Doa Nabi Yunus A.S Ketika DIdalam Perut Ikan Paus Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Doa Nabi Yunus A.S Ketika DIdalam Perut Ikan Paus Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin dan Artinya - Dalam agama islam kita memiliki rukun iman, yang terdiri dari 5 bagian. Yaitu, iman kepada Allah SWT, iman kepada malaikat-malaikat Allah SWT, iman kepada kitab suci yang diturunkan Allah SWT yaitu Al-Qur'an, Injil, Taurat dan Zabur, lalu kita juga harus beriman pada nabi dan rosul, dan terakhir iman kepada hari kiamat yang merupakan hari pembalasan bagi mereka yang berdosa maupun dari golongan orang yang beriman.


Sumber: blogkhususdoa.com

Bicara tentang rukun iman, salah satu yang terpenting adalah iman kepada nabi dan rosul Allah SWT. Dalam islam sendiri kita mengenal ada 25 nabi dan rosul yang wajib kita percayai keberadaannya, dan ajarannya karena mereka adalah utusan Allah SWT dan merupakan orang-orang terbaik. Dan salah satunya adalah Nabi Yunus AS. 

Kisah Nabi Yunus Di Dalam Perut Ikan Paus


Nabi Yunus AS adalah salah seorang nabi untuk agama samawi yaitu islam, kristen dan yahudi. Beliau ditugaskan untuk berdakwah di Iraq pada kaum Assyiria di desa Ninawa. Kaum Assyiria adalah kaum keras kepala, suka melakukan kejahatan dan merupakan penyembah berhala. 

Singkat cerita setelah lama berdakwah, nyatanya hanya ada 2 orang yang menjadi pengikut nabi Yunus AS yaitu Rubi (seorang yang alim dan bijaksana) beserta Tanuh (seorang yang tenang dan sederhana). Sedangkan sisanya malah menghina nabi Yunus AS dan memperoloknya. Karena tidak tahan lagi, nabi Yunus AS pun berdoa pada Allah SWT untuk menurunkan azab bagi kaumnya, sedangkan nabi Yunus AS sendiri pergi meninggalkan kaumnya padahal Allah SWT belum memerintahkannya untuk pergi.


وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَى فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ (٨٧) فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ وَكَذَلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِينَ (٨٨

Artinya :
Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam Keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), Maka ia menyeru dalam Keadaan yang sangat gelap: "Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha suci Engkau, Sesungguhnya aku adalah Termasuk orang-orang yang zalim." Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan. dan Demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman. (QS. Al-Anbiyaa' : 87-88)

Setelah pergi meninggalkan kaumnya, keadaan nabi Yunus AS tidak menentu. Ia berjalan tidak tentu arah, dengan perasaan putus asa dan merasa berdosa. Hingga akhirnya ia berhenti di sebuah pantai dan melihat sebuah kapal akan menyebrangi laut. Nabi Yunus AS menumpang kapal itu, namun ditengah laut terjadi badai yang hebat, dan kapal bergoncang hebat dan seluruh penumpang sepakat untuk mengurangi beban dengan membuang salah seorang diantara mereka. Untuk menentukan siapa, seluruh penumpang mengundi. Undian pertama jatuh pada nabi Yunus AS, begitu pun undian kedua, hingga ketiga.

Nabi Yunus AS sadar itu adalah kehendak Allah SWT, sehingga ia rela terjun ke dalam laut. Allah SWT kemudian mengirimkan seekor ikan Nun (paus) untuk menelan nabi Yunus AS sebagai bentuk hukuman. Nabi Yunus AS berada di dalam perut ikan paus selama 40 hari, selama di dalam perut ikan paus, Nabi Yunus AS bertobat dan meminta pengampunan Allah SWT, bertasbih dan tidak berhenti berdoa. Dan seperti yang dilansir oleh blogkhususdoa.com, berikut ini Doa Nabi Yunus AS Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya!

Doa Nabi Yunus A.S Ketika DIdalam Perut Ikan Paus Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Doa Nabi Yunus A.S Ketika DIdalam Perut Ikan Paus Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin dan Artinya
لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

LAA ILAAHA ILLAA ANTA SUBHAANAKA INNII KUNTU MINAZH ZHAALIMIIN

Artinya :

Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk diantara orang-orang yang berbuat dzalim. 

Allah SWT mendengar doa nabi Yunus, dan memerintahkan ikan paus untuk mengeluarkannya dari perut ikan tersebut. Nabi Yunus terdampar disebuah pantai. Allah SWT Yang Maha Pengasih dan Penyayang lalu menumbuhkan buah labu, agar nabi Yunus yang saat itu dalam keadaan lemah dan kurus bisa bernaung dan memakan buah labu.

Setelah pulih dan kembali sehat, Allah SWT memerintahkannya kembali pada kaumnya. Sementara itu setelah kepergian nabi Yunus AS, kaum nabi Yunus AS mendapatkan azab, dan akhirnya mereka menyadari kesalahannya. Mereka bertobat, dan saat nabi Yunus AS kembali pada kaumnya, ia terkejut mendapati kaumnya yang sesat telah bertobat dan azab yang ditimpakan pada mereka pun dicabut dan mereka diberi keberkahan dan kenikmatan hidup hingga waktu tertentu.

فَلَوْلَا كَانَتْ قَرْيَةٌ آمَنَتْ فَنَفَعَهَا إِيمَانُهَا إِلَّا قَوْمَ يُونُسَ لَمَّا آمَنُوا كَشَفْنَا عَنْهُمْ عَذَابَ الْخِزْيِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَمَتَّعْنَاهُمْ إِلَىٰ حِينٍ

Artinya:
Dan mengapa tidak ada (penduduk) suatu kota yang beriman, lalu imannya itu bermanfaat kepadanya selain kaum Yunus? Tatkala mereka (kaum Yunus itu), beriman, Kami hilangkan dari mereka azab yang menghinakan dalam kehidupan dunia, dan Kami beri kesenangan kepada mereka sampai kepada waktu yang tertentu. (QS Yunus: 98)

Itu dia kisah nabi Yunus AS di dalam perut ikan paus, beserta Doa Nabi Yunus AS Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya. Dari kisah ini, kita dapat belajar bahwa Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Allah SWT mengampuni nabi Yunus yang telah bersalah meninggalkan kaumnya, dan memberikannya kesempatan bertobat setelah 40 hari di dalam perut ikan paus. 
Allah SWT menumbuhkan pohon labu agar nabi Yunus bisa memakannya dan pulih kembali. Allah SWT bahkan menerima tobat kaum Nabi Yunus disaat mereka telah berdosa tidak  menyembah Allah SWT, menentang ajaran Nabi Yunus dan menghinanya. Saat kaum Nabi Yunus bertobat, Allah SWT mencabut azabnya dan menggantinya dengan keberkahan.
Terima kasih sudah membaca artikel Doa Nabi Yunus AS Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin dan Artinya. Semoga bermanfaat!


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Doa Nabi Yunus A.S Ketika DIdalam Perut Ikan Paus Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin dan Artinya | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Doa Nabi Yunus A.S Ketika DIdalam Perut Ikan Paus Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :