Jenis Kucing Yang Berbulu Pendek (Kucing Ras)

Jenis Kucing Yang Berbulu Pendek (Kucing Ras) - Kucing memang masih menjadi hewan favorit banyak orang untuk dijadikan peliharaan. Ini karena selain sifat yang jinak dan aman bahkan untuk anak-anak, kucing juga memiliki bulu yang lembut dan membuat semua orang semakin senang bermain dengan hewan satu ini.


Sumber: meongku.com

Kebanyakan orang terutama di daerah perkotaan lebih menyukai kucing seperti anggora yang memiliki bulu panjang karena terlihat sangat lucu. Namun nyatanya bukan kucing berbulu panjang seperti anggora saja yang bisa tampil menggemaskan, namun kucing berbulu pendek juga bisa lho terlihat sangat lucu.

Kucing berbulu pendek identik dengan jenis kucing liar yang banyak ditemukan di jalanan, umumnya tidak ada orang yang peduli dengan keberadaan hewan ini, karena kotor, bau, dan seringkali mencuri makanan atau mengacak-acak tong sampah dirumah. Namun selain jenis kucing liar, ternyata kucing bulu pendek juga terdiri dari banyak jenis. Apa saja? Seperti yang dilansir oleh duniaq.com, berikut ini 7 Kucing Berbulu Pendek yang juga lucu dan menggemaskan!

7 Jenis Kucing Yang Berbulu Pendek (Kucing Ras)


1. Abyssinian


Sumber: duniaq.com

Abyssinian merupakan salah satu kucing yang memiliki bulu pendek. Kucing ini sangat terkenal di Amerika Serikat dan merupakan ras tertua. Kucing ini memiliki ciri-ciri, antara lain: tubuhnya berotot, matanya berbentuk seperti almond, dan telinga besar. Ukuran tubuhnya sedang, langsing, dan terlihat anggun serta memiliki pola warna yang unik, yaitu bulunya memiliki pola warna bintik-bintik atau bisa disebut ticked. Kucing ini memiliki kesetian yang tinggi dan rasa ingin taunya tinggi. Selain itu, kucing ini juga mudah dilatih karena memiliki kecerdasan yang luar biasa. Oleh karena itu, memelihara kucing ini tidak akan menyesal.

2. British Shorthair


Sumber: duniaq.com

British shorthair merupakan salah satu ras kucing tertua di dunia. Kucing ini memiliki ciri-ciri, antara lain: ukuran badannya sedang antara 4-8 kg, tubuhnya berotot, dan telinganya berukuran sedang. Selain itu, kucing ini memiliki kepala yang bulat, lebar, dan pipinya tembem. Ukuran matanya besar dan bulat, hidung cenderung pesek, dan memiliki leher yang pendek. Kucing ini juga memiliki kaki yang pendek dan jari-jemarinya berbentuk bulat-bulat. Jika kita memperhatikan ciri-ciri kucing tersebut, sebenarnya kita sudah sering melihatnya melaui foto karena kucing ini merupakan ikon merk makanan kucing, yaitu Whiskas.

3. American Shorthair


Sumber: duniaq.com

American shorthair merupakan kucing keturunan dari British shorthair dan European shorthair. Kucing ini memiliki ciri-ciri, antara lain: ukuran badannya sedang yang dilengkapi dengan kaki dan cakar yang kuat. Selain itu, kucing ini memiliki ukran telinga sedang, lebar dan sedikit melengkung di bagian atasnya. Kucing ini memiliki bulu yang pendek, namun tebal dan keras sehingga mampu melindungi tubuh kucing saat cuaca dingin dan lembab. Bulunya juga mampu menyesuaikan ketika musim semi datang.

American shorthair ini memiliki kemampuan yang hampir sama dengan British shorthair, yaitu memiliki kecerdasan dan mampu berburu dengan baik. Kucing ini juga mampu beradaptasi dengan lingkungannya dengan baik. Selain itu, American shorthair juga tidak membutuhkan perawatan yang berlebihan seperti halnya dengan jenis kucing lainnya.

4. Cornish Rex


Sumber: duniaq.com

Sulit untuk mengkategorikan kucing Cornish rex jika dilihat dari jenis bulunya. Karena kucing ini memiliki bulu yang pendek dan ikal. Bulu kucing Cornish rex ini mampu menghasilkan alergen yang sedikit, sehingga bulunya tidak menyebabkan alergi. Kucing ini merupakan kucing yang ceria dan suka bermain. Oleh karena itu, jika kamu termasuk orang yang suka bermain-main dengan hewan peliharaan, kucing ini sangat cocok untuk kamu pelihara. Selain itu, kucing ini juga mempunyai kecerdasan yang luar biasa. Maka tidak heran jika kucing ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya dan rasa keingintahuannya sangat besar, sehingga kamu bisa melatihnya.

5. Siamese


Sumber: duniaq.com

Kucing Siamese merupakan kucing yang sangat terkenal di kalangan para pecinta kucing di dunia, tapi siapa yang menyangka bahwa kucing ini berasa dari Thailand. Karena sangking terkenalnya, banyak para breeder kucing mengembangbiakkan dan mengawinkan kucing ini dengan kucing lainnya hingga kucing ini dibagi menjadi tiga jenis, yaitu siam tradisional, siam klasik, dan siam modern.

6. Savannah


Sumber: duniaq.com

Savannah merupakan kucing yang memiliki keterikatan kekeluargaan dengan banyak jenis kucing, antara lain: kucing Serval, Siamse, Bengal, dan Egyptian. Karena kucing ini merupakan hasil persilangan dari jenis-jenis kucing tersebut. Kucing ini memiliki motif bintik-bintik hitam di sekujur tubuhnya yang menjadikan dia mirip dengan macan. tak hanya itu, kucing ini juga terlihat sangat buas dan gagah. Meskipun kucing ini memiliki ciri-ciri sepeti macan, namun kucing ini sebenarnya kucing penurut.  

7. Sphynx


Sumber: duniaq.com

Semua kucing sebenarnya memiliki bulu. namun, beberapa dari jenis kucing yang ada di dunia memiliki bulu yang sangat sedikit. Bahkan bisa dikatakan kucing tanpa bulu jika kita hanya melihat dengan sekilas saja. Salah satu kucing tersebut adalah sphynx. Kucing yang berasal dari kanada ini sebenarnya memiliki bulu halus di beberapa bagian tubuhnya, seperti telinga, ekor, dan kaki. 
Jenis Kucing Yang Berbulu Pendek (Kucing Ras)
Lucu sekali bukan kucing berbulu pendek ini? Nah jika anda tertarik memelihara salah satu dari jenis kucing ini, tentu anda harus mengerti cara merawatnya. Dan mungkin anda akan berfikir jika cara merawat semua jenis kucing itu sama, padahal beda jenisnya beda juga cara merawatnya termasuk cara memandikannya. Jadi bagaimana cara memandikan kucing berbulu pendek ini? Seperti yang dilansir oleh jadibersih.com, berikut ini cara memandikan kucing berbulu pendek dengan benar!

Cara Memandikan Kucing Berbulu Pendek Dengan Benar

1.  Sebelum masuk pada cara memandikan kucing yang benar, ada baiknya anda mulai mempersiapkan peralatan yang akan dipakai saat memandikan kucing Anda nanti. Siapkanlah air hangat, beberapa handuk lembut, shampo khusus kucing, kapas, hair dryer, sisir khusus kucing, dan parfum khusus kucing jika diperlukan.


Sumber: moeslema.com

2.  Untuk tempat memandikan kucing, anda dapat menggunakan wastafel atau ember tidak terlalu lebar. Langkah awal yang dapat anda lakukan adalah dengan menutup lubang telinga kucing menggunakan kapas agar air tidak masuk ke dalam telinga.

3.  Isilah wadah dengan air hangat kira-kira 3 cm. Masukan kucing anda ke dalam wadah. Air yang tidak terlalu banyak dimaksudkan untuk membuat kucing tetap tenang. Ketika kucing sudah terbiasa dengan suasanan didalam wadah, anda dapat secara perlahan menambahkan air hangat secukupnya ke dalam wadah tersebut.

4.  Siramlah tubuh kucing dengan perlahan, sambil berikan sedikit gosokan lembut agar air dapat meresap sampai ke dasar kulitnya. Lakukan setiap hal dengan perlahan untuk membuat kucing anda tetap tenang.

5.  Ambilah shampo khusus kucing, lalu gosok dengan lembut ke seluruh bagian tubuh kucing, kecuali bagian kepala. 


Sumber: gethastag.com

Hal ini untuk menghindari shampo masuk ke mata atau hidung kucing. Menggosok wajah kucing pada saat basah juga dapat membuat kucing menjadi tidak nyaman bahkan panik.

6.  Gosoklah secara perlahan hingga berbusa. Gunakan shampo khusus kucing agar aman terhadap bulu dan kulit kucing, selain itu dapat pula membunuh kutu kucing serta telur-telurnya. Gosok secara merata hingga kurang lebih 3 menit.

7.  Setelah itu, anda dapat mulai melakukan proses pembilasan. Ambil air hangat yang masih bersih. 


Sumber: okdogi.com

Lalu siramkan ke seluruh tubuhnya hingga bulunya benar-benar bersih dari sisa busa shampo. Jika sudah bersih, kini saatnya anda melakukan pengeringan.

8.  Pengeringan dapat dilakukan menggunakan handuk dan dapat pula menggunakan hair dryer. Jika kucing anda tidak takut dengan hair dryer, anda dapat menggunakannya alat pengering rambut ini menggunakan suhu paling rendah. Selain itu, anda dapat menempuk-nepuk bulunya menggunakan handuk halus agar bulu kucing menjadi kering. Menjemur kucing dibawah sinar matahari pagi selama kurang lebih setengah jam juga baik untuk mengeringkan bulunya.

9.  Nah setelah bulu kucing kesayangan anda sudah bersih dan kering, barulah anda dapat menyisirnya menggunakan sisir khusus kucing agar bulu-bulunya tidak kusut.


Sumber: meowmagz.com

Yang terakhir, anda dapat menyemprotkan sedikit parfum khusus kucing agar kucing anda dapat menjadi lebih segar lagi. Jangan lupa untuk melepas sumbat kapas pada telinga kucing ya. 
Oh ya mungkin anda sudah tahu, kucing bukan hewan yang menyukai air. Jadi mungkin mereka akan melakukan apa pun agar tidak menyentuh air termasuk mandi. Jadi sebelum memandikan kucing, pastikan anda memakai sarung tangan, baju panjang dan menutup semua pintu dan jendela agar kucing tidak bisa kabur. Singkirkan tempat sampah dari kamar mandi, karena tempat sampah akan jadi tempat pertama kucing untuk bersembunyi.
Terima kasih sudah membaca artikel Jenis Kucing Yang Berbulu Pendek (Kucing Ras). Jadi tertarik memelihara?


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Jenis Kucing Yang Berbulu Pendek (Kucing Ras) | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Jenis Kucing Yang Berbulu Pendek (Kucing Ras)

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :