Cara Mengatasi Sepatu Bau

Cara Mengatasi Sepatu Bau - Sepatu saat ini memang jadi salah satu item yang wajib dimiliki setiap orang. Namun, pernahkah anda mengalami saat dimana kaki anda jadi bau setelah menggunakan sepatu?


Sumber: pewangilaundry.co.id

Well, setiap orang pasti pernah mengalami hal ini, namun tidak jarang orang-orang tidak menyadari bahwa kakinya menjadi bau setelah menggunakan sepatu. Penyebab bau tidak sedap ini biasanya ditimbulkan oleh keringat yang dikeluarkan kaki kita, meskipun sudah di cuci bau ini kadang tidak hilang sepenuhnya. Bau sepatu ini disebabkan adanya bakteri pada kulit yang memakan keringat dan membuang kotoran yang memiliki bau yang kuat (proses metabolisme mikroba tersebut).

Atau bisa juga karena anda sudah lama tidak mencuci sepatu anda, dan saat dipakai sepatu sudah dalam keadaan kotor sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Dan karena biasanya sepatu digunakan diluar ruangan, anda tidak akan menyadari baunya karena terbawa angin. Selain beberapa penyebab diatas, ternyata ada beberapa penyebab lain yang bisa membuat sepatu anda jadi bau. Apa saja? Seperti yang dilansir oleh halosehat.com, berikut ini penyebab sepatu menjadi bau!

Penyebab Sepatu Menjadi Bau


1. Bakteri


Sumber: health.kompas.com

Penyebab utama dari bau kaki sesudah pakai sepatu adalah adanya bakteri yang bersarang di sepatu dan permukaan kulit kaki kita. Keringat yang ada pada kaki anda akan dimakan oleh bakteri yang dan kemudian zat asam pun diproduksi juga sehingga mendukung penyebaran bau tidak sedap yang kita kenal dengan bau kaki. Hal ini bisa terjadi ketika seseorang kurang fokus membersihkan bagian kaki secara seksama. 

2. Tingginya Kelenjar Keringat


Sumber: klikmacom.com

Bau kaki juga tidak lepas dari yang namanya kelenjar keringat dan perlu diketahui bahwa tingkat ketinggian kelenjar keringat antara satu bagian tubuh dengan bagian tubuh lainnya tidaklah sama. Biasanya bagian kaki adalah bagian tubuh dengan kelenjar keringat paling banyak. Pada dasarnya, keringat yang ada di kaki tidaklah mengeluarkan bau tak sedap, namun bisa memicu keluarnya bau, seperti yang diungkapkan oleh American Chemical Society. Jadi, bau yang tidak enak bisa keluar jika kaki terlalu lama berkeringat sehingga bakteri menemukan kesempatan untuk memakan keringat tersebut. 

3. Penggunaan Kaos Kaki


Sumber: hijabsyarii.blogspot.com

Beberapa orang percaya bahwa mengenakan kaos kaki dapat mengurangi risiko bau kaki dan oleh karena itulah banyak yang menyarankan untuk memakai kaos kaki sebelum mengenakan sepatu tertutup. Hanya saja kenyataannya justru kaos kaki bukanlah penolong yang baik. Bau kaki dapat tercipta sekalipun saat anda memakai kaos kaki karena kulit kaki menjadi sulit bernapas akibat kekurangan ruang. Kondisi kaki yang tertutup dan akhirnya berkeringatlah yang akan menaikkan risiko bau kaki muncul di mana sekalinya kaos kaki dibuka bau akan semakin menyengat.

Penggunaan kaos kaki dengan bahan yang salah juga bisa menjadi pemicu utama bau kaki di mana kaos kaki yang baik dan bisa menyerap keringat adalah yang berbahan katun. Penggunaan kaos kaki selama beberapa kali padahal sudah lembab dan berkeringat juga akan menimbulkan bau kaki tak sedap secara terus-menerus dan bahkan bisa makin parah. Mengganti kaos kaki setiap kali sehabis dipakai adalah cara yang sederhana mencegah bau kaki. 

4. Lembap


Sumber: keduniasehat.blogspot.com

Kaki yang dalam keadaan basah lalu mengenakan sepatu, khususnya sepatu tertutup secara langsung tidak akan baik. Kaki yang lembab akan membuat bakteri lebih mudah dalam mencari tempat untuk sarang mereka baik di permukaan kulit kaki maupun di bagian sepatu. Entah karena kondisi kulit kaki yang basah karena air atau karena keringat yang terus-menerus, intinya kaki akan menjadi mudah lembab sehingga hal inilah yang justru membantu perkembangbiakkan bakteri di kaki dan sepatu.
Ketika bakteri semua berkumpul, gas yang baunya menyengat pun akan dihasilkan sehingga aroma kaki pun menjadi tidak sedap. 

5. Jarang Mencuci Kaki


Sumber: loop.co.id

Bau kaki dapat menjadi semakin parah ketika anda tidak rajin membersihkan atau mencuci kaki anda. Kebiasaan hidup seperti ini sangat tidak sehat, apalagi jika anda terbiasa mengenakan sepatu tertutup dan kaos kaki seharian lalu tidak membersihkan kaki sama sekali atau mencuci kaki hanya dengan sabun biasa. Keringat akan tetap menempel di bagian kaki bila anda tidak menggunakan sabun antibakteri. Bukan hanya keringat yang akan memenuhi kaki anda, melainkan keringat tersebut akan bercampur dengan bakteri sehingga bau kaki akan makin serius dan menyengat. 

6. Jarang Mencuci Sepatu


Sumber: pewangilaundry.co.id

Banyak orang sangat malas dan jarang mencuci sepatu mereka meskipun memakainya setiap hari. Maka jangan heran bila kaki pun akhirnya mengeluarkan bau tak sedap karena bau kaki bisa jadi dikarenakan bau pada sepatu. Sepatu bisa menjadi sarang bakteri bila tidak pernah dicuci atau dibersihkan yang berimbas pada kaki yang mudah menjadi bau. Hal ini akan diperparah apabila Anda jarang mencuci kaki dan mencuci sepatu dimana bau akan jadi semakin menyengat. 
Nah itu dia beberapa penyebab mengapa sepatu jadi bau. Dan jika anda adalah salah satu orang yang sedang bermasalah dengan sepatu yang bau, anda tidak perlu membuang sepatu anda. Kenapa? Karena ternyata belum terlambat bagi anda untuk mengusir bau pada sepatu anda itu. Bagaimana caranya? Seperti yang dilansir oleh citizen.liputan6.com, berikut ini 3 Cara Ampuh Hilangkan Bau Sepatu!

3 Cara Mengatasi Sepatu Bau


1. Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Kopi


Sumber: tribunnews.com

Selain untuk diminum kopi sangat lah berguna sebagai penetral bau dan bisa di jadikan alternatif pilihan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Pertama, pastikan bahwa sepatu anda dalam keadaan bersih dan kering sebelum anda memasukkan kopi di dalamnya agar nantinya anda tidak kerepotan membersihkan bubuk kopi, maka bungkuslah bubuk kopi ke dalam kertas tisu, kemudian kertas tisu yang berisi kopi inilah yang anda masukkan ke dalam sepatu. Diamkan semalaman agar bubuk kopi bisa secara maksimal menetralisir bau tak sedap pada sepatu kamu.
Cara Mengatasi Sepatu Bau
2. Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Koran


Sumber: bintang.com

Jika anda punya koran bekas di rumah sebaiknya anda mengurungkan niat untuk segera membuangnya. Koran-koran bekas ini bisa menjadi media yang dapat menyerap bau tidak sedap pada sepatu kamu. Caranya, siapkan sepatu dalam keadaan kering. Ambil koran bekas secukupnya (1 atau 2 lembar koran, kira-kira cukup untuk membungkus sepatu). Lalu bungkus sepatu hingga ke mulut/lubang sepatu dengan rapat dan rapi. Terakhir, simpan sepatu yang sudah dibungkus tadi ditempat yang agak dingin selama semalam atau lebih sampai bau pada sepatu tentunya sudah diserap oleh koran pembungkusnya.

3. Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Baking Soda


Sumber: healtyhoousefood.com

Selain digunakan untuk bahan campuran dalam pembuatan kue, baking soda juga dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Hal ini dikarenakan  baking soda memiliki kemampuan untuk menyerap bau yang tidak sedap pada sepatu. Caranya cukup mudah, taburkan baking soda ke dalam sepatu, kemudian diamkan semalaman. Lalu keesokan harinya bersihkan baking soda dengan menggunakan sikat. 


Baca Juga  : Cara Mrngatasi Bau Badan
Itu dia 3 Cara Menghilangkan Bau Sepatu. Oh ya, selain 3 cara diatas, jangan lupa untuk mencuci sepatu secara teratur, atau cuci setiap kali anda selesai beraktifitas. Dengan begitu bakteri yang ada, tidak akan bisa berkembang biak dan membuat sepatu jadi bau. 
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Mengatasi Sepatu Bau. Selamat mencoba!



=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Mengatasi Sepatu Bau | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Mengatasi Sepatu Bau

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :