Review Niagahoster, Worthed atau Tidak?




Jika kamu merupakan seorang blogger maupun seorang pebisnis yang menggunakan internet marketing sebagai sarana pemasarannya pastilah kamu membutuhkan sebuah website dengan load speed yang cepat dan selalu uptime agar pengunjung yang datang ke website kamu tidak menunggu lama agar websitenya load secara sempurna atau istilahnya wuuzz wuuzz.

Untuk mendapatkan website dengan performa yang baik seperti itu dibutuhkan hosting yang mumpuni sesuai dengan kebutuhan website tersebut. Di Indonesia sudah banyak sekali penyedia hosting mulai dari yang murah sampai dengan yang super mahal.

Meskipun begitu, berdasarkan pengalaman saya. untuk mendapatkan hosting yang tidak menguras kantong dengan performa yang baik, merupakan hal yang susah susah gampang. Saya tidak bilang gampang gampang susah tetapi susah susah gampang karena memang cenderung sulit dalam mencari yang sesuai.

Banyak sekali faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam memilih hosting yang berkualitas seperti fasilitas, teknologi, performa, harga paket yang ditawarkan, dan yang terpenting adalah pelayanannya.

Di artikel kali ini saya akan membahas hosting dari salah satu pemain hosting besar di Indonesia yaitu Niagahoster.

Harga Paket di NiagaHoster


Niagahoster bisa dibilang adalah pemain baru didunia hosting tanah air karena baru mulai beroperasi di tahun 2013. Walaupun banyak klaim disana-sini sebaiknya kamu tidak menelannya bulat-bulat. Jadi kali ini akan saya review secara manual.

Harga paket yang ditawarkan oleh niagahoster terbagi menjadi 4 paket yaitu :

- Paket Bayi
merupakan paket hosting yang cocok untuk website maupun blog baru yang tidak memiliki banyak pengunjung atau yang membutuhkan sumber daya besar seperti blog pribadi atau hobi, website untuk percobaan

- Paket Pelajar
merupakan paket hosting yang cocok untuk blog maupun website toko online kecil yang mulai mendapatkan pengunjung

- Paket Personal
merupakan paket hosting untuk blog maupun toko online yang serius dalam menjalankannya dikarenakan banyaknya pengunjung dan penggunaan sumber daya.

- Paket Bisnis
paket ini untuk skala yang lebih besar dan membutuhkan banyak fitur-fitur tambahan.

Berikut ini adalah screenshoot dari harga yang ditawarkan oleh niagahoster:



Seperti yang kamu lihat pada paket bayi yang paling murah yaitu di harga Rp. 19.800/bulan, kamu mendapatkan unlimited SSL gratis selamanya. Ini merupakan poin plus-plus menurut saya karena sangat jarang sekali hosting yang memberikan fasilitas ini di harga paket yang paling murah. Biasanya fasilitas ini diberikan di harga paket hosting personal.

Selain itu ada proteksi keamanan dan DDos, serta softalicous sehingga kamu akan mudah dalam menginstall CMS populer seperti WordPress, Joomla, dan lain-lain.

Kalau kamu membeli paket pelajar minimal 1 tahun, kamu mendapatkan domain gratis. ini cocok sekali untuk kamu yang sering lupa memperpanjang domain.

Kualitas dan Performa Niagahoster


Pada websitenya, niagahoster mengkalim memiliki performa uptime hingga 99.999% karena menggunakan teknologi Green Data Center tier 4 berstandard internasional.

Namun, hampir semua penyedia hosting mengklaim uptime 99.999%. Dulu saya pernah beli hosting di tempat lain dan mengklaim hal yang sama namun setelah saya beli website saya down berkali-kali. Sangat menyebalkan! Yang harus kamu perhatikan adalah apabila website kamu sering down maka akan berpengaruh langsung pada performa SEO kamu! keyword kamu akan melorot bahkan rontok satu per satu.

Untuk menghindari hal yang sama, saya mencoba melakukan pengecekan dengan menggunakan website webhostingstuff.com mendapatkan skor sebesar 99.99%



Sedangkan yang kedua menggunakan myhostinguptime.com menghasilkan skor 100%

Setelah 2 pengecekan tersebut maka bisa ditarik kesimpulan bahwa klaim dari niagahoster mengenai uptime server adalah benar adanya tidak dibuat-buat.

Click Script


Ini penting sekali. Karena dengan begitu kamu bisa installasi seperti wordpress, joomla, prestashop, dan sebagainya dengan mudah.

Niagahoster dilengkapi dengan softaculous Apps Installer dengan berbagai CMS lebih dari 280 script! Itu artunya hampir semua jenis website dapat kamu bangun hanyak dengan 1 klik. Entah kamu membuat blog, toko online, atau yang lainnya.

Dulu saya pernah menginstallasi wordpress didalam hosting kosong, tidak sulit sich hanya ribet! Untuk orang awam pasti pusing.

Lagipula kalau ada softaculous di niagahoster lebih baik saya pakai itu gak sampai 5 menit selesai daripada saya harus otak-atik manual. Ribet dan lama, hasilnya sama.

Live Support Chat 24 Jam


Saya pribadi lebih memilih support via chat ketimbang membuat tiket, email, maupun via telp. Hal ini dikarenakan chat cenderung lebih simple dan lebih responsif. Sehingga komunikasi 2 arah terjalin dengan sangat baik.

Niagahoster menyediakan live support via chat selama 24 jam. Hal ini sangat bagus, karena sebagai webmaster bisa saja kamu sedang merombak di malam hari saat pengunjung sedang sedikit kemudian malah terjadi masalah di website kamu. Entah itu error, tidak bisa upload, database connection, dan lain-lain. Segala hal yang berhubungan dengan hosting bisa kamu tanyakan via live support chat ini kok.

Dokumentasi Yang Lengkap


Selain live support chat 24 jam, kamu juga mendapatkan dokumentasi yang lengkap mengenai tata cara penggunaan hosting di niagahoster. Dokumentasi ini berisi kendala-kendala yang sering ditemukan dalam penggunaan hosting jadi kamu dapat menyelesaikan masalah kamu sendiri tanpa harus menghubungi customer service.

Garansi Uang Kembali Selama 30 Hari


Ini adalah salah satu kelebihan yang saya senang sekali mengingat saya pernah kecewa dengan hosting-hosting lain diluar sana.

Niagahoster akan memberikan garansi uang kembali dalam jangka waktu 30 hari pertama setelah layanan diaktifkan.

Akan tetapi perlu diingat bahwa garansi ini hanya berlaku untuk pembelian hosting pertama. Hosting kedua dan ketiga tidak dihitung.

Kemudian biaya pendaftaran / transfer domain tidak dapat dikembalikan, jadi yang refund hanya biaya hostingnya saja.

Dan yang terakhir, garansi tidak berlaku bagi website yang disalahgunakan seperti penipuan, phising, rapudlech, dan hacking.


Kesimpulan


Uptime server yang oke, fitur yang lengkap, live support 24 jam, gratis domain, unlimited SSL, plus plus garansi 30 hari uang kembali semua itu menurut saya sudah worthed banget laah.

Dari sisi biaya juga standard, kalau tiba-tiba merasa tidak cocok pun ada refund. Nothing to lose.

==============================================



==============================================

loading...
loading...