Teknik Renang Gaya Dada Atau Katak

Teknik Renang Gaya Dada Atau Katak - Berenang menjadi salah satu olahraga yang banyak disukai, baik orang yang senang berolahraga maupun orang yang pada dasarnya tidak menyukai olahraga.


Sumber: portalrenang.com

Bahkan banyak orang yang sebenarnya tidak bisa berenang, menyukai olahraga satu ini. Rasanya menyenangkan saja bisa bermain air di kolam yang besar. Namun selain menyenangkan, olahraga renang juga memiliki banyak manfaat. Kebanyakan orang mengatakan dengan berenang dapat membuat tubuh jadi lebih tinggi, dan dapat membuat pernafasan kita jadi lebih baik.

Hal ini memang benar, mengingat saat berenang kita belajar mengatur pernafasan kita. Selain itu, dengan berenang semua otot bekerja dan posisi tubuh yang lurus akan membuat postur jadi lebih tinggi dan baik jika dilakukan secara rutin. Tapi, manfaat berenang tidak hanya itu. Seperti yang dilansir oleh nurudinsya.com, berikut ini 8 Manfaat Berenang Selama 30 Menit!

8 Manfaat Berenang Selama 30 Menit


1. Menjaga berat badan


Sumber: oolya.com

Dari pada berjalan kaki atau bersepedaan berenang lebih efektif untuk membakar kalori sehingga berat badan tetap ideal. Berenang gaya dada selama 30 menit akan membakar kalori sebanyak 367 kkal.

2. Menurunkan stress


Sumber: cancerreaserchuk.com

Renang membuat seseorang menjadi tenang terutama bila menggunakan gaya yang santai seperti gaya katak. Jika berenang dengan santai maka rasa rileks pun muncul sehingga menurunkan tingkat stress. Dan membuat perasaan lebih nyaman dan lebih percaya diri untuk melakukan rutinitas.

3. Otot lebih kuat


Sumber: siteswarni.com

Ketika berenang seseorang akan membutuhkan tenaga yang lebih dibanding berjalan maupun bersepedaan, karena tekanan air yang kuat maka anda harus menggunakan kekuatan anda supaya anda dapat berenang. Dengan begitu maka tubuh anda lebih kuat dan sehat.

4. Memiliki kualitas tidur yang baik


Sumber: blog.bukalapak.com

Renang membutuhkan tenaga yang banyak sehingga lebih menguras tenaga. Ketika tenaga terkuras maka rasa lelah pun melanda, ketika malam hari menjelang tidur pasti anda akan mendapatkan tidur yang nyaman dan pulas.

5. Membakar kalori tanpa keluar keringat


Sumber: merdeka.com

Karena berenang membutuhkan banyak tenaga maka kalori  yang dibakarpun juga banyak tetapi karena suhu tubuh meningkat maka seharusnya mengeluarkan keringat. Air sebagai pendingin membuat keringat tidak keluar meskipun begitu anda tetap sehat dan kalori juga terbakar dengan baik.

6. Jantung lebih sehat


Sumber: iberita.com

Ketika berenang tekanan yang diberikan air ke tubuh membuat aliran darah kejantung lebih lancer sehingga jantung anda pun lebih sehat.

7. Mencegah diabetes


Sumber: merdeka.com

Berenang selama setengah jam tiga sampai empat kali seminggu, dikombinasikan dengan makan indeks glikemik rendah yang seimbang (GI) diet, telah terbukti untuk mengontrol kadar gula darah.

8. Menurunkan tekanan darah


Sumber: tekanan-darah-tinggi.org

Penelitian telah menunjukkan bahwa berenang selama 30 menit setidaknya tiga kali seminggu secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah Anda. Dengan begitu anda terhindar dari penyakit darah tinggi.
Selain itu, berenang juga terdiri dari berbagai gaya. Para pemula biasanya belajar berenang dengan gaya bebas. Namun bukan berarti anda tidak bisa mempelajari gaya renang yang lain. Ada beberapa gaya berenang, salah satunya gaya katak. Dan seperti yang dilansir oleh carageek.com, berikut ini Cara Berenang Gaya Katak!

Cara Berenang Gaya  Dada Atau Katak


A. Latihan posisi badan saat berenang gaya dada (katak)

Pastikan posisi badan anda saat melakukan renang dengan gaya katak seperti berikut.

1. Posisi badan anda harus sejajar dan sedatar mungkin

2. Selanjutnya, posisi kepala anda normal dan pandangan anda lurus menghadap ke depan.
Teknik Renang Gaya Dada Atau Katak


Untuk perenang pemula yang ingin berenang dengan gaya katak, dapat melakukan latihan dengan cara latihan meluncur tanpa menggunakan pelampung atau latihan terapung di atas kolam dengan posisi badan telungkup.

B. Latihan teknik gerakan kaki berenang dada (katak)

Gerakan kaki merupakan faktor yang sangat penting sangat melakukan renang dengan gaya katak. Pastikan posisi permulaan kaki anda seperti berikut.

1. Posisi kedua kaki anda ditekuk, dengkul dibengkokkan ke dalam.

2. Kemudian, tendangkan dengan posisi kedua belah kaki anda terbuka lebar.

3. Kedua kaki anda masih dalam posisi lurus, kemudian tutup atau rapatkan hingga telapak kaki kiri dan kaki kanan sedikit bersentuhan. Hal tersebut untuk memberikan daya dorong terhadap badan anda saat berenang.

4. Ulangi langkah-langkah tersebut dengan urutan kaki ditekuk, menendang, dirapatkan, ditekuk, menendang, dan dirapatkan. Lakukan terus tekhnik gerakan kaki tersebut.

C. Latihan teknik gerakan tangan berenang gaya dada (katak)

Gerakan tangan saat melakukan renang dengan gaya katak juga harus anda perhatikan. Pastikan gerakan tangan anda seperti di bawah ini.

1. Telapak tangan kanan dan telapak tangan kiri anda tempelkan dan posisi tangan anda lurus di atas kepala anda.

2. Setelah itu, tarik tangan anda ke samping kiri dan kanan. Tarikan tangan selebar bahu anda saja, tidak perlu terlalu menyamping. Seterusnya tarik tangan ke bawah.

3. Kemudian, luruskan kembali tangan anda.

4. Ulangi langkah-langkah tersebut dengan urutan tangan dirluruskan, tarik ke samping kiri dan kanan. Lakukan terus tekhnik gerakan tangan tersebut.

D. Latihan teknik pengambilan nafas berenang gaya dada (katak)

Setelah anda mengetahui tekhnik gerakan kaki dan tangan, tekhnik terakhir yang harus anda perhatikan dan kuasai adalah tekhnik pengambilan nafas saat berenang menggunakan gaya katak. Tekhnik pengambilan nafas yang salah saat berenang dapat berakibat fatal bagi keselamatan anda. Oleh karena itu, perhatikan latihan teknih pengambilan nafas berenang dengan gaya katak di bawah ini.

1. Pernafasan dilakukan saat gerakan tangan anda ke samping kiri dan kanan

2. Kemudian, dongakkan kepala anda dan dihadapkan ke depan, sehingga mulut anda berada di atas permukaan air dan dapat mengambil udara untuk bernafas.

3. Pengambilan nafas dilakukan dengan mulut. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari masuknya air ke dalam hidung anda, serta mempersingkat waktu saat pengambilan nafas.


Video Teknik Renang Gaya Dada Atau Katak


Setelah anda membaca teknik renang gaya dada, sebaiknya Anda menonton video berikut ini agar Anda tidak berandai-andai.



Bagi anda yang masih pemula, anda bisa mencoba cara berenang gaya katak. Namun sebaiknya, anda berlatih di pinggir kolam dan hindari kolam renang yang dalam dan ditengah kolam. Berlatihlah di kolam renang 1 meter, jika sudah mahir anda bisa mencoba berenang di tengah kolam.
Terima kasih sudah membaca artikel Teknik Renang Gaya Dada Atau Katak. Semoga bermanfaat!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Teknik Renang Gaya Dada Atau Katak | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Teknik Renang Gaya Dada Atau Katak

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :