10 Cara Merawat Kesehatan Mata Secara Alami

10 Cara Merawat Kesehatan Mata Secara Alami - Mata adalah salah satu dari lima panca indra yang kita miliki. Selain itu, bagi para wanita, mata bisa jadi alasan mengapa wajah terlihat cantik.


Sumber: areakesehatan.com

Yup, memiliki mata yang sehat, dan berbinar adalah impian setiap wanita, bahkan banyak pria yang juga ingin memiliki mata yang terlihat menarik. Sayangnya, bagi anda yang hidup di kota besar seperti Jakarta, menjaga mata agar tetap bersih dan sehat ini bisa menjadi tantangan tersendri.

Ini karena, berbeda dengan udara di pedesaan, udara di kota besar jauh lebih kotor dengan debu dan polusi dimana-mana. Ditambah pekerjaan dan gadget yang membuat kita terus menerus menatap layar monitor komputer atau handphone membuat mata kita iritasi dan kotor. Selain dua hal tersebut, ternyata masih ada beberapa penyebab yang membuat mata jadi tidak segar dan kehilangan binarnya. Seperti yang dilansir oleh femina.co.id, berikut ini Penyebab Mata Kurang Segar dan Lelah!

Penyebab Mata Kurang Segar dan Lelah


1. Lapisan permukaan kulit sekitar mata yang sensitif


Sumber: tipskecantikan.web.id

Sehingga tidak dapat beradaptasi dengan temperatur udara yang berubah-ubah secara ekstrem. Misalnya perubahan suhu dingin dan panas saat beraktivitas, seperti dari ruangan kantor yang sangat dingin karena AC, lalu Anda pergi ke luar untuk makan siang di cuaca yang panas. Aktivitas ini sangat mungkin dapat mengakibatkan iritasi pada kulit mata.

2. Kebiasaan buruk


Sumber: arbamedia.com

Seperti merokok, minum kopi dan alkohol, atau mengonsumsi makanan tinggi lemak maupun garam dan obat-obatan tertentu dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Kulit seputar mata paling dirugikan karena kelenjar minyaknya sedikit.

3. Bekerja terlalu berat dan stress


Sumber: merdeka.com

Merupakan pasangan ideal dalam menurunkan stamina tubuh. Saat imunitas tubuh tidak prima, mata akan mudah berair, sembap, dan tidak segar. Demikian pula dengan bekerja di depan layar komputer dalam waktu cukup lama. Karena, saat di depan monitor, mata otomatis berkurang kedipannya dan mengakibatkan iritasi

4. Iritasi dan alergi terhadap sesuatu


Sumber: creamaeuko.blogspot.com

Bisa dari makanan dan bahan kosmetik, seperti maskara, eye liner, atau pelembap wajah. Jika kondisi terlihat makin parah, harus berkonsultasi dengan dokter.

5. Bertambahnya usia


Sumber: health.detik.com

Adalah satu hal yang tak dapat dihindari. Kulit seputar mata makin mudah mengalami kekeringan. Masalah ini bukan hanya pada wanita, pria pun rentan mengalaminya. 
Jika anda sering melakukan kebiasaan buruk seperti rokok, kopi atau stress, mungkin sudah saatnya anda menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Pertama karena kebiasaan tersebut jelas tidak baik untuk kesehatan anda, hal-hal ini juga sangat tidak baik bagi mata anda. 

Selain menghentikan berbagai kebiasaan buruk yang sering anda lakukan, anda juga bisa merawat mata anda dengan menggunakan berbagai bahan alami. Seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini 10 Cara Membersihkan Mata Secara Alami yang bisa anda coba!

10 Cara Merawat Kesehatan Mata Secara Alami


1. Teteskan Air Mawar


Sumber: jpnn.com

Air mawar yang benar-benar alami bisa membuat mata anda terlihat lebih cerah. Mata anda bisa terlihat lebih jernih jika anda meneteskan 1-2 tetes air mawar alami ke mata sebelum tidur. Tapi ada baiknya anda berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mengetahui apakah ada kemungkinan terjadinya iritasi jika anda meneteskan air mawar ke mata. 

2. Basuh Dengan Air Bersih


Sumber: m.tempo.co

Basuh mata anda dengan air dingin yang bersih untuk membuat mata anda tetap sehat, dingin, dan segar. 

3. Kompres Dengan Kantung Teh Dingin


Sumber: bicara.blogspot.com

Ingin mendapatkan mata yang segar dan menghilangkan lingkaran hitam di mata, gunakan dua kantong teh yang sudah digunakan. Masukkan ke dalam kulkas, lalu gunakan sebagai alat mengompres mata. Diamkan selama 15-20 menit. 

4. Kompres Dengan Potongan Mentimun


Sumber: biarcool.inf
10 Cara Merawat Kesehatan Mata Secara Alami Siapkan dua potongan mentimun dingin. Lalu, pejamkan mata anda dan kompres mata anda dengan mentimun dingin. Biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, basuh dengan air dingin hingga bersih. Hati-hati dengan air mentimun yang bisa masuk ke dalam mata anda. 

5. Konsumsi Makanan Yang Kaya Akan Vitamin A, C, E


Sumber: bagilagi.com

Untuk membuat mata anda terlihat lebih cerah, perhatikan makanan yang anda konsumsi. Cobalah untuk mengonsumsi sayuran hijau, buah (apel, aprikot, pisang, anggur, jambu, mangga, jeruk, plum, stroberi, dan semangka), kacang (almon yang sudah dikupas), telur, dan makanan berbahan susu (keju, mentega, yogurt). 

6. Minum Jus Wortel


Sumber: cicicookies.com

Wortel mengandung beta karoten yang merupakan gizi penting untuk kesehatan mata. Minumlah jus wortel setiap hari untuk menjaga kesehatan mata anda. 

7. Kedipkan Mata Anda


Sumber: kawankumagz.com

Saat bekerja dengan layar komputer, selalu usahakan untuk mengedipkan mata setiap 10-15 detik. Mengedipkan mata akan membuat mata anda lembap dan tidak mudah kering. 

8. Kompres Dengan Susu Dingin


Sumber: gshop-wanita-cantik-indonesia.blogspot.com

Masukkan dua bola kapas ke susu dingin lalu gunakan untuk mengompres mata anda selama 10-15 menit. Susu bisa membersihkan kulit di sekitar mata sekaligus mencegah terbentuknya lingkaran hitam di bawah mata. 

9. Kenakan Kacamata


Sumber: cara-alami-mengobati-penyakit.com

Lindungi mata anda dari sinar UV, debu, dan polusi. Saat berenang, jangan lupa untuk mengenakan kacamata agar mata anda tidak kemasukan klorin yang bisa membuat mata kering dan memberikan sensasi terbakar

10. Tidur Cukup


Sumber: wartakesehatan.com

Pastikan anda mendapatkan tidur yang cukup, biasanya seseorang butuh waktu tidur 7-8 jam untuk mendapatkan mata yang sehat. 
Ingat mata adalah salah satu organ tubuh yang cukup sensitif, jadi untuk menghindari terjadinya iritasi atau masalah lain pada mata, anda bisa mencoba 10 Cara Membersihkan Mata Secara Alami yang sudah kami bahas diatas. Namun jika anda memiliki mata yang benar-benar sensitif, anda bisa mengkonsultasikan kondisi mata anda terlebih dahulu pada dokter mata di kota anda.
Terima kasih sudah membaca artikel 10 Cara Merawat Kesehatan Mata Secara Alami. Semoga bermanfaat!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

10 Cara Merawat Kesehatan Mata Secara Alami | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di 10 Cara Merawat Kesehatan Mata Secara Alami

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :