Mengunjungi Candi Bubrah, Candi Kecil Di Kawasan Prambanan

Siapa yang tidak mengenal kawasan Candi Prambanan yang menjadi salah satu objek wisata yang cukup populer di Indonesia, bahkan hingga ke kalangan wisatawan mancanegara banyak yang berloma-lomba mencari promo tiket pesawat untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Keindahan dari candi Prambanan serta cerita sejarah unik di dalamnya menjadi salah satu daya tarik dari candi ini. Namun tahukah anda jika di dalam kawasan Prambanan terdapat candi lainnya yang patut anda kunjungi? Salah satunya yaitu candi Bubrah yang merupakan candi Buddha yang berada dalam kompleks Wisata Candi Prambanan. Untuk mengenal lebih jauh mengenai candi Bubrah ini, berikut penjelasannya.

Wisata Candi Bubrah

sumber: www.dinustech.com

Candi yang berada di dalam kawasan Wisata Prambanan ini dinamakan Bubrah karena kondisinya yang ditemukan dalam keadaan yang rusak parah saat pertama kali ditemukan. Candi Bubrah ini termasuk ke dalam candi peninggalan dari Budaya Budha pada masa kerajaan Mataram Kuno. Candi ini diperkirakan berdiri pada abad 9 Masehi. Candi ini memang jarang dikunjungi oleh banyak orang karena memang kondisinya yang rusak dan tidak adanya pihak yang mengurus candi ini. Sehingga karena tak banyak wisatawan yang mengetahui dan mengunjungi candi Bubrah ini.

Di sekitaran candi ini anda akan banyak melihat batu batu yang letaknya berantakan dan tidak beraturan dengan tempatnya. Sampai sekarang tak ada yang mengetahui maksud dari letak batu yang berserakan ini, apakah merupakan struktur dari candi ataupun tidak. Tidak ada yang mengetahui dengan pasti bagaimana struktur dari pembangunan candi bubrah ini. namun terlihat adanya dua jenis batu yang berbeda di sekitaran candi ini yaitu batu yang menyusun bangunan candi berwarna hitam sedangkan batu lainnya yang berserakan memiliki warna lebih terang.

Ukuran dari Candi ini memang lebih kecil dibandingkan denah dasar persegi panjang. Ukuran pasti dari candi ini memang tidak dapat dipastikan karena reruntuhan dari candi ini dikelilingi oleh pagar yang terkunci. Tinggi dari kaki (batur) candi ini kurang lebih sekitar 2m. Sepanjang dari pelipit dihiasi oleh pahatan yang berpola simetris. Tidak ada relief relief yang terlihat pada dinding kaki candi. Sedangkan untuk tangga yang naik ke selasar, berada di permukaan batur yang ada di sebelah timur.
Selain itu karena lokasinya yang dekat dengan Candi Sewu yang juga merupakan candi Budha serta banyaknya terdapat arca arca budha meskipun tidak lengkap dengan kepalanya, namun memperlihatkan dengan jelas jika candi ini memang merupakan peninggalan Buddha.

Lokasi Candi Bubrah

sumber: google maps (AlamatTaman Martani , Kalasan , Sleman , Daerah Istimewa Yogyakart, Tlogo, Prambanan, Klaten Regency, Central Java 57454, Indonesia)
klik gambar untuk memperbesar


Candi bubrah ini masuk ke dalam Kawasan Wisata Prambanan yang berada di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten. Bagi Anda yang berada di luar kota, Anda bisa menuju Candi ini menggunakan pesawat. Di Klaten sendiri tidak terdapat bandara, namun terdapat bandara yang terdekat yakni Bandar Udara Internasional Adisutjipto. Jadi ketika pesan tiket pesawat Online ataupun Offline, pastikan tujuan penerbangannya bandara tersebut. Untuk menuju Klaten, dari bandara dilanjutkan menggunakan transportasi umum.

Candi ini memang belum serius ditangani oleh pihak pemerintah. Bahkan banyak bagian di dalam candi ini yang hilang. Sehingga membuat banyak wisatawan enggan untuk mendatanginya. Apalagi minimnya informasi di sekitaran tempat tersebut juga menjadi salah satu penyebab banyaknya masyarakat yang kurang mengetahui. Ditambah lagi dengan kondisi candi yang lebih parah dibandingkan dengan candi-candi lainnya yang ada dalam kompleks tersebut, membuat daya tariknya menjadi menurun.
Namun bagi anda yang sedang berkunjung ke wisata Prambanan, tak ada salahnya jika anda mengunjungi Candi Bubrah sembari melihat jejak bekas sejarah dari masa Mataram Kuno. Barangkali anda bisa menemukan sesuatu hal yang menarik dari tempat tersebut. Nah itu tadi informasi terkait dengan wisata Candi Bubrah. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda. 

Dapatkan voucher atau Bitcoin gratis dengan mendaftarkan diri Anda di ►►►Sini


=====================================================================

Ternyata ada ►►► Alternatif Adsense Yang Bisa Dipasang Berbarengan Dengan Adsense Di Blog Indo

Lagi cari template blogger yang keren dan responsive? Yuk, lihat 70+ koleksi pilihan ane . . . ►►► Download template blogger gratis



=====================================================================

Mengunjungi Candi Bubrah, Candi Kecil Di Kawasan Prambanan | Sealkazz MiZzu | 5
loading...

loading...

Terima kasih telah berkunjung di Mengunjungi Candi Bubrah, Candi Kecil Di Kawasan Prambanan

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan

Sealkazz MiZzu

0 komentar :