Cara Membersihkan Hati dan Pikiran Yang Kotor Menurut Islam

advertisements
Cara Membersihkan Hati dan Pikiran Yang Kotor Menurut Islam - Hati manusia adalah salah satu bagian tubuh yang rentan. Bukan hanya oleh penyakit yang berhubungan fisik tapi juga mental. 


Sumber: sindiagusti.blogspot.com

Sebagai manusia biasa, terkadang memang hal yang wajar jika kita memiliki perasaan kesal, dengki, sombong, dan prasangka buruk atau sifat tidak terpuji lainnya. Namun meski merupakan hal yang wajar, bukan berarti kita membiarkan saja hati kita dikuasai perasaan yang tidak baik ini. 

Karena jika dibiarkan, sifat atau hal-hal ini tentu akan membuat hati kita jadi kotor dan secara otomatis membuat fikiran tidak tenang. Dengan fikiran yang kacau tentu kita tidak dapat melakukan apa pun dengan baik. Untuk menghindari hal itu, jika anda memiliki perasaan yang tidak baik, segera bersihkan hati anda. Lalu bagaimana caranya? Seperti yang dilansir oleh umatnabi.com, berikut ini Cara Membersihkan Hati Yang Kotor!

Cara Membersihkan Hati dan Pikiran Yang Kotor Menurut Islam


1. Sholat Malam atau Qiyamullail


Sumber: tandapagar.com

Rasulullah Muhammad SAW bersabda; dari Salim bin Abdullah bin Umar ,”

Sebaik-baik seorang laki-laki hamba Allah adalah sekiranya ia melaksanakan shalat malam”.Berkata salim, ‘Maka Abdullah bin Umar sesudah itu tidak tidur di malam hari,kecuali sedikit.”

(HR.Bukhari No.4528)

Dalam riwayat lain,Rasulullah­ SAW bersabda,

“Sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah Qiyamullail”.
(HR.Muslim)

2. Membersihkan Hati Dengan Membaca Al-Qur'an


Sumber: hijabersworld.com

Al Qur’an bila dibaca dengan syahdu, teliti baik makhraj hurufnya, tajwid­nya maupun artinya maka akan menjadi penawar hati untuk membersihkan segala penyakit hati.


Allah Berfirman, “Dan Kami turunkan dari Al Qur’an(sesuatu)­ sebagai penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangk­an bagi orang yang zalim hanya akan menambah kerugian.
”(QS.Al Isra’:82)

3. Membersihkan Hati Dengan Dzikir


Sumber: repostaseterkini.com

Membersihkan hati dengan dzikir, dzikir yang berarti mengingat Allah SWT dalam keadaan apapun sebagaimana yang tercantum dalam surah Ali Imran ayat 191.


Mensucikan hati dengan tabattal (Wa tabattal ilaihi tabtiilaa).
Cara Membersihkan Hati dan Pikiran Yang Kotor Menurut Islam
Dalam tafsir Ibnu Katsir,makna tabattal adalah mengkhususkan diri semata untuk beribadah kepada Allah saja dan Al-Qurthubi menambahkan dengan:”…dan jangan engkau menyekutukan dengan selain-Nya.”

4. Mensucikan Diri Dengan Bertawakal Kepada Allah SWT


Sumber: republika.co.id

Tawakal artinya beserah diri kepada Allah.


Allah berfirman, “ Dan barangsiapa bertawakkal kepada Allah,niscaya Allah akan mencukupkan keperluan-Nya. Dan akan memberikannya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka­"(At Thalaq:2-3)

5. Mensucikan Diri Dengan Bersabar Terhadap Perkataan Orang


Sumber: liputan6.com

Kesabaran disini diartikan seperti kesabaran dalam menghadapi fitnah,intimida­si dan terhadap kaum yang tidak menyukai Islam.


Allah SWT berfirman,
“Dan bersabarlah (Muh­ammad) dan kesabaranmu itu semata-mata dengan pertolongan Allah dan janganlah engkau bersedih hati terhadap (kekafi­ran) mereka dan jangan (pula) bersempit dada terhadap tipu daya yang mereka rencanakan”. (QS.An Nahl:127)

6. Mensucikan Diri Dengan Hijrah Secara Baik


Sumber: simomot.com

Rasullah SAW bersabda,
“Orang yang berhijrah,ialah­ orang yang berhijrah (menin­ggalkan) kejahat­an. Dan orang yang berjihad ialah orang yang berjuang melawan hawa nafsunya”. (HR.Ibnu Majah dan An-Nasaa’i).

Namun selain cara membersihkan hati yang kotor, kita juga harus selalu menjaga agar hati kita selalu bersih. Tentu ini bukan hal yang mudah, mengingat kita bukan Rosulullah SAW yang diciptakan dengan hati bersih tanpa cela. Dan seperti yang dilansir oleh cara-wanita.com, berikut ini Tips Menjaga Agar Hati Selalu Bersih!

Tips Menjaga Agar Hati Selalu Bersih


1.  Memiliki kekuatan iman yang kokoh. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena penyerahan diri pada Allah dengan beriman dan percaya total kepada Allah akan menguatkan hati manusia.

2.  Memiliki pemimpin yang tangguh. Hal ini akan memberikan dukungan pada umat Islam yang menjadi orang-orang yang dipimpin. Pengaruh pemimpin cukup besar dalam mengubah atau mempengaruhi para pengikutnya baik dari segi pemikiran, mental, motivasi, dan sebagainya.

3.  Tanggung jawab setiap muslim dipegang oleh setiap manusia. Dengan menyadari hal ini, artinya setiap muslim akan menyadari bahwa apapun yang dilakukan akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah. Oleh karenanya, kesabaran akan membuat mereka terus berusaha dengan cara terbaik yang mampu dilakukan.

4.  Iman pada akhirat. Dengan mengimani akhirat, kita menjadi ingat akan tanggung jawab dan amanah kita. Sehingga kita bisa lebih menghargai dan memanfaatkan hidup dengan penuh kesyukuran.

5.  Berpegang teguh pada Al-Quran. Al Quran membuat hidup manusia terarah. Jika Al-Quran sudah merasuk dalam diri manusia dengan sepenuh hati dan kasih sayang yang tulus, manusia akan menjadi teguh menghadapi cobaan.

6.  Memiliki kabar kegembiraan. Orang-orang yang diberi kabar kegembiraan akan memiliki harapan dan optimis terhadap apa yang akan terjadi.
Dengan tips diatas, dapat membantu anda menjaga agar hati selalu bersih. Oh ya, cara membersihkan hati yang kotor lalainnya adalah dengan selalu melaksanakan solat lima waktu, berpuasa ketika bulan suci Ramadhan, selalu membaca dan mempelajari Al-Qur'an dan menjalankan semua perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya. Karena dengan melakukan semua perintah Allah SWT tentu akan mendekatkan diri kita pada-Nya. Allah SWT akan selalu menjaga hamba yang selalu berusaha mendekatkan diri pada-Nya, menjaganya dari segala hal termasuk hati yang kotor!
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Membersihkan Hati dan Pikiran Yang Kotor Menurut Islam. Semoga bermanfaat! 
advertisements

=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Cara Membersihkan Hati dan Pikiran Yang Kotor Menurut Islam | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Cara Membersihkan Hati dan Pikiran Yang Kotor Menurut Islam

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :