Hikmah, Manfaat, dan Keutamaan Sholat Subuh

Hikmah, Manfaat, dan Keutamaan Sholat Subuh - Sebagai umat islam, sholat bukanlah ibadah yang asing bagi kita. Bahkan disaat kita belum lancar bicara dan berjalan, kita sudah mengenal gerakan sholat dengan melihat kedua orang tua kita sholat setiap harinya.


Sumber: ceritamu.com

Sholat juga merupakan ibadah wajib bagi umat islam, yang berarti jika dikerjakan akan mendapatkan pahala dan ditinggalkan akan berdosa. Sayangnya, justru hal terkahir inilah yang semakin sering kita lakukan yaitu, meninggalkan sholat. 

Padahal, jika difikir-fikir lagi, selain sebagai ibadah wajib dan utama agama islam, mengerjakan sholat itu sama sekali tidak merugikan. Selain mendapat pahala, juga secara tidak sengaja memberikan kita sedikit waktu rehat diantara kesibukan kita yang menumpuk. Saat kita sholat, kita terbebas dari semua beban masalah yang ada dikepala, kita tidak harus memikirkan itu. Saat sholat adalah saatnya waktu berdua dengan sang pencipta, tanpa perlu diduakan dengan apa pun yang jadi beban kita.

Sholat juga tidak akan memakan banyak waktu. Bayangkan, jika dibandingkan dengan puluhan jam yang kita habiskan untuk bekerja pada manusia, dan kegiatan lainnya yang sebenarnya tidak terlalu penting. Allah SWT hanya meminta kita meluangkan waktu lima menit untuk 'bicara' pada-Nya. Mengadukan semua yang kita rasakan padanya. Tidak lebih dari itu.

Kita bahkan tidak perlu membayar untuk bisa beribadah padanya, kita bisa sholat dimana saja. Bandingkan dengan berapa uang yang sudah kita buang percuma di berbagai tempat? Kenapa kita rela melakukan sesuatu yang merugikan, sedangkan Allah bahkan tidak pernah minta bayaran atas semua nikmat yang diberikannya?

Kita, sebagai umat muslim yang tinggal di Indonesia terutama, bahkan lebih beruntung lagi karena negara kita menghormati agama yang dianut dan mendukung ibadah yang kita jalankan. Bandingkan dengan negara seperti Palestina, atau Syria yang saat sholat masih saja dihantui dengan ledakan bom yang bisa terdengar kapan saja. Atau bandingkan dengan Inggris atau Amerika yang meski aman, tapi suara adzan bahkan tidak boleh terdengar keluar area masjid. Sedangkan kita, kita mendengar adzan berkumandang lima kali sehari, dan kita bahkan menganggapnya angin lalu.

Jika difikir lagi, kita seharusnya sangat bersyukur dengan apa pun yang kita miliki. Sayangnya, kita justru membuang itu semua demi kehidupan kita dan kalah dengan rasa malas yang selalu muncul. Anyway, bicara tentang sholat dan rasa malas, tentu anda setuju jika sholat shubuh adalah salah satu ibadah sholat yang paling sulit dijalankan! Kita harus bangun pagi bahkan saat matahari belum bangun, dan udara masih super dingin ditambah harus berwudhu membasahi rambut, hingga kaki dengan air yang serasa es. 

Mungkin kedengarannya, sangat wajar jika banyak orang yang lebih memilih sembunyi di balik hangatnya selimut, tapi itu tidak benar! Ingat kan, sholat shubuh adalah salah satu sholat yang wajib dikerjakan! Dan dibalik dinginnya udara pagi, ternyata ada banyak hikmah dan manfaat yang akan kita rasakan jika kita menjalankan ibadah sholat shubuh. Apa sajakah itu? Seperti yang dilansir oleh islamcendikia.com, berikut ini hikmah dan manfaat sholat shubuh yang wajib anda ketahui!

Hikmah dan Manfaat Sholat Shubuh

Hikmah Sholat Subuh

1. Shubuh adalah waktu istimewa


Sumber: alhiratechnologies.com

Waktu Subuh mengandung banyak keberkahan, sehingga Allah memerintahkan umatnya untuk sholat pada waktu fajar hari.

Bahkan, Rasulullah Muhammad Saw bersabda: "Ya Allah, berkahilah umatku selama mereka senang bangun (untuk sholat) subuh." Hadits Riwayat Tirmidzi, Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah.

2. Shubuh adalah waktu yang utama
Hikmah, Manfaat, dan Keutamaan Sholat Subuh
Sumber: ipopam.com

Rasulullah Saw dalam hadis yang diriwayatkan Bukhari mengatakan, "Barangsiapa yang sholat pada dua waktu yang dingin, maka mereka akan masuk surga."


Ini mengindikasikan bahwa subuh adalah waktu yang utama, karena dinginnya air wudlu yang digunakan untuk salat subuh menjadikan bisa masuk surga.

Manfaat Sholat Shubuh

1. Sumber Cahaya Di Hari Kiamat


Sumber: usetyo.wordpress.com

Pada hari kiamat, manusia dibangkitkan dalam kegelapan dan mereka membutuhkan lentera atau cahaya untuk menerangi kegelapan itu. Rasulullah bersabda, jika ada cahaya di kegelapan saat hari kiamat kelak, maka itu sumbernya dari solat subuh.

2. Pintu Rezeki Dibuka


Sumber: rumahsho.com

Allah menyerukan kepada umat manusia untuk menyambut pintu rezeki dengan bangun fajar dan menunaikan salat subuh.


Rasul Saw pernah membangunkan puterinya Siti Fatimah dan mengatakan, "Wahai puteriku, bangun dan saksikan rejeki Tuhan dan janganlah jadi orang yang lalu."

3. Manfaat Kesehatan Mandi Shubuh


Sumber: veryfound.com

Mandi di pagi hari terutama subuh sangat baik untuk kesehatan tubuh. Meskipun tidak ada dalil yang menyatakan mandi subuh itu sunah, tetapi manfaatnya luar biasa.


Dengan mandi pagi dengan air dingin alami, tubuh akan memproduksi sel darah putih lebih banyak yang menangkal berbagai macam serangan virus. Sirkulasi darah juga lancar.
Ternyata selain pahala, ada hikmah dan manfaat sholat shubuh yang selain baik untuk tubuh juga mental kita. So, mulai sekarang jangan malas untuk bangun shubuh dan melaksanakan sholat shubuh. 
Jangan khawatir anda akan kesulitan bangun, karena jika ayam saja bisa bangun shubuh, masa anda tidak? Tidak mau kan kalah rajin dengan ayam?
Terima kasih sudah membaca artikel Hikmah, Manfaat, dan Keutamaan Sholat Subuh, semoga bermanfaat!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Hikmah, Manfaat, dan Keutamaan Sholat Subuh | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Hikmah, Manfaat, dan Keutamaan Sholat Subuh

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :