Rumah


1. Periksa adanya gigitan


Sumber: acakartikel.com

Banyak orang mengetahui kamar mereka diinvasi kutu busuk setelah menemukan bekas gigitan. Namun cara ini dinilai tidak terlalu akurat karena sebagian orang tidak menemukan adanya bekas gigtan sampai setidaknya setelah 6 bulan kutu busuk menyerang. Sebagian orang yang lain bahkan tidak pernah menunjukkan adanya tanda-tanda gigitan. Gigitan kutu busuk umumnya mirip dengan bekas gigitan nyamuk dan terdapat pada punggung, lengan, atau kaki.

2. Sediakan senter


Sumber: senterin.com

Saat terbangun di malam hari, coba senteri sekitar tempat tidur anda. Kutu busuk bergerak cepat dan akan segera melarikan diri saat melihat cahaya. Jika anda melihat ada serangga kecil berlarian saat menyalakan senter, kemungkinan besar tempat tidur anda sudah dikuasai kutu busuk.

3. Cari bekas-bekas yang menandai adanya kutu busuk


Sumber: wikihow.com

Kutu busuk dikenal pandai bersembunyi, namun anda bisa menemukan jejak-jejak keberadaan mereka. Periksa seprai, selimut, dan kasur akan adanya bercak kemerahan, coklat, atau hitam. Noda ini merupakan darah yang secara tidak sengaja tercecer atau merupakan kotoran kutu busuk. Hal lain yang bisa menjadi penanda adanya kutu busuk adalah bekas rangka luar atau telur yang biasanya berada pada lipatan kasur atau celah rangka tempat tidur.

4. Lacak keberadaanya dengan memasang perangkap


Sumber: architectaria.com

Anda dapat menggunakan selotip dua sisi (double tape) dan menempelkannya pada sisi kasur, pada rangka tempat tidur, atau di lantai sekitar tempat tidur. Tunggu 4-7 hari untuk melihat apakah ada kutu busuk yang terperangkap. 

Dari semua tempat yang paling mungkin dihuni oleh kutu busuk, kasur menjadi tempat paling sering ditemukannya kutu busuk. Tentu saja hal ini sangat mengganggu, karena kasur adalah tempat anda beristirahat, terutama dimalam hari. Dengan adanya kutu busuk yang bersembunyi di kasur anda, tentu akan membuat anda merasa tidak nyaman saat berisitirahat.

Daripada terus-terusan terganggu oleh hewan kecil ini, anda tidak bisa diam saja. Dan sebelum populasinya semakin meningkat, ada baiknya jika anda mulai membasmi keberadaan kutu busuk ini. Seperti yang dilansir oleh arafuru.com, berikut ini Cara Membasmi Kutu Busuk Di Kasur!

Cara Menghilangkan Kutu Busuk Di Kasur

1. Kulit Durian/Buah Asam Jawa/Daun Mindi


Sumber: okezone.com

Untuk anda yang menyukai cara alami, kulit durian, buah asam jawa segar, atau daun mindi bisa menjadi obat pembasmi kutu busuk. Taruhlah salah satu dari ketiga bahan ini di bawah ranjang. Aroma yang ditimbulkannya sangat dibenci kutu busuk dan membuatnya pergi.

2. Campuran Minyak Tanah dan Kapur Barus


Sumber: kawaii beauty japan

Cara kedua adalah anda bisa memakai minyak tanah yang telah dicampur kapur barus. Tumbuk kapur barus sampai halus. Lalu campurkan ke dalam minyak tanah. Aduk sampai merata. Oleskan cairan ini pada sela-sela kasur, ranjang, dan tempat lain yang dirasa menjadi sarang kutu busuk. Campuran kedua bahan ini mampu mematikan kutu dan telurnya.
Cara Menghilangkan Kutu Busuk Di Kasur
3. Memakai Obat Nyamuk Semprot


Sumber: tribunnews.com

Karena berfungsi untuk mematikan serangga, maka obat nyamuk semprot juga bisa digunakan sebagai pembasmi kutu. Semprotkan seluruh permukaan kasur dengan obat ini secara merata. Jangan lupa, bagian ranjang atas dan bawahnya juga. Biasanya sudut ranjang yang tersembunyi menjadi tempat favorit serangga yang satu ini.

4. Mengecat Furniture


Sumber: bibliotika

Furnitur yang diduga menjadi sarang kutu busuk bisa anda musnahkan dengan cara mengecat kembali permukaannya. Proses mengecat membuat anda harus teliti dalam melapisi seluruh permukaan furnitur yang terserang kutu. Gunakan juga bantuan kuas berukuran kecil agar cat bisa digoreskan di sela celah-celah papan yang sempit.

5. Vacum Cleaner


Sumber: cleanipedia

Bagi anda yang memiliki vacum cleaner di rumah, anda bisa memanfaatkan tenaga maksimalnya untuk menyedot kutu busuk sampai ke telurnya. Selain penggunaannya yang cukup mudah, cara ini juga memungkinkan anda sekalian bersih-bersih ruangan. Cuma anda harus melakukannya dengan sabar di seluruh sudut rumah.

6. Gunakan Hair Dryer


Sumber: harper's bazaar

Seperti kita ketahui, hair drier mengeluarkan udara panas. Hawa panas inilah yang digunakan untuk mematikan kutu busuk serta telurnya. Perlu anda ketahui, mematikan kutu busuk dengan cara memencet hanya akan mematikan induknya saja. Sedangkan telurnya masih bisa terus berkembang biak. Oleh karena itu, mematikannya dengan memakai udara panas bisa menjadi solusi yang tepat. Berhati-hatilah saat melakukan prosedur ini, jika anda kurang waspada bisa menghanguskan permukaan furnitur.

7. Kapur Ajaib


Sumber: tokopedia.com

Keajaiban kapur yang satu ini memang sangat ampuh untuk membasmi serangga. Tidak hanya semut dan kecoa saja, bahkan kutu busuk pun dibuat tewas olehnya. Adapun cara menggunakannya sama dengan yang lain, goreskan kapur di tempat-tempat yang dilalui oleh kutu busuk, seperti di celah, dan di sudut sarangnya. Kutu yang terkena oleh kapur, cepat atau lambat pasti akan mati. 

Cara membasmi kutu busuk di kasur sebenarnya sangat mudah, yang terpenting anda rutin melakukannya beberapa kali, karena kutu busuk biasanya memiliki populasi yang cukup banyak termasuk telurnya. Untuk membasminya, anda tidak cukup hanya menyemportkan pembunuh serangga sekali saja, namun harus berulang-ulang hingga kutu busuk dan telurnya benar-benar mati.
Untuk mencegahnya kembali, anda bisa menjemur kasur anda secara rutin di bawah terik sinar matahari. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan kamar tidur atau tempat lainnya di rumah anda.
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Menghilangkan Kutu Busuk Di Kasur. Yuk usir kutu busuk sekarang, sebelum tidur anda terganggu!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Menghilangkan Kutu Busuk Di Kasur | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Menghilangkan Kutu Busuk Di Kasur

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :