11 Cara Membasmi Kutu Rambut Dan Telurnya Dengan Cepat

11 Cara Membasmi Kutu Rambut Dan Telurnya Dengan Cepat - Rambut gatal dan kotor memang menyebalkan. Apalagi jika dibiarkan terus kotor dan tidak terawat, bukan tidak mungkin rambut anda akan menjadi sarang bagi kutu rambut untuk berkembang biak dengan baik.


Sumber: amazine.co

Kutu rambut! Hiiiiy! Siapa yang mau parasit ini hinggap di kepala? Selain membuat rambut lebih cepat kotor, keberadaan kutu rambut juga membuat kulit kepala jadi terasa gatal apalagi di saat cuaca sedang dalam kondisi panas. Yang menyebalkan adalah, kutu rambut juga akan membuat kulit kepala luka karena sama seperti hewan parasit lainnya, kutu hidup dengan menghisap darah di kepala kita.

Orang berfikir, kutu rambut bisa muncul secara tiba-tiba. Padahal, hewan kecil ini bisa datang karena beberapa penyebab. Apa saja sih penyebab munculnya kutu rambut? Menurut artikelsehatwanita.com, 5 hal ini menyebabkan munculnya kutu di rambut anda!


5 Penyebab Munculnya Kutu Rambut


1. Kebiasaan Yang Kurang Higienis



Sumber: ladyhealth.net

Kita tahu bahwa kutu tidak menyukai sabun dan zat kimia lainnya karena akan menghentikan kehidupan mereka, dengan kata lain membunuh mereka. Itulah sebabnya kita harus rajin merawat kebersihan badan juga rambut dari polusi, keringat dan debu dari sekitar dengan bersih. Jangan ada samphoo tersisa di rambut ketika anda mencuci rambut. Kotoran di kepala akan mengundang kutu rambut hinggap disana.

2. Kurang Memperhatikan Kebersihan Kamar Pribadi



Sumber: desainrumahimpian.com

Penyebab kutu rambut adalah dengan memperhatikan kebersihan kamar pribadi. Sprei, sarung bantal dan guling serta karpet yang kotor adalah penyebab datangnya kutu di sekitar kita. Bersihkan semua perlengkapan kamar tidur secara teratur dan panaskan hingga semua kuman dan kutu tidak lagi menempel disana. Selain itu bersihkan juga sisir rambut secara berkala menggunakan air panas. Panas akan membunuh kutu rambut.

3. Salah Memilih Shampoo



Sumber: katalogpromo.org

Penyebab munculnya kutu rambut yang ketiga adalah akibat salah memilih shampoo rambut yang berefek pada tumbuhnya ketombe. Jika ketombe tidak dibersihkan, makin lama akan semakin menumpuk dan menjadi sarang baru untuk si kutu rambut. Untuk itu perhatikan dengan baik jenis dan kegunaan samphoo agar sesuai dengan kebutuhan rambut kita.

4. Salah Gaul



Sumber: vemale.com

Salah gaul disini maksudnya adalah ketika kita bergaul dengan mereka yang malas membersihkan diri, otomatis kutu yang dimiliki oleh mereka akan ikut berpindah mencari sarang baru atau mengembangbiakkan telurnya di tempat baru, yaitu rambut kita. Percaya atau tidak, kutu rambut itu seperti menular. Buktinya adalah anak-anak paling sering mendapat kutu rambut karena tidak terlalu serius memperhatikan kebersihan tubuhnya.

5. Kebiasaan Menggunakan Topi, Kerudung, Sisir Yang Jarang Dicuci


Sumber: sidomi.com

Penyebab kutu rambut lainnya yaitu, yaitu kebiasaan memakai tudung kepala dalam jangka waktu lama tanpa pernah dicuci. Penyebab yang terakhir adalah jangan menggunakan peralatan kebersihan tubuh seperti pakaian, topi, sisir atau kerudung secara bersama-sama karena bisa menyebabkan munculnya kutu rambut akibat kebersihannya yang kurang terjaga.
Anyway banyak orang yang memiliki masalah dengan kutu rambut seringkali bingung bagaimana cara memusnahkan si parasit kecil. Masalahnya, meski ukurannya kecil, kutu rambut ini sangat sulit di basmi karena kemampuan mereka berkembang biak dengan sangat cepat karena dalam sehari, kutu betina mampu bertelur sebanyak enam hingga sepuluh telur dalam sehari. Belum lagi ukuran telur yang super kecil dan menetas dalam waktu beberapa jam saja membuat kutu jadi sulit dimusnahkan.

Nah jika anda merupakan salah satu orang yang memiliki masalah dengan kutu rambut dan nyaris putus asa dalam membasmi kutu rambut, jangan khawatir, karena seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini 10 Cara Membasmi Kutu Rambut Beserta Telurnya Dengan Cepat!


11 Cara Membasmi Kutu Rambut Dan Telurnya Dengan Cepat


1. Bawang Putih

Sumber: coldpres.co.id

Aroma bawang putih yang kuat ternyata dapat memabukkan dan membasmi kutu rambut. Cara mengaplikasikannya cukup dengan mencampurkan delapan hingga sepuluh siung bawang putih yang sudah berbentuk pasta dengan dua hingga tiga sendok teh air perasan jeruk nipis. Poleskan pada kulit kepala dan diamkan selama satu setengah jam. Bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

2. Garam Dapur


Sumber: mochfendi.blogspot.co.id

Campurkan setengah cup garam dapur dengan setengah cup cuka. Aduk hingga merata dan masukkan ke dalam spray bottle. Semprotkan pada seluruh bagian rambut hingga basah. Bungkus menggunakan shower cap selama kurang lebih dua jam. Bilas hingga bersih dan balurkan conditioner. Ulangi langkah tersebut selama tiga hari berturut-turut untuk mendapatkan hasil optimal. 

3. Minyak Zaitun


Sumber: zonamedis.com

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak esensial yang memiliki beragam manfaat. Terutama dalam menghilangkan kutu rambut. Kombinasikan setengah cup minyak zaitun dengan setengah cup conditioner. Tambahkan sedikit sabun cair ke dalamnya, aduk hingga merata. Balurkan cairan tersebut pada kulit kepala dan rambut, diamkan selama satu jam. Kemudian, bilas hingga bersih dan bubuhkan conditioner kembali. Sapukan sisir untuk merontokkan kutu rambut yang sudah mati. 

4. Baby Oil


Sumber: newhealthadvisor.com

Merawat kesehatan rambut dan kulit kepala juga bisa disiasati dengan menggunakan baby oil. Produk bayi ini mampu memabukkan kutu rambut yang menempel pada kulit kepala dan batang rambut. Caranya cukup mudah, pulaskan baby oil pada rambut secara merata. Kemudian, sisirlah rambut secara perlahan untuk menghilangkan kutu rambut. Bilas rambut menggunakan laundry detergent dan air hangat. Setelah itu, semprotkan cuka putih pada rambut sebelum tidur dan bungkus selama semalaman. Keesokan paginya, keramasi rambut dan gunakan conditioner.
11 Cara Membasmi Kutu Rambut Dan Telurnya Dengan Cepat
5. Minyak Kelapa


Sumber: healt.kompas.com

Tekstur minyak kelapa yang licin akan menghambat gerak kutu rambut. Kondisi tersebut akan mempersulit kutu rambut berkembang biak. Tips untuk menghilangkan kutu rambut menggunakan minyak kelapa adalah dengan membilas rambut menggunakan cuka apel terlebih dahulu. Bubuhkan minyak kelapa pada kulit kepala dan rambut secara menyeluruh dan bungkus menggunakan shower cap selama enam hingga delapan jam. Selanjutnya, sisir rambut untuk merontokkan kutu rambut dan keramasi menggunakan sampo favorit.

6. Petroleum Jelly


Sumber: homecreamy.com

Membalurkan petroleum jelly pada kulit kepala dan rambut dapat membuat gerah kutu rambut. kondisi tersebut merupakan cara ampuh untuk membasmi kutu rambut. Cukup diamkan rambut yang telah diolesi dengan petroleum jelly selama semalaman. Jangan lupa untuk membungkusnya dengan shower cap agar kutu kehabisan napas. Keesokan paginya, aplikasikan baby oil untuk menghilangkan petroleum jelly. Sisir rambut setelahnya untuk meluruhkan kutu rambut yang mati. 

7. Tea Tree Oil


Sumber: newhealthadvisor.com

Salah satu bahan yang mengandung zat insektisida adalah tea tree oil. Mengusapkan campuran dari satu sendok teh tea tree oil, satu ons sampo herbal dan tiga sendok makan minyak kelapa dapat menjadi alternatif dalam menghilangkan kutu rambut. Agar hasilnya lebih optimal, bungkus rambut selama kurang lebih satu setengah jam. Selanjutnya, bilas menggunakan air hangat. Sisir rambut saat masih basah untuk mambasmi kutu rambut. 

8. Cuka Putih


Sumber: vemale.com

Cara praktis dan murah untuk menghilangkan kutu rambut adalah dengan menggunakan cuka putih. Larutkan air dan cuka putih dengan perbandingan yang sama. Balurkan cairan tersebut pada rambut dan kulit kepala. Bungkus menggunakan handuk selama kurang lebih dua jam. Selanjutnya, sisir rambut menggunakan sisir yang sudah direndam pada cuka. 

9. Minyak Wijen


Sumber: deherba.com

Kaya akan kandungan antibakteri, anti-jamur hingga insekstisida alami merupakan kelebihan dari minyak wijen. Bahan-bahan di dalamnya itu dapat digunakan untuk membasmi kutu rambut. Caranya cukup dengan mencampurkan ¼ cup minyak wijen, 1/8 minyak daun neem, satu sendok teh tea tree oil, setengah sendok teh minyak eukaliptus dan minyak rosemary serta sepuluh tetes minyak lavender. Pertama, bilas rambut menggunakan cuka apel. Ketika sudah kering, poleskan cairan tersebut pada kulit kepala dan rambut, bungkus selama semalaman. Keesokan harinya, sisir rambut untuk menghilangkan kutu dan keramasi hingga bersih. 

10. Mayones


Sumber: lifestyle.sindonews.com

Agar hasilnya maksimal, pilihlah mayonnaise full-fat. Oleskan mayonnaise pada kulit kepala dan bungkus menggunakan shower cap selama semalaman. Keesokan paginya, keramasi rambut hingga bersih. Jangan lupa untuk menyisir rambut guna meluruhkan kutu rambut dari rambut. 


11. Gunakan Peditox (Obat Penghilang Kutu Rambut)

sumber: perawatan-rambut.net

Ini merupakan salah satu obat yang ampuh dalam membasmi kutu rambut beserta telurnya karena saya sendiri pernah mencobanya. Obat ini tersedia di toko obat maupun apotik. Cara pemakaiannya cukup mudah yaitu tuangkan peditox sesuai anjuran (saya setengahnya) dan diamkan selama 15 sampai dengan 30 menit, kemudian bilas dengan air atau gunakan shampoo. Jangan khawatir peditox ini wangi kok bukan bau. Wanginya mirip shampoo. Selain itu ada juga yang berkata bahwa penggunaannya 1 botol langsung saat malam kemudian diamkan hingga kering, keesokan harinya baru kemudian dibilas.


Selain 10 Cara Membasmi Kutu Rambut Beserta Telurnya Dengan Cepat, cara lain yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan sisir bergigi rapat atau biasa disebut sisir serit. Dengan menggunakan sisir ini, anda dapat membasmi kutu dengan cepat. Selain itu, anda juga bisa menggunakan obat pembasmi kutu dengan merk peditox yang bisa anda temukan di apotik dan toko obat.
Terima kasih susah membaca artikel 11 Cara Membasmi Kutu Rambut Dan Telurnya Dengan Cepat. Semoga bermanfaat! 


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

11 Cara Membasmi Kutu Rambut Dan Telurnya Dengan Cepat | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di 11 Cara Membasmi Kutu Rambut Dan Telurnya Dengan Cepat

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :