5 Cara Mengkilapkan Batu Akik Yang Kusam

5 Cara Mengkilapkan Batu Akik - Beberapa tahun belakangan, masyarakat Indonesia terutama para laki-laki sedang terkena demam batu akik.


Sumber: bisnis.liputan6.com

Batu akik ini biasanya digunakan untuk membaut mata cincin karena memiliki beragam warna hingga motif yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Dan meski di tahun 2016 ini, demam batu akik sudah menurun dan berangsur-angsur hilang, namun kita masih sering menemukan penjual batu akik hingga jasa untuk memotong dan membentuk batu akik agar bisa digunakan sebagai cincin.

Selain menggunakan jasa pengrajin, banyak juga masyarakat yang mencoba membelah atau membentuk batu akik ini sendiri dengan menggunakan gerinda atau alat potong lain demi mendapatkan bentuk batu yang diinginkan. Masalahnya adalah, memotong batu dan membentuknya menjadi sesuai keinginan bukanlah hal yang mudah. Ada kalanya para penggemar batu akik ini salah potong atau malah membuat batu akik tegores disana-sini.

Nah jika anda merupakan salah seorang penggemar batu akik dan pernah mengalami kejadian serupa, jangan panik, karena untuk batu akik yang tergores, anda bisa lho mengatasinya. Bagaimana caranya? Seperti yang dilansir oleh batumuliasurabaya.wordpress.com, berikut ini tips mengatasi batu akik yang tergores!

Tips Mengatasi Batu Akik Yang Tergores

1.  Gunakan amplas 600/800 dengan bantuan air untuk menggosok batu mulia anda yang tergores dengan secukupnya dan setelah itu gosok kembali batu mulia tersebut dengan menggunakan kertas serbuk intan supaya batu mulia anda terlihat mengkilap kembali.


2.  Pada perawatan berikutnya oleskan baby oil atau minyak bayi pada permukaan batu mulia anda.

3.  Untuk menghilangkan goresan pada batu mulia anda, anda juga bisa menggunakan abu gosok yang baru dengan cara yang telah disebutkan di atas.


Selain menghilangkan goresan, bentuk yang sesuai, batu akik yang bagus adalah batu akik yang mengkilap dan beningg. Biasanya untuk membuatnya mengkilap, orang-orang akan menggunakan serbuk intan atau ampelas. Tapi selain 2 bahan diatas, ternyata anda bisa lho membuat batu akik mengkilap dengan 5 Cara Mengkilapkan Batu Akik yang sudah dilansir oleh makassar.tribunnews.com dibawah ini!

5 Cara Mengkilapkan Batu Akik Yang Kusam


1. Menggosok Batu Akik Dengan Daun Pisang Kering


Sumber: infopaduancek.blogspot.com

Cara satu ini memang sudah sering dipakai oleh nenek moyang kita jaman dahulu untuk menggosok batu cincin mereka supaya terlihat semakin mengkilap. Meskipun cara ini tergolong cara kuno, namun sampai sekarang cara ini masih dianggap ampuh untuk mengkilapkan batu akik.
5 Cara Mengkilapkan Batu Akik Yang Kusam
Hal ini bukan tanpa alasan menggosok batu cincin menggunakan daun pisang kering, namun ternyata daun pisang kering tersebut masih menganding senyawa yang membuat batu akik terlihat semakin mengkilap. Cara menggosoknya juga sangat sederhana. Anda hanya perlu mengambil daun pisang kering kemudian gosokkan pada batu akik secara searah.

2. Menggosoknya Dengan Kulit


Sumber: kaskus.co.id

Selain daun pisang kering, ternyata material kulit juga dapat mengkilapkan batu akik.
Gunakan kulit hewan yang biasa digunakan untuk bahan dompet, sabuk, atau benda lain yang terbuat dari kulit. Gosokkan batu tersebut secara searah dan kemudian kilau batu akik tersebut akan terpancar.

Hal ini dikarenakan oleh bahan kulit yang masih mengandung minyak di dalamnya. Meskipun telah diolah, minyak tersebut masih terkandung di dalam bahan kulit tersebut meskipun dalam jumlah yang sangat sedikit.

3. Menggosok Batu Akik Dengan Media Bambu


Sumber: mesinbatuakik.blogspot.com

Menggosok batu cincin menggunakan bambu mungkin terdengar aneh. Namun cara ini ternyata sudah digunakan oleh para orang tua jaman dahulu. Menggunakan tekstur kulit bambu yang halus, batu akik nantinya digosok-gosokkan ke permukaan kulit bambu tersebut dengan searah. Hal ini akan sangat membantu untuk meningkatkan daya kilap dari batu akik tersebut.

4. Meredam Batu Akik Dengan Air Kelapa


Sumber: komunitas.bukalapak.com

Cara ini termasuk cara yang paling mudah dan tidak membutuhkan banyak tenaga. Anda hanya perlu memasukkan batu akik anda ke dalam cairan yang berisi air kelapa. Biarkan selama beberapa jam hingga semalam untuk mendapatkan hasil yang baik. Setelah direndam selama semalam penuh, keesokan harinya angkat batu tersebut kemudian keringkan dengan lap yang lembut.

5. Menggosok Batu Akik Dengan Ampelas/Kertas Pasir


Sumber: pengkilapbatuakik.blogspot.com

Cara yang terakhir ini merupakan cara paling umum dan efektif untuk menghaluskan dan mengkilapkan batu akik anda. Penggunaan kertas amplas yang sesuai menjadi kunci suksesnya proses penghalusan batu akik anda. 

Pilihlan kertas amplas yang paling sesuai dan memiliki tekstur yang lembut. Biasanya memiliki ukuran 1200 atau 1500. Jika anda masih ragu, maka mintalah jenis kertas amplas yang paling halus. Gosok searah dan perlahan supaya membuat batu akik anda semakin halus dan mengkilat.
Meski terkesan sederhana dan kuno, tapi 5 cara mengkilapkan batu akik ini memang dapat membuat batu akik anda semakin bening dan berkilau. Jadi mulai sekarang, jika anda ingin memiliki batu akik yang bening dan mengkilap, anda tidak perlu pergi ke pengrajin. Yes, cukup dengan 5 Cara Mengkilapkan Batu Akik diatas, batu akik kesayangan anda dijamin akan mengkilap dan semakin bening.
Terima kasih sudah membaca atikel 5 Cara Mengkilapkan Batu Akik Yang Kusam. Semoga bermanfaat! 


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

5 Cara Mengkilapkan Batu Akik Yang Kusam | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di 5 Cara Mengkilapkan Batu Akik Yang Kusam

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :