Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mengurus Lansia



Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mengurus Lansia - Mengurus lansia merupakan sebuah hal yang mulia untuk dilakukan. Dengan mengurus lansia kita semua sedang menebar kebaikan dengan sesama. Bayangin anda semua merelakan diri untuk mengurus yang bukan bagian dari diri kita sendiri, tentu akan banyak pertimbangan-pertimbangan yang didapatkan. Dengan adanya hal tersebut sebelum memutuskan untuk merawat lansia sebaiknya memperhatikan terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan mengurus lansia.

Dengan kita memperhatikan apa saja kelebihan dan kekurangan mengurus lansia maka kita akan bisa menentukan langkah tepat apakah kita akan tetap merawat lansia atau tidak. Semua hal ada kelebihan serta kekurangannya, begitupula dengan merawat lansia. Akan ada kelebihan dan kekurangannya. Mengetahui kelebihan serta kekurangan merawat lansia bisa anda gunakan sebagai referensi ketika anda hendak memutuskan untuk melakukan pekerjaan ini.

Pekerjaan merawat lansia memang sebuah pekerjaan yang mulia seperti yang sudah saya sampaikan di awal pembahasan tadi. Terkait dengan apa saja kelebihan dan kekurangan merawat lansia bisa anda lihat dalam uraian berikut ini.


Kelebihan Mengurus Lansia

1. Meningkatkan rasa kepedulian

Kelebihan pertama yang anda dapatkan dari mengurus seorang lansia yaitu rasa kepedulian anda akan meningkat. Dengan merawat lansia anda akan diajarkan banyak hal terkait dengan melakukan pekerjaan menggunakan hati nurani. Dengan demikian ketika anda memilih untuk mengurus lansia maka secara tidak langsung rasa kepedulian anda terhadap sesama akan meningkat.

2. Meningkatkan rasa kesabaran

Kelebihan kedua dari anda mengurus lansia yaitu rasa kesabaran anda juga akan meningkat. Mengurus lansia membutuhkan kesabaran yang tinggi karena anda akan dihadapkan pada orang tua yang kadang memiliki keinginan beraneka macam. Dengan adanya hal tersebut maka secara tidak langsung tingkat kesabaran anda juga akan meningkat.

3. Menjadikan hidup lebih bermanfaat

Dengan anda mengurus lansia maka anda sudah melakukan sesuatu untuk sesama. Dengan demikian hidup anda secara langsung akan lebih bermanfaat terhadap sesama.

Kekurangan mengurus lansia

1. Harus siap dengan tuntutan

Mengurus lansia pasti akan dihadapkan pada beberapa tuntutan, terutama dari lansia itu sendiri. tuntutan-tuntutan tersebut diantaranya anda harus bisa memberikan motivasi dan membuat lansia selalu senang dalam menjalani masa tuanya.

2. Membutuhkan waktu yang banyak

Bekerja mengurus lansia tentu membutuhkan banyak tuntutan. Hal ini dikarenakan anda tidak cukup bekerja dalam waktu satu atau dua jam saja melainkan membutuhkan hampir seharian penuh. Anda harus siap jika sebagian besar waktu anda terkuras untuk mengurus lansia.

3. Harus rela berbagi perhatian

Ketika memutuskan untuk merawat lansia anda harus siap untuk membagikan perhatian anda. Anda harus membagi waktu yang anda miliki dengan untuk mengurus lansia. Dengan demikian tentu anda akan berbagi perhatian antara diri anda, keluarga serta mengurus lansia.

4. Harus memiliki kesabaran tingkat tinggi

Dalam mengurus lansia anda harus memiliki kesabaran yang tinggi, hal ini dikarenakan anda akan dihadapkan pada orang yang sudah berusia lanjut dimana secara fisik dan pemikiran juga sudah berubah. Maka dari itu dalam mengurus lansia anda harus memiliki kesabaran yang tinggi dan siap ketika diminta untuk melakukan banyak hal dalam menuruti keinginan lansia.

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan mengurus lansia, ketika anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangannya maka silahkan anda pilih akan memilih untuk menjadi pengurus lansia atau tidak. Semua keputusan secara mutlak ada di diri anda.

sumber: Yayasan Perawat Lansia Terpercaya

Deskripsi: Dengan kita memperhatikan apa saja kelebihan dan kekurangan mengurus lansia maka kita akan bisa menentukan langkah tepat apakah kita akan tetap merawat lansia atau tidak.

==============================================



==============================================

loading...
loading...