Pertolongan Pertama Sakit Maag (Asam Lambung Kambuh)

Pertolongan Pertama Sakit Maag (Asam Lambung Kambuh) - Sakit maag merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita saat ini.


Sumber: caramengobatipenyakit.web.id

Penyebabnya, karena banyak orang yang sangat sibuk dengan berbagai aktifitas mereka hingga terkadang telat untuk makan atau bahkan melewatkan makan karena tidak bisa meninggalkan pekerjaan mereka. Mungkin jika ini terjadi sekali, tidak akan jadi masalah selain anda akan merasa kelaparan dan lemas. Tapi jika dibiarkan, hal ini akan lambung bermasalah.

Ini karena, tidak ada makanan yang bisa dicerna oleh lambung. Akibatnya, lambung jadi bekerja terlalu keras dan memproduksi asam lambung terlalu tinggi dan melukai lambung. Luka atau radang inilah yang membuat perut terasa sakit, mual, mulas, bahkan muntah.

Selain jadwal makan yang tidak teratur, stress, kurang tidur, serta kebiasaan makan-makanan terlalu asam dan pedas juga minuman yang mengandung kafein dan beralkohol juga dapat menjadi penyebab anda terserang maag! Yang menyebalkan adalah penyakit satu ini sangat mudah kambuh! Nah untuk anda yang memiliki penyakit maag, dan sering kambuh, seperti yang dilansir oleh tabloidbintang.com, berikut ini Pertolongan Pertama Sakit Maag!

Pertolongan Pertama Sakit Maag (Asam Lambung Kambuh)


1. Langsung Konsumsi Obat Sakit Maag


Sumber: obatherbalkankerlambung.com

Bagi anda penderita penyakit maag, biasakan untuk selalu membawa obat sakit maag di dalam tas kemana pun anda pergi. Apalagi jika anda dalam keadaan yang super sibuk sepanjang hari, maka obat maag adalah barang wajib yang harus anda bawa. Ini agar disaat maag anda kambuh ditengah aktifitas, anda tidak akan kesulitan untuk mencari obat maag.
Pertolongan Pertama Sakit Maag (Asam Lambung Kambuh)
2. Konsumsi Makanan Yang Mudah Dicerna


Sumber: masirul.com

Penderita penyakit maag, apalagi sedang kambuh dilarang mengkonsumsi makanan yang memiliki tekstur keras. Ini karena saat kambuh, lambung bekerja terlalu keras sehingga memproduksi asam lambung yang cukup tinggi. Mengkonsumsi makanan yang bertekstur keras hanya akan membuat lambung bekerja lebih keras, dan perut jadi semakin sakit.

3. Makan Rutin Dengan Porsi Kecil


Sumber: vemale.com

Banyak orang makan dalam porsi yang besar. Tujuannya agar perut tidak cepat lapar. Untuk anda penderita penyakit maag, sebaiknya hal ini tidak ditiru. Daripada makan dalam porsi besar, ada baiknya untuk anda mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil namun teratur. Misalnya makan sehari 4 kali dengan porsi yang kecil, namun di waktu yang sama setiap hari. 

4. Perbanyak Minum Air Putih


Sumber: lovintopost.com

Ketika merasakan sakit maag, mengkonsumsi air putih yang banyak akan membantu anda meredakan rasa mual. Selain itu, air putih juga bisa membantu meredakan sakit maag anda.


Selain beberapa cara pertolongan pertama sakit maag diatas, minum teh hangat dan mengunyah makanan hingga halus juga mampu membuat lambung tidak bekerja terlalu keras. Selain itu satu hal yang tidak diketahui banyak orang adalah, sebanyak 20 persen penderita maag juga mengidap GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease. GERD adalah gangguan lambung berbahaya yang sifatnya menahun dan jika dibiarkan akan memicu penyakit jantung hingga kematian.



Lantas bagaiaman caranya mengontrol penyakit maag agar tidak kambuh? Salah satu caranya adalah dengan menghindari berbagai hal yang dapat memicu penyakit maag yang anda derita kambuh. Dan seperti yang dilansir oleh merdeka.com, berikut ini 5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Penderita Penyakit Maag!

5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Penderita Penyakit Maag




1.  Jangan pakai celana yang terlalu ketat, sebab perut bisa tertekan dan membuat penyakit maag mudah kambuh.


2.  Jangan makan sebelum berolahraga berat. Sebaiknya pilih olahraga ringan seperti yoga atau sepeda santai.

3. Jangan berbaring dua sampai tiga jam setelah makan. Berikan waktu yang cukup bagi lambung untuk mencerna makanan dengan baik.


4. Jangan makan jus jeruk, tomat, atau makanan pedas karena semua itu mampu memicu penyakit maag.

5.  Jangan hilangkan rasa asam di mulut dengan permen mint. Rasa itu memang menenangkan, namun justru memperburuk kondisi anda.
Hindari juga berbagai makanan terlalu panas, pedas, atau asam. Selain itu hindari kebiasaan makan lalu tidur, karena selain membuat perut anda jadi buncit, hal ini akan membuat organ pencernaan termasuk lambung tidak bekerja dengan optimal. Oh satu lagi, penderita maag wajib hukumnya untuk makan dengan teratur. Jadi jangan sampai telat makan ya!
Terima kasih sudah membaca artikel Pertolongan Pertama Sakit Maag (Asam Lambung Kambuh). Semoga bermanfaat! 
Dapatkan voucher atau Bitcoin gratis dengan mendaftarkan diri Anda di ►►►Sini


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Pertolongan Pertama Sakit Maag (Asam Lambung Kambuh) | saya lia | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Pertolongan Pertama Sakit Maag (Asam Lambung Kambuh)

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

saya lia

0 komentar :