Cara Mencuci Clodi Baby (Cloth Diaper)

Cara Mencuci Clodi Baby (Cloth Diaper) - Saat ini ada banyak sekali beragam produk popok dengan beragam merk. Namun nyatanya tidak semua merk popok cocok untuk kulit si kecil.


Sumber: The Girl With Whole Heart

Dan meski penggunaan popok sekali pakai mampu menghemat tenaga dan waktu, namun nyatanya tidak berarti hal tersebut membuat bayi nyaman. Tentu anda sudah mendengar tentang popok bayi yang membuat kulit bayi jadi iritasi, dan hal ini tentu sangat tidak nyaman untuk si kecil.

Karena faktor inilah, banyak para ahli menyarankan daripada menggunakan popok sekali pakai, penggunaan cloth diaper atau popok kain lebih disarankan. Selain lebih nyaman dan aman, popok jenis ini juga bisa digunakan hingga beberapa kali. Dan seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini 5 keuntungan menggunakan clodi (cloth diaper)!

5 Keuntungan Menggunakan Clodi (Cloth Diaper)


1. Menghindari Alergi


Sumber: mommies daily

Penggunaan clodi akan mengurangi risiko alergi kulit bayi. Alergi yang disebut diaper rash ini umumnya terjadi karena gesekan bahan disposable diapers ke kulit bagi. Clodi menggunakan bahan yang alami dan lebih lembut serta akan lebih sering diganti saat sudah basah.

2. Toilet Training


Sumber: kidspot.co.nz

Menggunakan clodi akan membantu Bunda untuk mengajari toilet training lebih mudah saat ia besar nanti. Selama toilet training, anak yang terbiasa menggunakan clodi akan lebih mudah menyadari celananya basah dan perlu ke kamar mandi daripada anak yang biasa menggunakan disposable diapers.

3. Hemat Biaya


Sumber: moneymanagement.com

Clodi terbukti menghemat lebih banyak biaya karena sifatnya yang dapat dipakai berulang kali dengan dicuci. Selain itu, sekalipun bayi semakin bertumbuh besar, ukuran clodi dapat disesuaikan sehingga anda tak perlu membeli clodi yang baru. Tentunya hal ini tidak dapat anda dapatkan dari penggunaan disposable diapers.

4. Tidak Mengandung Bahan Kimia


Sumber: molto

Salah satu alasan banyak orang tua di dunia memilih clodi untuk bayinya adalah clodi tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kulit bayi. 

5. Kenyamanan


Sumber: Running With Safety Scissors

Bahan clodi yang umumnya terbuat dari kain katun memberikan kesempatan kulit bayi untuk bernafas, sehingga bayi terhindar dari alergi. Pilih clodi yang terbuat dari bahan gauze, katun, flannel dan terry agar bayi nyaman.

Namun senyaman apa pun clodi bayi, anda harus menjaganya supaya tetap bersih, sehingga ketika digunakan bayi tidak akan merasa gatal atau menimbulkan iritasi. Lagipula, rasanya sangat tidak nyaman bukan jika kita melihat clodi yang kotor dan kusam? Nah jika iya, kita harus rajin membersihkan clodi dan memastikan bahwa clodi sudah benar-benar bersih sebelum digunakan. Dan seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini Cara Mencuci Clodi (Cloth Diaper)!

Cara Mencuci Clodi Baby (Cloth Diaper)


1. Rendam Clodi Selama 1-2 Jam


Sumber: Cloth Diaper Geek
Cara Mencuci Clodi Baby (Cloth Diaper) Pertama-tama, yang perlu dilakukan adalah merendam clodi yang bernoda selama 1-2 jam dengan detergent yang telah diberi cairan pembersih noda khusus untuk pakaian. Tetapi sebelumnya perhatikan apakah bahan clodi boleh direndam dengan cara ini.

2. Gunakan Cairan Bleaching


Sumber: laundry.about.com

Kedua, anda bisa merendam clodi dengan cairan bleaching untuk membunuh kuman penyebab infeksi. Lakukan bleaching 2 kali sebulan dan jangan terlalu sering karena bleaching dapat merusak serat-serat kain clodi.

3. Baking Soda atau Cuka Putih


Sumber: Dr. Axe

Untuk menghilangkan bau pada clodi, banyak orang menyarankan menambahkan baking soda ke dalam air cucian. Cara lain yang juga efektif adalah dengan menambahkan cuka putih sekitar 1 cangkir untuk setiap ember. Cuka putih, selain mengusir bau tak sedap, juga dapat melembutkan kain clodi. 

4. Gunakan Air Panas


Sumber: merdeka.com

Jika clodi yang digunakan berbahan katun, sebaiknya dicuci menggunakan air panas. Jangan lupa untuk melepas diapers covernya terlebih dahulu. Sebelumnya, awali dengan mencucinya terlebih dahulu dengan air dingin, barulah setelah itu direndam dengan air panas untuk mematikan bakterinya.

5. Proses Pengeringan


Sumber: clothsdiapercorner.wordpress.com

Setelah clodi dicuci dan dibilas dengan bersih, saatnya dikeringkan. Jika anda menggunakan pengerin mesin cuci, pastikan melepas semua velcro agar tidak menempel pada kain clodi saat berputar di dalam mesin pengering. Setelah dikeringkan menggunakan mesin pengering, jemur dengan cara diangin-anginkan dan hindari sinar matahari langsung.


Cara mencuci clodi (cloth diaper) sebenarnya tidak terlalu sulit! Yang terpenting adalah memastikan clodi sudah bersih dan benar-benar bersih sebelum digunakan oleh bayi. Pencucian clodi yang asal-asalan akan membuat warnanya jadi kusam, dan terlihat kotor. Belum lagi bau yang mungkin muncul karena pencucian kurang maksimal!
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Mencuci Clodi Baby (Cloth Diaper). Semoga bermanfaat!
Dapatkan voucher atau Bitcoin gratis dengan mendaftarkan diri Anda di ►►►Sini


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Mencuci Clodi Baby (Cloth Diaper) | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Mencuci Clodi Baby (Cloth Diaper)

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :