Cara Menghilangkan Noda Luntur Di Baju Putih

Cara Menghilangkan Noda Luntur Di Baju Putih - Siapa yang tidak suka dengan pakaian berwarna cerah? Semua orang pasti suka dengan warna-warna cerah, karena akan terlihat bagus di warna kulit apa pun. 


Sumber: pewangilaundry.co.id

Dan diantara semua warna cerah yang ada, rasanya kita setuju jika warna putih adalah salah satu warna yang paling banyak disukai. Bagaimana tidak? Warna putih merupakan salah satu warna paling netral diantara warna cerah lainnya. Selain itu, warna putih juga cocok untuk celana, baju, bahkan kerudung atau sepatu. Dan karena warnanya merupakan warna dasar, warna putih ini juga asik dipadukan dengan berbagai warna lainnya. Anda bisa saja memadukan warna putih dengan warna gelap, warna neon, warna cerah, maupun pakaian dengan motif.

Tapi, diantara ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh warna putih, warna satu ini punya satu kelemahan. Yup, warna putih sangat mudah terkena noda termasuk noda luntur dari pakaian lainnya. Dan tidak ada yang lebih menyebalkan dari baju putih yang terkena noda luntur, meski nodanya kecil tetap saja akan terlihat jelas. 

Nah anda tidak ingin kan ini terjadi pada baju putih kesayangan anda? Jika tidak, yuk cegah dengan tips mencegah noda luntur pada baju putih yang dilansir oleh vemale.com!

Tips Mencegah Noda Luntur Pada Baju Putih


1. Baca Label


Sumber: labelmurahsurabaya.blogspot.com

Ini sangat penting. Pada setiap pakaian dan juga celana, pasti sudah tertera label kecil yang harus anda baca dan perhatikan. Biasanya, di label ini anda akan mendapati simbol beserta petunjuknya. Ini harus selalu anda cek setiap kali anda akan mencuci. 

2. Pakaian Warna Gelap


Sumber: sooperboy.com

Untuk pakaian dengan warna gelap seperti hitam, maroon dan coklat, anda bisa menggabungkannya dalam satu kali pencucian. Jangan sampai ada yang terselip ya, siapa tahu kaus kaki putih anda ikut tercuci. 

3. Balik Baju


Sumber: topimagine.blogspot.com

Ini adalah saran yang banyak diucapkan oleh para ibu dari jaman baheula. Tapi ternyata ini benar dan terbukti. Terlebih jika baju anda berwarna gelap, selalu balik baju anda. Pastikan bagian dalam baju berada di luar. Ini karena warna gelap menyerap panas lebih banyak dan ini berpeluang membuat warna pada baju cepat pudar. 

4. Jangan Penuhi Mesin Cuci


Sumber: bursamesincuci.blogspot.com

Menjejali mesin cuci dengan pakaian memang menghemat waktu karena kita tidak perlu berkali-kali mencuci. Tapi ini adalah cara yang tidak benar karena kinerja mesin cuci juga akan tidak maksimal. Dengan begitu, maka hasil cucian juga tidak akan maksimal. Wah, lebih baik mencuci berkali-kali daripada hasil cucian tidak maksimal. 

5. Teknik Menjemur


Sumber: arbamedia.com

Selain teknik mencuci, menjemur ternyata juga berpengaruh pada awet tidaknya warna pada pakaian. Menurut Housekeeping.com, hindari penjemuran yang terlalu lama. Selain akan membuat baju menjadi bau matahari, ini juga akan mengikis kualitas dan warna pakaian. 

6. Cuci Dengan Air Dingin


Sumber: brilio.net

Beberapa jenis pakaian yang terbuat dari bahan tertentu memang disarankan untuk dicuci menggunakan air panas atau air hangat. Tapi, jika anda ingin mempertahankan warna, sebaiknya gunakan air dingin karena warna akan awet. 
Cara Menghilangkan Noda Luntur Di Baju Putih
7. Gunakan Deterjen Yang Tepat


Sumber: rinso.co.id

Ada beberapa produk deterjen atau pelembut pakaian yang juga bisa membuat warna pada pakaian tetap terjaga dan awet. Jika menggunakan mesin cuci, pastikan anda mengatur kecepatan dan waktu dengan tepat, biasanya akan ada petunjuk tertentu pada deterjen dan mesin cuci. 

8. Pakai Cuka


Sumber: vemale.com

Menurut Housekeeping.com, penambahan cuka pada proses pencucian baju juga bisa membuat warna pada kain tetap awet dan cerah. Walaupun bau dari cuka ini membuat kita sedikit bergidik masam, ternyata cuka juga bisa jadi pelembut pakaian alami. Tenang, bau cuka akan hilang setelah proses pencucian.  
Itu cara mencegah agar pakaian tidak luntur, tapiiii jika ternyata baju putih kesayangan anda sudah terlanjur terkena luntur, anda jangan sedih dulu! Tenang, baju putih anda masih bisa terselamatkan kok! Seperti yang dilansir oleh rinso.co.id, berikut ini Cara Menghilangkan Noda Luntur Di Baju Putih!

Cara Menghilangkan Noda Luntur Di Baju Putih


1.  Kandungan alami di dalam baking soda dan cuka telah teruji mampu memaksimalkan proses membersihkan baju dan juga bagian dalam mesin cuci.

2.  Campurkan seperempat hingga setengah cangkir baking soda dengan Rinso Matic bunda ke dalam laci deterjen untuk membantu proses menghilangkan noda luntur pada baju putih. 

3.  Alternatif lain adalah mencampurkan setengah cangkir larutan cuka dengan cairan pewangi bunda ke dalam laci pewangi.



4.  Pilihan lain adalah dengan menambahkan larutan pemutih secukupnya untuk merendam baju pada tahapan pre­-wash. Rendam dengan pemutih selama 15 menit (maksimal) untuk memastikan serat baju tidak rusak.   
Banyak orang berpendapat cara menghilangkan noda luntur di baju putih adalah dengan menambahkan cairan pemutih pada rendaman pakaian. Well, memang sih ini adalah cara yang benar. Tapi, anda juga harus ingat terlalu banyak menggunakan pemutih pada pakaian juga tidak baik untuk serat kain pakaian tersebut. Alih-alih jadi semakin putih, baju putih anda akan berubah warna jadi kuning. Oleh karena itu sebaiknya hindari penggunaan pemutih terlalu sering, atau kurangi takaran pemakaiaannya.
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Menghilangkan Noda Luntur Di Baju Putih. Semoga bermanfaat! 


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Menghilangkan Noda Luntur Di Baju Putih | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Menghilangkan Noda Luntur Di Baju Putih

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia