Rumus Cara Menghitung Berat Badan Ideal

advertisements
Rumus Berat Badan Ideal - Memiliki tubuh ideal adalah impian banyak orang. Terutama oleh kaum perempuan yang memang sangat memperhatikan penampilannya dari ujung rambut hingga kaki.


Sumber: health.liputan6.com

Jadi tidak heran jika untuk mendapatkan penampilan yang sempurna mereka rela melakukan berbagai macan hal. Mulai dari melakukan berbagai jenis olahraga, hingga rela makan sedikit karena sedang diet. Semua hal itu dilakukan agar tubuh jadi lebih ideal sehingga penampilan anda pun akan semakin menarik.

Namun sebenarnya, bukan hanya diet dan olahraga lho yang bisa membuat badan anda menjadi ideal. Karena selain dua hal tersebut, ternyata ada beberapa hal atau kebiasaan yang tanpa disadari juga mampu membentuk tubuh kita jadi lebih ideal. Apa saja sih? Seperti yang dilansir oleh liputan6.com, betikut ini Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal!

Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal


1. Cukup Tidur


Sumber: bersatulah.com

Tidur berfungsi membantu memulihkan tubuh sehabis melakukan banyak kegiatan yang anda kerjakan untuk membakar lemak. Peneliti dari University of Chicago melaporkan bahwa tidur kurang dari 7 sampai 8 jam setiap malam dapat meningkatkan nafsu makan, metabolisme lambat dan membuat lemak tersimpan banyak di dalam perut.



Susah tidur juga dapat disebabkan karena salah dalam melakukan kegiatan pembakaran lemak. Makanya, banyak ahli menyarankan untuk olahraga tidak berlebihan sehingga bisa mengatur pola tidur anda.

2. Kurangi Camilan


Sumber: dietcepatalami.com

Banyak orang merasa bahagia ketika menikmati cemilannya 4-6 kali per hari. Menurut penelitian para ahli di Purdue University, metode ngemil bisa menyabotase kerja keras anda untuk membakar lemak. Itu semua disebabkan rata-rata 200 kalori terdapat pada semua jenis cemilan.



Bahkan beberapa peneliti mengatakan, dalam kurun waktu 30 tahun belakangan ini, nilai kalori yang terdapat pada cemilan bertambah menjadi 600 kalori. Kalau anda belum bisa berhenti ngemil, bisa dicoba dengan mengurangi porsi cemilannya setiap hari.

3. Mengetahui Jumlah Makanan Yang Dikonsumsi


Sumber: viva.co.id

Dalam kasus ini, banyak orang yang justru salah dalam melakukannya. Sebagian besar menganggap remeh cara seperti ini. Padahal, dengan mengetahui berapa banyak jumlah makanan yang kita konsumsi bisa membantu anda membakar lemak dengan muda.
Rumus Cara Menghitung Berat Badan Ideal
4. Bergerak Lebih Banyak


Sumber: female.com

Banyak yang beranggapan bahwa membakar lemak hanya dapat dilakukan dengan rutin melakukan treadmill, kardio dan mengangkat beban. Tanpa banyak diketahui bahwa dengan melakukan kegiatan-kegiatan kecil juga mampu membakar lemak. Asalkan semua itu dilakukan secara rutin dan dalam keadaan bahagia.

5. Hilangkan Kebiasaan Minum Minuman Bersoda


Sumber: beveragedaily.com

Perlu diketahui bahwa 65 persen orang Amerika rutin mengonsumsi minuman bersoda di semua kondisi cuaca. Padahal, efek dari rutin mengonsumsi minuman bersoda itu adalah menimbulkan rasa lapar setiap waktu.



Walaupun anda sudah rutin berolahraga, hindari segala jenis minuman bersoda. Diet coke sekali pun. Justrugula yang terkandung di dalam diet coke lebih besar ketimbang minuman bersoda jenis lainnya.

6. Konsumsi Lemak Sehat


Sumber: vemale.com

Institute of Medicine merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat seperti kacang-kacangan, alpukat dan minyak yang mengandung lemak sehat dapat membantu anda menghilangkan lemak lebih cepat. Tapi, pastikan berapa banyak lemak yang anda butuhkan dalam menjalankan diet untuk mencegah diri anda melakukan makan secara berlebih. Seperti biasa, hindari lemak trans yang tidak baik untuk tubuh anda.


Lucunya meski banyak orang berusaha mati-matian untuk membentuk tubuh ideal, namun justru banyak orang yang tidak tahu berapa ukuran ideal tubuhnya. Perlu diketahui, untuk mendapatkan tubuh yang ideal adalah anda harus memiliki berat badan yang sesuai dengan tinggi badan. Dan karena setiap orang memiliki tinggi badan yang berbeda secara otomatis membuat berat badan ideal satu orang dengan yang lainnya pun berbeda. Nah untungnya untuk mengetahui berapa berat badan ideal, anda bisa mencoba menghitungnya dengan menggunakan beberapa rumus berat badan ideal. Dan seperti yang dilansir oleh nurudinsya.blogspot.com, berikut ini Rumus Berat Badan Ideal!

Rumus Berat Badan Ideal




1. Rumus BMI / Body Mess Index

Rumus BMI (Body Mess Index) atau umum juga dimaksud IMT (Indek Massa Badan) kerapkali di jadiak referensi untuk tahu berat tubuh seorang. Rumus ini menggabungkan perhitungan pada tinggi serta berat tubuh seorang. Hingga akhirnya bakal jadi berat tubuh ideal orang itu. Berukut ini rumusnya : 

Berat Tubuh Ideal = Berat Tubuh (Kg) : (Tinggi tubuh x Tinggi tubuh) 

Sebagai Contoh : Berat tubuh anda 50 kg : (1, 68 m x 1, 68 m) = 45 : 2, 82 = 17, 0 yaitu Nilai BMI anda. 


2. Rumus Brocha
Untuk menghitung berat badan ideal wanita:

Berat wanita ideal = (Tinggi tubuh – 100) – (15% x (Tinggi tubuh – 100)) 

Contoh kalkulasinya pada wanita yang mempunyai tinggi tubuh 167 cm, berapakah berat idealnya : 

 (167 – 100) – (15% x Tinggi tubuh – 100) = 67 – (15% x 67) = 67 – 10, 5 = 56. 5 Kg 

Jadi berat tubuh ideal wanita dengan tinggi 167 cm yaitu 56, 5 kg 

NB : Prosentase 15% dapat dirubah jadi 10% dengan prasyarat bila wanita tersemut terasa begitu sehat serta begitu bugar. 

Untuk menghitung berat badan ideal pria:

Berat pria ideal = (Tinggi tubuh – 100) – (10% x (Tinggi tubuh – 100)) 

Contoh kalkulasinya bila diaplikasikan pada pria dengan tinggi tubuh 175 cm, berapakah berat idealnya : 

 (175 – 100) – (10% x (Tinggi tubuh – 100)) = 75 – (10% x 75) = 75 – 7, 5 = 67. 5 Kg 

Jadi berat tubuh ideal pria itu menurut rumus brocha yaitu 67. 5 kg 
Nah dengan menggunakan salah satu dari dua rumus berat badan ideal diatas, anda sudah bisa menghitung berapa berat badan ideal anda agar sesuai dengan tinggi badan. Dan meski anda tidak memiliki tinggi badan menjulang seperti yang dimiliki oleh para model papan atas, dengan memiliki tinggi badan dan berat badan yang sesuai akan membuat penampilan anda terlihat menarik.
Terima kasih sudah membaca artikel Rumus Cara Menghitung Berat Badan Ideal. Selamat mencoba!

rumus berat badan ideal, rumus menghitung berat badan ideal, rumus berat badan, rumus mencari berat badan ideal, rumus berat badan ideal anak, rumus berat badan ideal wanita, cara menghitung berat badan ideal balita, cara menghitung berat badan ideal perempuan, cara menghitung berat badan ideal pria, cara menghitung berat badan ideal bayi balita

advertisements

=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Rumus Cara Menghitung Berat Badan Ideal | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Rumus Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :