Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi Secara Alami

Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi Secara Alami - Memiliki senyum yang manis terkadang menjadi kelebihan tersendiri. Meski tidak memiliki wajah yang cantik, namun jika anda memiliki senyum yang manis, duh siapa sih yang enggak meleleh?


Sumber: bagibagi.info

Tapi meski anda memiliki senyum yang manis, kita tidak boleh lupa untuk selalu menjaga kesehatan mulut termasuk diantaranya gigi. Bicara tentang gigi, harus diakui menjaga gigi agar tetap sehat adalah hal yang sulit. Apalagi jika anda termasuk orang yang suka makan dan mencicipi berbagai makanan.

Masalahnya tidak semua makanan baik untuk gigi kita. Coklat misalnya, memang sih sulit menolak sekotak coklat yang disodorkan didepan kita. Tapi seperti yang anda dan kita semua tahu, mengkonsumsi makanan yang manis-manis termasuk coklat tidak baik untuk kesehatan kita, termasuk kesehatan gigi. Makanan manis bukan hanya membuat kita gemuk, tapi juga membuat gigi kita mendapat berbagai masalah seperti salah satunya adalah munculnya plak gigi.

Perlu anda ketahui plak gigi berbeda dengan karang gigi. Plak gigi adalah kotoran atau bakteri yang kemudian menempel dan hidup di dalam rongga mulut anda. Pada awalnya plak gigi ini berwarna kuning, kemudian jika dibiarkan akan semakin mengeras dan menghitam dan jadi semakin sulit dihilangkan. Lalu sebenarnya apa sih penyebab munculnya plak gigi? Well, plak gigi bisa disebabkan oleh berbagai hal, bahkan tanpa disadari, ada banyak kebiasan yang dapat menyebabkan timbulnya plak gigi. Kebiasaan apa saja sih? Seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini 5 Kebiasaan Penyebab Munculnya Plak Gigi!

5 Kebiasaan Penyebab Munculnya Plak Gigi


1. Tidak menggosok gigi secara teratur


Sumber: kumpulanmisteri.com


Memang tak semua orang menyadari anda telah menggosok gigi atau belum, kecuali jika mulai ada bau nafas tak sedap anda. Tetapi si gigi tahu kapan serangan plak akan muncul, yaitu saat anda tidak rajin menggosok gigi.


Kemunculan plak merupakan hasil dari kebiasaan buruk anda menggosok gigi, seperti yang telah dikatakan sebelumnya menggosok gigi tidak akan membantu menghilangkan plak. Namun dengan kegiatan rutin yang dilakukan minimal dua kali sehari tersebut, setidaknya plak tidak akan betah tinggal di gigi.

2. Melupakan pentingnya berkumur dengan mouthwash


Sumber: blogdepanama.com


Rasanya memang pedas dan terkadang menyengat, namun justru itulah yang membuat plak di sela-sela gigi anda enggan untuk tinggal. Untuk itu setelah menggosok gigi, sebaiknya anda berkumur kurang lebih 2-3 menit dengan mouthwash. Selain memiliki nafas segar, semua kotoran yang tak terjangkau oleh bulu sikat gigi akan dikeluarkan dan gigi anda tetap bersih dan sehat.

3. Malas ke dokter gigi

Sumber: syaifydental.com

Anda tentu ingat pesan agar mengunjungi dokter gigi setidaknya 6 - 12 bulan sekali. Yah karena alasan kesibukan dan mungkin takut, maka kegiatan wajib ini anda hindari dan perlahan dilupakan. Dianggap sebagai kegiatan sepele dan tidak penting, sebenarnya memeriksakan diri ke dokter gigi akan memberikan manfaat lebih bagi kita.

4. Penyuka permen dan coklat

Sumber: nasionalis.id

Cokelat dan permen memang makanan manis yang tak mampu ditolak oleh para wanita, namun justru terlalu sering menikmati cokelat dan permen ini sama halnya dengan memberi makan pada bakteri-bakteri di mulut agar mereka lebih gemuk. Apalagi jika anda tidak menggosok gigi dan melanjutkan kegiatan anda dengan tidur, bagaikan mendapatkan pesta, para bakteri akan betah tinggal di dalam mulut anda.

5. Tidak mengkonsumsi buah dan sayuran

Sumber: nyoozee.com
Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi Secara Alami
Buah dan sayur adalah makanan yang kaya akan vitamin. Namun selain nutrisi yang dikandung oleh mereka, tekstur kasarnya sekaligus menjadi sikat gigi alami yang bisa dimakan. 

Jika anda memiliki satu atau bahkan beberapa kebiasaan diatas, mungkin anda sudah harus hati-hati dan melihat kondisi gigi anda. Apakah ada plak gigi yang menempel di gigi anda? Jika ternyata ada banyak plak yang menempel, sebaiknya anda mulai mencari cara untuk menghilangkan plak-plak gigi sebelum berubah menjadi karang gigi. Untuk menghilangkannya, anda bisa pergi ke dokter gigi atau anda juga bisa lho menggunakan berbagai cara alami untuk membersihkan plak gigi anda. Hah seriusan bisa? Bisa dong! dan seperti yang dilansir oleh merdeka.com, berikut ini Cara Membersihkan Plak Gigi yang bisa anda coba!

Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi Secara Alami


1. Baking soda

Sumber: The Dr. Oz Show

Baking soda bisa jadi senjata untuk hapus karang di gigi anda. Caranya, anda hanya perlu mencampurkan satu sendok makan baking soda dengan sedikit garam. Basahi sedikit sikat gigi dengan air, kemudian celupkan ke dalam campuran baking soda. Gosok gigi dengan campuran tadi dan bilas. Hal ini akan membantu menghilangkan karang gigi dan memutihkan gigi.

2. Lidah buaya


Sumber: deherba.com

Tak hanya untuk kesehatan rambut, lidah buaya juga diyakini mampu menghilangkan karang gigi.  Anda hanya memerlukan adalah secangkir air, tambahkan setengah cangkir baking soda, satusendok teh gel lidah buaya, sepuluh tetes minyak lemon, dan empat sendok teh gliserin sayuran. Aduk campuran tadi di dalam wadah yang sesuai. Setelah itu anda bisa menggunakan ramuan itu untuk menggosok gigi setiap hari untuk menghilangkan karang.

3. Kulit jeruk


Sumber: detikfood.com

Obat rumahan lain yang bisa anda andalkan untuk menghilangkan karang gigi adalah kulit jeruk. Caranya, anda bisa menggosokan kulit jeruk secara langsung pada gigi anda yang berkarang. Biarkan semalam tanpa membilasnya. Hal ini akan membantu melawan pembentukan karang di dalam mulut sekaligus menjadi cara alami untuk memutihkan gigi bernoda.

4. Biji wijen


Sumber: tecnocopas.blogspot.com

Segenggam biji wijen ampuh usir karang pada gigi. Tidak perlu ditumbuk atau dibuat pasta, anda bisa menggunakan langsung biji wijen dengan mengunyahnya tanpa harus ditelan. Biji wijen bekerja sebagai scurb alami, sehingga aman digunakan untuk membantuk mengusir karang gigi.

5. Makanan pedas


Sumber: obatpanasdalam.com

Ini cara paling mudah untuk menghapus karang di dalam mulut anda. Seperti dilansir stylecraze.com, makanan pedas dikatakan ampuh menghilangkan karang gigi. Makanan pedas dapat meningkatkan sekresi air liur dengan merangsang kelenjar ludah. Air liur berlebih inilah yang bekerja membantu membersihkan gigi dan gusi.
Selain beberapa cara membersihkan plak gigi diatas, anda juga bisa mencoba membersihkan plak gigi dengan mengkonsumsi buah strawberry. Ini karena buah strawberry mengandung serat dan vitamin C yang tinggi yang dapat membantu menghambat perkembangan bakteri streptococcus yang terdapat di mulut. Bakteri streptococcus sendiri merupakan bakteri penyebab munculnya plak. Selain itu mengkonsumsi buah strawberry juga mampu membuat gigi anda jadi lebih putih!
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi Secara Alami. Yuk rawat gigi kita agar bebas dari masalah!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi Secara Alami | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi Secara Alami

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :